Imunomodulator Herbal Alami Indonesia untuk Jaga Kesehatan Keluarga

Imunomodulator herbal alami Indonesia untuk jaga kesehatan keluargaHindari kerumunan, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Itulah beberapa aturan yang kini berlaku di seluruh dunia. Pandemi virus Corona menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ada satu hal lain yang kini menjadi lebih penting dari sebelumnya, yaitu sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik. Membiasakan diri melakukan pola hidup yang sehat, untuk menjaga imunitas tubuh tetap dalam kondisi prima sehingga badan selalu fit dan tidak mudah terinfeksi virus Corona. 

Memang benar, mengukur imun sehat atau tidak tentu juga sulit. Namun menjaga gaya hidup sehat sangat penting dilakukan selama pandemi ini. 

5M Pencegahan Virus Corona
5M Pencegahan Virus Corona

Pentingnya Gaya Hidup Sehat 

Penerapan pola hidup sehat biasanya meliputi asupan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga. Jika imunitas lemah, potensi infeksi Covid-19 semakin besar. 

Kalau dulu lebih sering kita dengar dengan sebutan 3M, kini ada yang namanya 5M. Yaitu: 

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Menghindari kerumunan
  • Membatasi mobilitas dan interaksi

Seperti kita ketahui bahwa kekebalan tubuh setiap manusia dapat naik dan turun. Hal itu dipengaruhi oleh usia, nutrisi, vitamin, mineral, hormon, olahraga, dan juga emosi. Semakin dewasa, antibodi seseorang akan semakin kuat. Namun, juga bisa melemah seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu penambahan suplemen sebagai obat tradisional Indonesia juga diperlukan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal. Terutama jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi. 

Disitulah peran penting seorang ibu dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Terutama dalam penggunaan bahan-bahan alami. 

Jadi ingat cerita salah seorang Pakde yang beberapa bulan lalu terkena Covid-19. Setelah selesai masa perawatan di Rumah Sakit, Ia kemudian rutin mengkonsumsi daun kelor. 

Saat itu Pakde selalu bilang, “Daun kelor itu obat alami untuk virus Corona lho.” Sehingga Pakde bela-belain keliling kampung untuk mencari tanaman tersebut. Hmm… Sebenarnya saat itu Kak Niken antara percaya nggak percaya ^.^  

Ibu sigap Imugard
Ibu sigap Imugard

Apa itu Imunomodulator? 

Belakangan para ahli di Indonesia tengah mengembangkan imunomodulator herbal alami Indonesia untuk pencegahan Covid-19. Hal itu senada dengan yang dijelaskan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania. 

Bahwa imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif. Sehingga dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. 

Imunomodulator dibagi Menjadi 2, Yaitu:

  • Imunostimulan

Suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun. Biasanya jenis ini diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi. 

Contohnya seperti: Isoprinosin, ekstrak herbal (echinacea, elderberry, ginseng, ganoderma, saffron, meniran, jinten hitam, kunyit, sambiloto, bawang putih, kelor, jahe, pegagan, temulawak, dll)

  • Imunosupresif

Suatu senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah pengolahan transplantasi.

Contoh Imunomodulator Herbal Alami Indonesia

Imunomodulator terdapat di sejumlah bahan herbal. Beberapa tanaman yang mengandung imunomodulator diantaranya: 

  • Echinacea (Echinacea purpurea) 

Merupakan tanaman bunga yang tumbuh di area timur Pegunungan Rocky, Amerika Serikat. Tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai dari bagian bunga, akar, dan daun.  Bersifat imunostimulasi yakni mempercepat penyembuhan selesma dan infeksi saluran pernafasan atas. 

Imunomodulator Herbal Alami Indonesia
Imunomodulator Herbal Alami Indonesia
  • Meniran (Phyllanthus niruri

Tanpa harus mengimpor echinacea dari luar negeri, Indonesia memiliki tanaman herbal asli dengan sifat serupa, yakni meniran. Dapat mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air dan aman untuk pemakaian jangka panjang. 

  • Kunyit (Curcuma longa/Curcuma domestica)

Bumbu masak yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai rempah-rempah yang memiliki warna jingga. Memiliki banyaknya senyawa atau bahan yang dikandung, membuat kunyit kaya akan manfaat kesehatan. 

Bersifat imunostimulasi dan juga anti-radang. Imunomodulator herbal alami Indonesia yang satu ini mampu memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan. Aman untuk pemakaian jangka panjang.

  • Daun Kelor (Moringa oleifera)

Kelor atau merunggai adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Memiliki nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay di Filipina.

Jenis tanaman herbal Indonesia yang satu ini bersifat imunostimulasi dan sebagai sumber nutrisi: kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin. Dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Bisa juga diolah menjadi lalapan, sayur bening dan makanan lainnya. Aman untuk pemakaian jangka panjang.

Peran Imunomodulator Herbal Alami Indonesia

Sudah banyak herbal alami Indonesia yang memiliki peran sebagai imunomodulator yang bisa dikombinasikan agar mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal dan seimbang. 

Tentunya dengan mempertimbangkan keamanan pemakaian jangka panjang. Sebut saja manfaat lain dari kombinasi imunomodulator herbal, misalnya: meniran + kunyit + daun kelor yaitu sebagai anti peradangan yang bersinergis. 

Imugard Mengandung 3 in 1 Herbal Formula

Masa pandemi seperti ini, PT Deltomed Laboratories memproduksi Imugard sebagai bentuk dukungannya pada kesehatan masyarakat dalam hal peningkatan daya tahan tubuh. 

Imugard sebagai zat imunomodulator telah mendapat izin edar dari Badan POM RI ini mengandung 100 persen ekstrak meniran, daun kelor dan kunyit yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bisa dikonsumsi oleh anak usia diatas 12 tahun, dewasa maupun lansia dengan dosis sebanyak 1 kaplet setiap hari. Namun jika kondisi sedang menurun bisa mengonsumsi 2 kaplet sehari. 

Imugard
Pict by Apt. Agie, Brand Manager Imugard

Dimana Tempat Membeli Imugard? 

Imugard, Imunomodulator herbal alami Indonesia dengan kisaran harga Rp 75.000 ini bisa dibeli di Deltomed Store (Official), seperti: Tokopedia, Lazada, blibli, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline bisa didapatkan di Century, Watson, apotek, dan toko obat retail. 

Sebagai Ibu sigap, yuk kita jaga kesehatan keluarga!

 

31 thoughts on “Imunomodulator Herbal Alami Indonesia untuk Jaga Kesehatan Keluarga”

  1. perubahan baru ini membawa kita pada kebiasaan yang baik ya. Yang tadinya malas cuci tangan, sekarang malah jadi lebih rajin cuci tangan. Yang tadinya malas mandi, sekarang jadi rajin mandi.

    Yang nggak kalah penting adalah menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi multivitamin Imugard ya Kak. Apalagi Imugard terbuat dari bahan alami yang punya khasiat sangat baik bagi tubuh, seperti daun kelor, kunyit dan meniran.

    Nice inpoh Kakakkkk

    Reply
  2. Saya suka makan daun kelor, apalagi di sayur bening tapi ada Imugard makin praktis dong untuk bantu jaga daya tahan tubuh kita, apalagi masa pandemi gini. Produk wajib ada nih.. aku mau coba juga ah..

    Reply
  3. Bersyukur tinggal di Indonesia karena banyak sekali bahan herbal alami yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga imunitas tubuh. Makin bersyukur karena ilmu dan teknologi bisa membuat bahan-bahan alami tersebut menjadi suplemen yang siap konsumsi. Sehingga kita ga perlu repot mengolah sendiri.

    Reply
  4. Emang wajib banget yaa Mbak jaga kesehatan di masa-masa kayak gini. Aku juga sangat menjaga sih biar tetap fit. Bayangin kalo kena flu aja tuh sekarang serem, apalagi harus ke RS, doooh udah parno duluan akutuuu

    Reply
  5. Kunyit sebagai bumbu dapur dirumah,juga bisa dimanfaatkan tuk buat minuman herbal ya kak.
    Apalagi resep resep cara membuatnya pun bisa search di internet atau yang lebih suka praktis ada Imugard juga ya kak yang lebih kompleks (Daun kelor,Kunyit,Meniran).

    Kan selama pandemi ini, selain 5M kita juga mesti bantu dari dalam tubuh biar mencegah penularan virus ini.

    Reply
  6. 75k worth it rasanya yaa. Pastinya sudah BPOM dan MUI dan pasti diteliti dengan baik dan aman yaaa kak Niken. Wah ntar mau coba juga saya. Thx 4 sharing kak Niken, keep on blogging <3

    Reply
  7. Negeri kita kaya akan rempah & bahan herbal yg bisa menambah imun tubuh kita. Kalo gak mau repot, tinggal konsumsi yg sdh diolah jadi suplemen ya, seperti Imugard ini

    Reply
  8. Nah, di halaman rumah saya sudah ada pohon kelor dan tanaman kunyit, Mbak . Nanti saya cari meniran juga. Tapi ini sih, lebih praktik, ya. Berbahan herbal yang pastinya aman, dan menambah imun tubuh.

    Reply
  9. Tanaman herbal kita memang banyak banget ya ternyata kak. Dan saya baru tahu bahwa ternyata daun kelor itu banyak banget kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh kita.

    Selama ini taunya pepatah yang mengatakan dunia tak selebar daun kelor, hahaha ternyata daun kelor itu kecil yaa

    Reply
  10. ternyata kunyit, meniran dan daun kelor ini memiliki manfaat yang bagus ya untuk tubuh. wah sekarang jadi lebih praktis ya kalau mau konsumsi ketiganya, tinggal minum Imugard aja

    Reply
  11. Minum suplemen adalah salah satu ikhtiar agar imunitas tubuh tetap terjaga ya kak.
    Tapi jangan asal pilih, karena suplemen herbal Indonesia tanpa efek samping. Makanya lebih baik konsumsi imugard.

    Reply
  12. Paket komplit buat di masa pandemi ini adalah dengan 5M dan konsumsi suplemen herbal ini ya, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

    Reply
  13. Di sekitar rumah yuni ada banyak kelor. Biasanya dibuat sayur bening sama orang-orang. Termasuk keluarga yuni. Dan itu enak banget. Siapa sangka juga bisa menjadi imunomodulator juga. Kan jadi makin senang mengonsumsi sayur kelor. HEhehe

    Reply
  14. Memang wajib banget untuk jaga kesehatan dan imunitas selama pandemi. Nah kandungan imugard ini bagus banget dengan 3 in1 formula, aman dan menyehatkan

    Reply
  15. Mungkin si daun kelor ini bukanlah obat untuk virus korona ya Kak. Tapi memang dengan mengonsumsinya, daya tahan tubuh jadi terjaga.

    Asiknya si daun kelor sudah berkolaborasi dengan meniran dan kunyit di dalam Imugard, si suplemen herbal.

    Reply
  16. Mungkin si daun kelor ini bukanlah obat untuk virus korona ya Kak. Tapi memang dengan mengonsumsinya, daya tahan tubuh jadi terjaga.

    Asiknya si daun kelor sudah berkolaborasi dengan meniran dan kunyit di dalam Imugard, si suplemen herbal.

    Semoga kita semua sehat selalu.

    Reply
    • Imugard bisa jadi solusi juga buat yang gak doyan makan daun kelor langsung. Solutif banget ya Kak Niken imugard ini. Apalagi dalam masa-masa pandemi begini

      Reply
  17. Mungkin si daun kelor ini bukanlah obat untuk virus korona ya Kak. Tapi memang dengan mengonsumsinya, daya tahan tubuh jadi terjaga.

    Asiknya si daun kelor sudah berkolaborasi dengan meniran dan kunyit di dalam Imugard, si suplemen herbal.

    Semoga kita semua sehat selalu ya Kak.

    Reply
  18. Daun kelor dan meniran ternyata bagus dna bermanfaat bagi tubuh ya. Kalo kunyit, biasa minum jamunya. Dan sekarang hadir lebih praktis dalam bentuk Imugard gini ya :))

    Reply
  19. Akutuh bangga banget indonesia punya berbagai tanaman immunomodulator gini. Dan enaknya skrg udah ada bentuk imugard yg aman dikonsumsi ya

    Reply
  20. Menarik nih Imugard, bisa jadi salah satu option dalam memilih imunomodulator herbal. Karena di masa pandemi ini penting banget sedia imunomodulator ya.

    Reply
  21. 5 m aku selalu patuhi ka , udh jadi habit malah sekarng nah untuk konsumsi herbal memang belum dibiasakan , karena masih minim info , dan artikel ka niken , ini lengkap bangeut ,, jadi mau coba di share sama ibu nih ,, makasih ya

    Reply
  22. Daun kelor memang banyak manfaatnya ya untuk kesehatan, aku baru tau juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat alami untuk covid-19 ini. Untungnya sekarang kita bisa konsumsi dengan mudah ya, cukup beli Imugard aja.

    Reply
  23. Daun kelor memang banyak manfaatnya ya untuk kesehatan, aku baru tau juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat alami untuk covid-19 ini. Untungnya sekarang kita bisa konsumsi dengan mudah ya.

    Reply

Leave a Comment