Mau Tahu Nominal Gaji Buzzer Indonesia? Ini Nominalnya!

Berbagai isu dan hal viral yang ada di media sosial tak lepas dari jasa seorang buzzer. Seperti diketahui buzzer adalah sebutan untuk seseorang yang bertugas untuk mengkampanyekan atau mempromosikan sesuatu di media sosial hingga berkembang menjadi hal yang viral. Berapa gaji yang didapatkan oleh seorang buzzer? Berikut nominal gaji buzzer Indonesia.

Sistem Kerja Buzzer di Indonesia

Buzzer memiliki tugas utama untuk menyuarakan suatu isu atau mempromosikan produk di media sosial. Penggunaan media sosial dipilih karena mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan berbagai platform media sosial, seperti facebook, twitter, Instagram sebagai sarana berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari dunia luar.

Penggunaan sarana berkomunikasi dengan sistem digital kini lebih menjadi pilihan karena praktis, mudah digunakan dan memiliki fleksibilitas tinggi. Tidak heran jika area kerja seorang buzzer terpusat pada penggunaan media sosial di berbagai platform.

Untuk beberapa tujuan brand, produk ataupun personal ada yang menggunakan jasa buzzer untuk meningkatkan keterlihatan sebuah produk ataupun membangun reputasi.

Sistem kerja seorang buzzer tentu saja akan berkutat dengan segala sesuatu hal yang mengharuskan mereka untuk mengunggah suatu postingan, memberikan komentar, membagikan suatu postingan atau bahkan memberikan tombol like terhadap suatu hal di media sosial.

Seorang buzzer harus memiliki akun pribadi dan beberapa fake account (akun palsu) yang digunakan untuk mendukung sistem kerja mereka nantinya. Area kerja seorang buzzer pun dapat dikategorikan menjadi dua hal yaitu mempromosikan suatu produk atau event dan mengkampanyekan suatu hal sesuai permintaan dari klien.

Tentunya nominal penghasilan yang akan diterima oleh seorang buzzer pun berbeda-beda, tergantung dari area kerja yang sedang ditanganinya, apakah mempromosikan produk atau mengkampanyekan isu politik yang sedang hangat berkembang di tengah masyarakat luas. Berikut kisaran gaji buzzer di Indonesia sesuai dengan ranah kerja yang ditangani!

Kisaran Gaji Buzzer Indonesia Di Ranah Politik

Istilah buzzer mulai populer di Indonesia pada tahun 2019 ketika terjadi peristiwa pemilihan umum. Banyaknya kepentingan politik dari pihak tertentu membuat profesi buzzer banyak digunakan di Indonesia. Sesuai dengan hasil riset The Global Disinformation Order 2019 Global Inventory of Organized Social Media Manipulation yang dilakukan oleh University of Oxford di tahun 2019 mencatat bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan jasa buzzer untuk menaikkan suatu isu untuk kepentingan tertentu.

Sesuai dengan peristiwa yang terjadi di tahun 2019, yaitu adanya pemilihan umum di Indonesia, dimana banyak pihak merasa perlu untuk menaikkan isu politik guna mempertahankan kekuasan atau membangun kekuasaan mereka pada saat itu.

Untuk buzzer pemula, butuh banyak mengetahui tentang tips menjadi buzzer yang sukses 

Nominal gaji yang diterima oleh buzzer yang bekerja di ranah politik diperkirakan bernilai puluhan hingga ratusan juta untuk satu proyek saja.

Sehingga tidak menutup kemungkinan jika seorang buzzer yang bekerja dalam ranah politik, baik dalam hal mengkampanyekan sesuatu atau menyuarakan suatu kebijakan politik oleh pihak tertentu dapat menerima pembayaran senilai 50 -100 juta untuk setiap proyek yang diterima.

Kisaran Gaji Buzzer Indonesia di Media Sosial

Berbeda dengan ranah kerja seorang buzzer di dunia politik yang penuh dengan pro kontra dan juga resiko tinggi, maka nominal gaji yang diterima buzzer untuk proyek promosi produk di media sosial diperkirakan bernilai puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu kali proyek yang mereka terima.

Adanya perbedaan nilai dari gaji yang diterima oleh buzzer yang bekerja di ranah politik dengan buzzer yang bekerja untuk mempromosikan sesuatu di media sosial disebabkan karena tekanan dan tingkat kesulitan yang harus mereka hadapi nantinya.

Jasa buzzer untuk memposting suatu produk dan mengangkat kepopuleran produk tersebut pada berbagai media sosial, semisal facebook, Instagram ataupun tiktok dapat dikatakan cukup mudah. Hal ini juga dinilai cukup efektif dalam mendongkrak kepopuleran suatu produk sehingga laris manis di pasaran.

Buzzer menjadi suatu profesi yang cukup menjanjikan saat ini. Seorang buzzer juga dapat bekerja di berbagai area pekerjaan, seperti mengkampanyekan isu politik atau mempromosikan produk di media sosial. Nilai gaji buzzer Indonesia terbilang cukup tinggi, berkisar dari angka puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah sesuai dengan jenis proyek yang mereka tangani.

 

Leave a Comment