Memaksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju Melalui Gerakan Ayo Tunjuk Tangan 

Gerakan Ayo Tunjuk Tangan telah sukses memberikan dukungan atas akses edukasi dan nutrisi kepada anak Indonesia. SGM Eksplor menginisiasi gerakan sosial #AyoTunjukTangan berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek serta para pelaku industri seperti Telkomsel dan CAKAP. Sebagai bentuk dan upaya yang luar biasa dalam mendukung tumbuh kembang anak Indonesia sebagai generasi maju. 

Hingga awal Desember 2021, sudah menyalurkan dukungan berupa 75.000 produk susu pertumbuhan bagi anak diatas usia 1 tahun, pemberian gawai dan beasiswa online bagi 1.500 siswa sekolah dasar serta rehabilitasi 10 Sekolah. Kegiatan tersebut sudah tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia. 

Hal itu sejalan dengan apa yang diusung oleh Kemendikbudristek melalui gerakan merdeka belajar untuk menghadirkan pendidikan yang bermutu tinggi. “Sehingga diharapkan akan melahirkan pelajar pancasila, dengan karakter beriman, bertakwa, kreatif, mandiri, berpikir kritis, gotong royong, dan bhineka tunggal ika.” jelas Jumeri, S.TP, M.Si selaku Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek

Konferensi Press Ayo Tunjuk Tangan SGM Eksplor
Konferensi Press Ayo Tunjuk Tangan SGM Eksplor

Kesulitan Anak Indonesia Mendapatkan Akses Edukasi dan Nutrisi 

Namun menurut laporan UNICEF 2020, ada 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam hal pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Keadaan makin sulit karena keterbatasan akses edukasi dan nutrisi di masa pandemi seperti ini serta minimnya akses internet di beberapa daerah hingga pelosok Indonesia. 

Masyarakat tidak memikirkan bagaimana mereka akan melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Karena perangkat komputer hanya dimiliki oleh kurang dari 15% siswa di pedesaan dan 25% pelajar yang tinggal di perkotaan. Tak jarang mereka harus berbagi gawai untuk belajar bersama.

Tumbuh kembang anak juga ditentukan oleh nutrisi yang diperoleh anak setiap harinya. Jika hal itu tidak terpenuhi maka anak Indonesia akan mengalami kekurangan gizi dan muncul rasa tidak percaya diri sehingga akan menghambat tumbuh kembang yang optimal. 

generasi maju sgm eksplor
Pict by Generasi Maju

Ada beberapa nutrisi anak yang tidak boleh terlewatkan dalam setiap menu harian si kecil. Apa saja? 

Nutrisi untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Untuk mendukung pertumbuhan si kecil, Bunda harus memastikan bahwa setiap kebutuhan nutrisi anak bisa tercukupi dalam setiap harinya. Beberapa nutrisi tersebut meliputi:

  • Vitamin

Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Terutama nutrisi yang berasal dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan juga Vitamin E. 

  • Zat Besi

Seperti diketahui, zat besi berguna untuk membantu proses produksi hemoglobin dan juga mioglobin. Bunda bisa memberikan makanan berupa daging-dagingan, kuning telur serta segala jenis ikan, untuk memenuhi zat besi anak Bunda.

  • Magnesium

Magnesium berguna untuk kekebalan tubuh si kecil, menstabilkan irama jantung, serta mengontrol keseimbangan tubuh. Magnesium dihasilkan dari sumber makanan seperti ikan, sayuran, tahu, alpukat dan pisang.

  • Kalsium

Sama halnya dengan vitamin D, kalsium juga yang bermanfaat bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Bukan hanya itu saja, kalsium juga berperan penting dalam membantu proses pembekuan darah, serta membantu otot dan saraf agar tetap sehat. Kalsium bisa diperoleh dari susu, keju serta ikan.

  • Nutrisi lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa nutrisi lainnya yang perlu Bunda berikan pada anak. Diantaranya asam lemak esensial, zinc dan juga kalium. 

Pemenuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak yang dilakukan oleh SGM Eksplor melalui gerakan Ayo Tunjuk Tangan mampu membawa dampak positif bagi lingkungan. 

“Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju, sehingga seharusnya tidak boleh ada anak yang tertinggal, termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan.” ujar Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo. 

Indonesia Maju
Untuk Indonesia Maju

Karena untuk menciptakan generasi maju harus dimulai melalui pengembangan kualitas kehidupan anak sejak usia dini yang didukung oleh lingkungan sosialnya. 

Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. mengatakan, “Kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta akan membentuk support system yang positif.” 

Tantangan Membangun Generasi Penerus Bangsa

Membangun para penerus bangsa yang sehat dan produktif menjadi tantangan tersendiri. Anak adalah Generasi Penerus Bangsa, maka diperlukan SDM yang sehat dan produktif. Karena kesehatan anak adalah komponen penting dalam pembangunan berkelanjutan. 

Apa saja tantangan yang dihadapi? 

  • Ketidaksetaraan terhadap komponen hidup sehat
  • Kurangnya keterlibatan publik terhadap peningkatan kesehatan dan nutrisi anak

Dengan dukungan komunitas, stakeholder, pemerintah, dan juga masyarakat akan mampu mendorong perubahan. 

Mengapa kita perlu mendukung generasi maju agar anak Indonesia maju?  

  • Masyarakat adalah aktor penting dalam pembangunan
  • Bisa berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik untuk masa depan generasi penerus bangsa

    Kolaborasi SGM Eksplor
    Kolaborasi SGM Eksplor

Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan

Salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor yaitu dengan menggaungkan Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan”. Berkolaborasi dengan banyak pihak yang memiliki tujuan sama demi kemajuan anak Indonesia. 

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Andry P Santoso mengatakan, “Telkomsel berkomitmen untuk menjalankan perannya sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik.”

Sebagai platform pembelajaran online CAKAP juga sangat mendukung kolaborasi bersama SGM Eksplor. “Melalui inisiatif ini kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris secara mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya.” jelas Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri.

Anak adalah Generasi Penerus Bangsa, maka diperlukan SDM yang sehat dan produktif. Karena kesehatan anak adalah komponen penting dalam pembangunan berkelanjutan. 

SGM EKSPLOR
Ayo Tunjuk Tangan dengan SGM EKSPLOR

Keuntungan Terlibat Gerakan Ayo Tunjuk tangan

Tentu akan banyak hal positif yang kita dapatkan jika ikut terlibat dalam gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan tersebut. Diantaranya : 

  • Hidup lebih baik dengan menyuarakan kepentingan
  • Menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar
  • Meningkatkan kepedulian pada keluarga, komunitas, negara, bahkan dunia
  • Menjadi lebih bahagia dan sehat

Cara Supaya Bisa Terlibat Gerakan Sosial Ayo Tunjuk Tangan 

Bunda tak perlu khawatir dan bingung bagaimana cara untuk mendukung gerakan sosial #AyoTunjukTangan yang di inisiasi oleh #SGM Eksplor. Hal yang perlu bunda lakukan, yaitu: 

  • Ketahui isu
  • Iniaiatif dan aksi
  • Ajak dan viralkan
  • Lanjutkan

Yuk Bunda, kita dukung gerakan Ayo Tunjuk Tangan untuk mendorong terciptanya anak Indonesia maju sebagai #generasimaju, berkualitas, serta berprestasi. Demi kemajuan tanah air kita, Indonesia, dimasa depan. 

 

16 thoughts on “Memaksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju Melalui Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ”

  1. “Telkomsel berkomitmen untuk menjalankan perannya sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik.”

    Kereen ini

    Reply
  2. Senang ya ada gerakan ayo tunjuk tangan sehingga bisa membantu anak-anak yang kekurangan akses nutrisi. Saya juga sudah berpartisipasi loh ^_^

    Reply
  3. Bagus bgt ya program Ayo Tunjuk Tangan dari SGM ini. Anak2 jg dilatih utk berani dan mau mulai hal2 baik tanpa disuruh, apalagi dipaksa

    Reply
  4. Anak sekarang banyak banget ya nutrisinya. Tanda generasi muda kita kelak cerdas cerdas. Keren nih program unjuk tangan dari SGM

    Reply
  5. selalu suka deh sama program program yg dibuat sama sgm
    apalagi tunjuk tangan ini

    seneng banget bisa berbagi kebahagian ke anak anak lain yg lebih membutuhkan

    Reply

Leave a Comment