Ide dan Tips Partisi Kantor yang Sesuai dengan Kebutuhan

Anda tentu pernah mengunjungi kantor dan melihat partisi di ruangan tersebut. Ya, sebagian besar ruangan kantor memang terdiri dari beberapa sekat bahkan ruangan khusus untuk karyawan. Atau yang biasa disebut dengan partisi kantor.

Kak Niken jadi ingat masa-masa pernah kerja kantoran. Paling asyik itu kalau kerja dengan kondisi ruangan yang nyaman karena area meja kerja kita diberi penyekat. Tentunya mampu memberikan semangat tersendiri karena tersedianya ruangan yang cukup.

Seperti yang kita tahu bahwa perusahaan berusaha untuk mengoptimalkan partisi kantor sehingga membuat pekerjaan dan alokasi tempat lebih efisien. Untuk itu, ada beberapa ide partisi yang bisa diaplikasikan di sebuah ruangan kantor.

Partisi kerja gaya modern
Partisi kantor minimalis (pict by. Edi Gateway)

Daftar Ide untuk Partisi Kantor

1. Partisi individu

Partisi berbentuk cubicle termasuk yang paling sering dipakai. Satu ruangan kecil dengan sekat membentuk persegi panjang dan tertutup di tiga sisi. Desain ini khusus untuk satu orang dan tinggi partisi sekitar dada orang dewasa. Anda masih bisa melihat teman dan kolega yang berada di samping kiri, kanan, dan depan. Sisi belakang untuk akses keluar masuk.

Pembagian sekat ini memiliki beberapa keunggulan yaitu karyawan seolah memiliki ruangan sendiri meskipun kecil. Selain itu, privasi juga terjaga dan gangguan sedikit. Sistem ini cocok untuk divisi yang membutuhkan fokus individu.

2. Partisi ruangan

Sebuah ruangan besar bisa dibuat menjadi beberapa ruangan kecil dengan partisi kantor. Ide ini mirip kamar kos yang berjajar satu sama lain. Tentu saja, penerapannya di kantor sehingga terkesan lebih elegan dan sesuai. Sistem partisi ini bertujuan agar setiap ruangan memiliki sekat tertutup tetapi masih bisa berkunjung ke partisi lain dengan mudah.

Ide ini cocok untuk perusahaan yang ingin menyatukan layanan dan divisi sejenis di sebuah lantai yang sama. Misalnya, ada lantai untuk keuangan dan isinya adalah partisi ruangan terkait divisi di bawahnya. Setiap ruangan berisi layanan dan sistem kerja tertentu. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi berkunjung ke lantai berbeda dan ada ruangan besar untuk meeting.

Partisi kantor minimalis series 30 Slim
Partisi kantor series 30 Slim

3. Partisi kelompok

Partisi kantor untuk individu bisa dikembangkan menjadi kelompok. Sebuah cubicle mendapatkan perluasan sehingga bisa untuk dua hingga empat orang. Di satu area tersebut, ada beberapa meja serta sekat yang sama hanya lebih besar. Cara ini berguna untuk menghemat alokasi ruangan dan biaya sekat.

Tentu saja, perusahaan harus menempatkan karyawan di jenjang dan tugas yang sama. Mereka yang ada di cubicle tersebut dapat saling bekerjasama dan berkolaborasi sehingga pekerjaan selesai lebih cepat. Sistem ini sangat sesuai untuk tim kecil yang fleksibel.

Baca juga: Cara mengatur keuangan di masa sulit

4. Partisi ruangan untuk satu orang

Ada satu ide yang mirip dengan partisi ruangan tetapi berbentuk cubicle dengan sekat tinggi. Ide ini biasanya untuk layanan langsung ke customer. Satu ruangan mempunyai kapasitas dua orang yaitu karyawan dan klien. Karena sekat sangat tinggi bahkan seolah membuat ruangan tersendiri, Anda akan terjaga privasi. Jika Anda membutuhkan ide dan bahan untuk partisi tersebut, kunjungi arkadifurniture.co.id.

5. Partisi terbuka

Konsep kantor yang terbuka pernah menjadi tren tetapi mulai menurun karena tidak efektif. Dari segi biaya, kantor bisa menghemat dana yang lumayan. Akan tetapi, karyawan justru tidak berkonsentrasi sehingga pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Sebagai solusi, mereka membuat semacam desain partisi kantor terbuka artinya ada ruangan tersendiri untuk beberapa orang.

Sistemnya mirip dengan partisi kelompok tetapi sedikit lebih besar. Anda menurunkan partisi ruangan dan berganti dengan sekat rendah. Satu area untuk satu divisi kerja atau proyek. Sehingga hasil pekerjaan akan lebih maksimal.

Contoh meja kerja
Partisi kantor Arkadia series 50

Baca juga: Kesehatan mental, investasi terbaik

Ide apapun yang diterapkan untuk partisi kantor harus mampu meningkatkan produktivitas. Perusahaan berhak menentukan penerapan yang terbaik sehingga bisa menyeimbangkan antara biaya membuat partisi dan timbal balik dari penggunaanya. Tentu saja, mereka juga butuh jasa dari provider dan vendor yang siap memberikan suplai bahan dan desain yang sesuai.

So, ide partisi kantor nomer berapa yang cocok dengan anda?

Leave a Comment