5 Ide Permainan bagi Anak Laki-Laki beserta Manfaatnya

Seiring bertambahnya usia, anak-anak akan terus mencari hal-hal atau kegiatan-kegiatan yang menarik bagi mereka. Sebagai orang tua, pastinya Anda akan berusaha untuk selalu memberikan apa yang buah hati Anda butuhkan. Anda dapat memikirkan ide permainan untuk anak laki-laki dan perempuan yang menyenangkan serta sesuai dengan minat anak-anak Anda.

Dengan bermain menggunakan permainan yang mereka sukai, anak-anak Anda akan makin betah di rumah. Jika Anda kebingungan mencari permainan bagi buah hati Anda, bertanyalah pada mereka mengenai mainan apa yang mereka sukai. Biasanya, selera bermain anak laki-laki dan perempuan cukup berbeda. Untuk menambah referensi Anda, berikut adalah ide permainan untuk anak laki-laki.

Rekomendasi Permainan untuk Anak Laki-Laki

Berikut adalah ide-ide permainan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk memilih mainan bagi anak laki-laki Anda.

1.    Game Gadget

Umumnya, anak laki-laki sangat senang bermain game di gadget. Berhati-hatilah dalam memilih game bagi anak, usahakan mencari game yang edukatif dan sesuai dengan usia mereka. Selain itu, batasilah waktu bermain game anak Anda agar tidak menimbulkan rasa candu yang berlebihan dalam bermain video game di gadget mereka.

Munculnya stigma bahwa game di gadget itu buruk bagi anak, merupakan pendapat yang kurang tepat karena permainan ini dapat meningkatkan berbagai kemampuan pada anak Anda, termasuk kecerdasan mereka.

2.    Bermain Alat Musik

Bermain alat musik dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda. Berikanlah alat-alat bermain berupa alat musik, khususnya jika buah hati Anda menunjukkan bahwa mereka sangat menyukai musik. Bermain musik menjadi salah satu ide permainan untuk anak laki-laki karena kegiatan ini cukup menyenangkan bagi anak Anda.

3.    Bermain Puzzle

Permainan puzzle merupakan permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. Permainan ini juga dapat meningkatkan daya koordinasi antara mata dan tangan mereka. Pilihlah gambar puzzle yang putra Anda sukai agar mereka semangat dalam menyelesaikan susunan puzzle tersebut, seperti gambar mobil, hewan, robot, dan lain-lain.

Selain dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan daya koordinasi, bermain puzzle juga dapat melatih kesabaran anak Anda, melatih kemampuan problem solving atau memecahkan masalah, serta melatih kecermatan mereka.

Baca juga : Permainan Mencari Benda Tersembunyi untuk Mengasah Otak Anak

4.    Permainan yang Menggunakan Aktivitas Fisik

Permainan olahraga seperti bola sepak, bola basket, lompat tali, atau hoola hoop dapat menjadi pilihan Anda saat hendak mengajak si kecil bermain di luar ruangan. Aktivitas-aktivitas fisik tersebut sangat baik dalam membantu perkembangan motorik kasar pada anak.

Selain permainan di atas, egrang juga dapat menjadi salah satu pilihan. Pada awalnya, permainan egrang ini mungkin cukup sukar dilakukan. Inilah yang akan membuat putra Anda untuk tidak menyerah dalam melakukan permainan ini, serta dapat melatih keseimbangan mereka.

permainan tradisional anak laki-laki
Pict by jurnal Jatim

5.    Petak Umpet

Petak umpet merupakan permainan yang sangat mudah, sederhana, dan menyenangkan untuk dilakukan bersama buah hati Anda. Permainan ini dapat dilakukan di mana saja tanpa memerlukan alat.

Permainan petak umpet dapat membantu mengasah kecerdikan serta kegesitan anak Anda. Sehingga, Anda dapat mempertimbangkan salah satu ide permainan untuk anak laki-laki ini.

Itulah beberapa permainan yang dapat Anda lakukan bersama anak laki-laki Anda. Selain permainan-permainan di atas, masih ada banyak lagi ide permainan untuk anak laki-laki serta ide permainan untuk anak perempuan yang menyenangkan dan mengedukasi anak Anda. Jangan lupa untuk memberikan pengawasan yang lebih saat anak Anda sedang bermain agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Leave a Comment