Travel Journal Trevi Pro: Handmade Journal Hibrkraft Unik Bisa Custom

Saat ada teman cerita tentang handmade journal Hibrkraft, Kak Niken jadi merenung sambil berpikir. Apa kabar catatan perjalanan Travel Journal K? Tepatnya Kak Niken sudah lupa kapan terakhir kali menulis di buku diary tentang pengalaman sehari-hari khususnya kisah perjalanan. 

Ini aja baru tahu kalau ada buku catatan unik bisa custom dari Hibrkraft Indonesia. Duh, makin penasaran deh sama Hibrkraft journal yang belakangan ini jadi bahan perbincangan karena banyak teman-teman yang akhirnya nge-bullet journal lagi untuk catatan hariannya. 

Sebenarnya apa sih manfaat dari catatan harian perjalanan? Tentu banyak sekali ya. Mulai dari kita bisa menggali kenangan hingga apa yang perlu dievaluasi pada kegiatan perjalanan tersebut. Dengan begitu, libura

Eh, jangan dipikir diary Kak Niken itu detail ya. Hehe nggak juga kok, saat itu isinya standar banget karena tujuannya menumpahkan rasa. Tsah…

Buku kulit hibrkraft
Catatan perjalanan Traveljournal.K

Kenangan Dari Masa Ke Masa

Ada masa ketika duduk di Sekolah Dasar rajin menulis buku diary dan di gembok agar teman dan orang tua tidak bisa mengintip ^.^ Isinya tentang apa? Receh banget sih, misalnya jadwal beli buku cerita petruk, jadwal buka perpustakaan di samping rumah, tentang menabung dan main dengan teman.  

Masa Sekolah Menengah Atas, disini mulai cerita kalau lagi suka sama cowok yang usianya lebih muda 6 bulan. Heu…heu. Selama 3 tahun isinya ya seputar hal ini aja. Bucin banget nggak sih ^_^

Naik ke tingkat yang lebih tinggi, masa kuliah lebih sering menulis tentang jadwal dan kegiatan perkuliahan dan tugasnya dan aktivitas di organisasi. Hmm.. saking banyaknya kegiatan keorganisasian, maka harus banget di catat. 

Sudah nggak sempat lagi tuh yang namanya cerita tentang cowok. Padahal sih Kak Niken kuliah di Fakultas Teknik. Nggak sempat euy untuk urusan percintaan. Karena sibuk dengan kegiatan bareng mahasiswa dan ikutan kegiatan keliling Indonesia bareng dosen.  

Lanjut saat kerja, sebagai seorang wartawan yang juga pernah menjadi corporate communication di perusahaan advertising, berangkat kerja setelah subuh dan pulang paling cepat setelah magrib itu biasa. Seringkali kali pulang kerumah sudah lewat tengah malam.

Disatu sisi, banyak hal menarik yang bisa dilakukan, salah satunya bisa bepergian keluar kota. Dari situlah mulai sering curhat alias menulis tentang catatan harian selama perjalanan. Mulai dari pulau Jawa, Bali, NTB hingga Sulawesi. 

Menarik? Sudah pasti. Namun, akhirnya kegiatan menulis berhenti sejak menikah.

Belajar Dari Travel Writer 

Sebenarnya kalau Kak Niken perhatikan, kebanyakan orang mengabadikan momen perjalanannya dengan memotret atau membuat vlog. Namun ada salah seorang traveller asal Spanyol, Jose naranja (Ig @jose_naranja), yang mengabadikan momen perjalanannya dengan cara menggambar dan menulis di buku diary.

Buku catatannya ini sangat menarik dan unik, menurut Kak Niken tampak berbeda dari orang kebanyakan lho. Tulisan tangannya dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang mampu membius para pembacanya “masuk ke dalam petualangannya”.

Ada juga Trinity (Ig @trinitytraveler), penulis buku The Naked Traveller dan juga seorang travel writer yang selalu mampu membuat penasaran banyak orang dengan penjelajahannya.  

Melihat kreativitas mereka, bikin Kak Niken terpacu untuk kembali menulis cerita perjalanan, lokasi wisata dan hotel ramah anak, dalam bentuk bullet journal. Kali ini cerita perjalanan bersama duoK (dua anak Kak Niken) yang belakangan diabadikan pada akun instagram @traveljournal.k. 

Ah, pas banget nih, ada salah seorang teman yang merekomendasikan salah satu penyedia buku catatan unik, handmade journal Hibrkraft. So, cerita perjalanan kami bisa dituliskan dan diilustrasikan pada buku catatan custom dari Hibrkraft. Sebenarnya apa aja sih manfaat menulis jurnal? 

Buku catatan harian Jose Naranja
Catatan harian Jose Naranja

Manfaat Menulis Jurnal Harian

Jurnal harian atau yang sekarang biasa disebut bullet journal adalah cara untuk menuliskan berbagai jenis cerita dalam buku atau kertas jurnal. Tempat untuk mencurahkan atau menceritakan bermacam kejadian. Manfaat menulis jurnal harian, yaitu:

Meningkatkan produktivitas

Sebagai perempuan, penting banget mengembangkan diri dan meningkatkan produktivitas. Bisa dicoba dengan membuat jurnal harian dengan cara menulis kegiatan harian dan yang menjadi prioritas. Agar kita bisa lebih fokus dan terarah. Jangan lupa untuk membaca kembali buku catatan unik yang sudah kita tulis. Agar bisa mengetahui sejauh mana manajemen diri kita. 

Terapi Diri

Healing terapi salah satunya dengan menulis apa yang dirasakan untuk mengurangi kadar stress dalam diri kita. Tuliskan apa yang menjadi penyebab dan mencari tahu bagaimana solusinya. Sehingga kita mampu mengontrol diri melalui emosi dalam bentuk tulisan. 

Mengulas kembali pencapaian hidup

Pernah merasa jenuh? Tentu butuh dukungan dan motivasi. Dengan menulis di jurnal bisa jadi solusi untuk memotivasi diri. Menulis apa yang sudah dicapai dan bagaimana meraihnya. Kita bisa menulis tentang kelebihan, kekurangan, perasaan, persepsi, bahkan motivasi untuk mencapai goal kita.

Evaluasi diri  

Refleksi diri dengan cara menuliskannya di buku diary misalnya prestasi yang dicapai, dedikasi waktu bekerja, target pencapaian, kesalahan yang dilakukan dan lainnya. Semakin sering menuliskan hal tersebut maka akan semakin paham dengan diri sendiri. 

Dengan berbagai manfaat tersebut, Kak Niken baru mulai menyadari, ternyata sudah lebih dari 10 tahun tidak menulis jurnal. Hmm… pantas saja ada yang kurang dalam kehidupan ini. Tsah….

Maka, Kak Niken memutuskan untuk membeli handmade journal Hibrkraft unik yang bisa custom. Pilihan jatuh pada Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft. 

Handmade Journal Hibrkraft
Catatan Perjalanan TravelJournal.K

Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft

Buku kulit Hibrkraft? Pertama kali pegang Travel Journal Trevi Pro ini rasanya amazing. Salah satu alasannya karena namanya mirip dengan IG traveling kami @traveljournal.k hehe. Sejak menikah dan punya anak, aktivitas Kak Niken kini tak jauh dari bersama anak. Maka, kegiatan traveling yang bisa dilakukan harus dengan well prepare.  

Pencatatan tentang perjalanan dan to do list harus dilakukan agar mengurangi miss saat perjalanan bersama keluarga. Maka piliah tepat untuk punya Trevi ini. Ternyata Trevi Pro merupakan seri dari travel journal Hibrkraft yang cover-nya terbuat dari kulit asli. Desain yang ditonjolkan oleh Trevi ini memiliki fitur refillable dan customizable

Awalnya, Hibrkraft membuat dalam 3 ukuran yaitu small (15 cm x 12 cm), medium (18 cm x 13 cm), dan large (25 cm x 18 cm). Namun seiring permintaan konsumen, ada penambahan ukuran. Seperti; pocket, A6, Medium, A5, Large, dan A4. 

Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft punya Kak Niken, ini awalnya ukuran A6, tapi minta upsize menjadi ukuran A5 (21 cm x 15 cm). Agar terasa lebih pas untuk catatan perjalanan Traveljournal.k ^.^ Apalagi bisa diisi ulang dengan cara yang sangat mudah. Eh dapat bonus kertas refill dan Hibrkraft’s plain journal. Aih… kak Niken so happy

Bagian menarik menurut kak Niken yaitu teknik closure dari Trevi Pro by Hibrkraft ini menggunakan horizontal rubber cord closure dan bagian binding-nya dengan midori style refillable binding. Cover kulitnya memang sangat sederhana, polos dan ada tali elastis atau karet sebagai pengunci buku catatan unik tersebut. 

Jenis kertas yang digunakan yaitu bookpaper atau brown paper dengan tekstur agak kasar, berwarna krem dan tidak mudah sobek sehingga aman jika dibawa traveling.  

Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft
Travel Journal Trevi Pro

Kategori Produk Buku Catatan Unik Hibrkraft

Cek aja di websitenya Hibrkraft, kalian akan menemukan berbagai macam kategori produk mulai dari model, ukuran hingga jenis yang memanjakan mata. 

For Personal. Diperuntukan bagi pengguna pribadi. Bisa diisi curhatan atau dibawa berpetualang sesuka hati. 

For Business. Butuh branding perusahaan? Seri for business ini bisa jadi solusi untuk merchandising dan branding bagi bisnis Anda. 

For Collectors. Sebagai buku catatan custom, ini akan terasa sangat spesial bagi kita karena hanya satu-satunya dan unik.Tidak akan ada dipasar bebas. 

Keunggulan Handmade Journal Hibrkraft

Kenapa sih kita perlu memiliki buku catatan unik dan custom dari Hibrkraft? ternyata begini lho penjelasannya. 

We took our time

Setiap buku catatan Hibrkraft memang dibuat unik dan dirilis setelah mengalami berbagai proses kurasi dan quality check yang panjang. So, nggak asal dibuat kemudian dipasarkan begitu saja. 

Constant Improvement

Kualitas produk selalu jadi prioritas utama. Sangat diperhatikan apakah produk yang diproduksi sudah pas secara penampakan dan nyaman digunakan.  

Handmade

Hampir sebagian besar proses pembuatan dilakukan dengan manual alias menggunakan keterampilan tangan lho. Wuihh kreatif sekali. 

Community Development

Paling menarik dari Hibrkraft yaitu mampu memberdayakan masyarakat sekitar untuk proses produksinya. Tentu ini sangat menguntungkan bagi lingkungan dan menambah penghasilan bagi masyarakat sekitar. 

 

Buku catatan unik Hibrkraft
Buku catatan unik Hibrkraft

Tentang Hibrkraft

“Hibrkraft didirikan karena saya ingin mengembalikan kecintaan kepada dunia tulis-menulis” – Ibrahim Anwar 

Jleb banget sih kalau baca statement kak Ibrahim diatas. Apalagi Hibrkraft itu punya visi “Mengembalikan kecintaan masyarakat Indonesia pada dunia tulis menulis” ini pas banget dengan kondisi masyarakat Indonesia dimana perlu ditingkatkan kembali literasi digitalnya. 

Hibrkraft mulai didirikan sejak 2011 yang awalnya menggunakan bahan-bahan repurpose seperti flyer dan kalender bekas serta bahan sejenis lainnya. Kak Niken juga baru tahu nih tentang nama Hibrkraft yang cukup unik. 

hibr itu akronim dari nama haji Ibrahim, ini ternyata cita-cita kak ibrahim Anwar untuk bisa pergi ke tanah suci lho (eh.. kalau sekarang sudah terlaksana atau belum ya ke tanah sucinya? hehe). Sedangkan kraft memiliki makna seni kerajinan tangan. 

Maka Hibrkraft menghadirkan buku catatan unik dan custom melalui tangan-tangan kreatif. Kantor Hibrkraft terletak di Bogor dan ternyata sudah melayani pembeli baik personal maupun perusahaan dari sabang sampai merauke bahkan keluar negeri. Seperti: Kanada, Uni Emirat Arab, Belanda, Australia dan Jerman. 

Hibrkraft Indonesia
Produk di Hibrkraft Indonesia

Harga dan Bisa Dibeli Di mana?

Penasaran dengan harga handmade journal Hibrkraft? Dengan berbagai ukuran dan model yang disediakan, harganya mulai dari 20 ribuan hingga 185 ribuan. Tentunya akan ada biaya tambahan jika ingin upsize atau custom nama. Cek aja di instagram @hibrkraft atau website resminya di hibrkraft.com. 

Nah, walau saat ini sedang masa krisis kesehatan dan tidak bisa bepergian saat pandemi  tapi menulis jurnal untuk catatan perjalanan yang direncanakan boleh dong ya. Kak Niken rencananya mau bikin itinerary untuk eksplore Malang, Yogyakarta, Jakarta, dan Bali. Juga mendata hotel yang ramah anak untuk tempat kami menginap nanti. 

Selamat berpetualang dan menulis dengan bahagia di Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft Indonesia!

 

12 thoughts on “Travel Journal Trevi Pro: Handmade Journal Hibrkraft Unik Bisa Custom”

  1. Menarik banget nih apalagi buat yang hobi nulis bisa tersalurkan di mana pun dengan cara yang unik, designnya juga gemes banget.

    Reply
  2. Temenku ada yang rajin banget bikin travel journal gini.. Kalau aku, travel journalnya online aja dulu deh :))0

    Reply
  3. Keren banget trevel journal Hibrkraft ini. Tampilannya unik. Bikin semangat ngisinya. Buat aku, catatan perjalanan itu penting banget. Pasti lupa kalau gak dicatat. Apa lagi buat nulis di blog. Jadi pengen punya travel journalnya.

    Reply
  4. Nulis jurnal ini emang bisa jadi healing terapi banget sih. Awal2 aku suka nulis jurnal. Tp belakangan ini lagi jarang. Tp jurnal biasa ya. Bukan travel jurnal. Belom pernah traveling lg soalnya

    Reply
  5. Designnya bagusss.. Dulu aku tipikal yg sk apapun nulis di diary. Tp semakin kesini tulisanku semakin jelek n gak bisa dibaca bahkan oleh diri sendiri. Haha. Mungkin kudu beli gini jg spy semangat nulis kek dulu lg

    Reply
  6. Menarik banget mengenai journalling ini karena meningkatkan produktivitas dan juga bisa sebagai sarana mengisi waktu luang, terimakasih sharingnya kak

    Reply

Leave a Comment