IndiHome Digital Learning Aplikasi Pembelajaran Interaktif

Aplikasi digital kini semakin marak. Namun masih banyak anak-anak usia sekolah yang belum bisa mendapatkan manfaat internet sebagai akses digital learning. Alhamdulillah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sudah ikut mendukung program Pemerintah dalam proses pemerataan pendidikan di Indonesia.

Kak Niken membaca beberapa informasi melalui indihome.co.i bahwa program IndiHome Digital Learning merupakan salah satu karya atas kehadiran Telkom di tengah-tengah masyarakat. Tujuannya demi bisa meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa.

Jadi ingat belasan tahun lalu ketika masih kuliah, Kak Niken melakukan penelitian mengenai media pembelajaran interaktif di Jakarta Timur. Banyak anak-anak usia sekolah dasar yang sangat tertarik pada sistem pembelajaran interaktif namun tidak didukung oleh fasilitas yang mumpuni.

Melalui Telkom Indonesia, saat ini pembelajaran interaktif semakin meluas dan lebih bisa menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia.

Mengapa pembelajaran interaktif untuk anak sangat penting?

  1. Karena Karakteristik Berbeda

Karakteristik dari generasi Z dan Alpha cenderung jauh lebih kreatif dan jauh lebih terbuka. Sehingga anak-anak yang berada di generasi ini juga dianggap lebih mandiri dan suka akan tantangan. Hal tersebut membuat karakteristik yang berbeda karena sistem yang bisa diterapkan pada anak juga menjadi lebih berbeda.

Dengan berkembangnya pesat teknologi pada zaman ini membuat para guru di generasi ini harus mempunyai cara melakukan eksplorasi cara belajar dengan trend kekinian. Itulah Mengapa diperlukan pembelajaran interaktif untuk anak agar menjadi jauh lebih baik dalam memahami sesuatu.

Banyaknya karakteristik yang ditimbulkan langsung oleh generasi Z memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan generasi lainnya. Yakni pola pikir yang jauh lebih cenderung kritis dan kreatif. Itulah mengapa anak yang hidup di generasi yang satu ini menjadi lebih suka tantangan.

Adapun sistem belajar dapat diterapkan pada anak ini juga berbeda dengan sistem belajar yang biasanya karena harus merancang pembelajaran efektif untuk generasi Z. Dengan karakteristik yang berbeda tentunya sistem belajarnya juga sangat berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Penerapan metode belajar yang menekankan pada interaksi dan kolaborasi adalah gaya belajar yang direkomendasikan untuk generasi Z. Agar jauh lebih baik memahami sesuatu. Karena generasi yang satu ini sarat akan kritis berpikir dan kreatif sehingga menjadi jauh lebih terbuka.

Adapun para guru dan tenaga pengajar diharapkan siap melakukan eksplorasi cara belajar dengan tren kekinian dan terbuka pada diskusi serta jauh dari kesan otoriter. Hal tersebut adalah metode belajar yang sangat cocok untuk generasi ini yang menekankan pada interaksi dan kolaborasi.

Meskipun kegiatan pembelajaran terkendala akibat pandemi yang panjang tentunya metode pembelajaran interaktif sangat diperlukan untuk generasi ini. Setiap guru yang menghadirkan cara belajar yang lebih efektif dan nyaman tentunya membuat pembelajaran menjadi jauh lebih menyenangkan.

  1. Metode Pembelajaran Interaktif

metode pembelajaran interaktif yang pertama adalah metode yang optimis dilakukan oleh para guru yang menghadirkan cara belajar untuk lebih efektif dan menyenangkan. Pendekatan ini dapat diterapkan para guru untuk memberi materi pembelajaran kepada generasi ini.

Yang pertama adalah dengan menampilkan aktivitas pembelajaran dan tugas dengan format digital yang jauh lebih praktis dan mudah. Selain itu adalah visual yakni menyajikan Informasi materi pembelajaran dalam bentuk video atau infografis serta ilustrasi untuk membuat siswa tertarik dengan hal tersebut.

Terdapat juga ringkas yakni dengan mengolah informasi menjadi bagian yang singkat dan mudah dicerna dalam durasi yang singkat. Atau komunikatif yakni dengan memberi instruksi yang jelas dan komunikasi dua arah antara guru dan murid.

IndiHome Digital Learning

Pada kesempatan yang sama tentunya generasi yang satu ini adalah generasi yang baik secara literasi digital. Karena terbiasa untuk mencari dan merangkum informasi dari berbagai jenis sumber yakni Google. Hal tersebut  harus disikapi dengan baik oleh para guru dan tenaga pengajar agar jauh lebih siap dan menghadirkan pola mengajar yang mampu melakukan akomodasi kebutuhan ini.

Maka manfaat aplikasi Digital Learning dari IndiHome diharapkan dapat dirasakan oleh berbagai pihak. Manfaat internet dapat semakin dirasakan oleh seluruh anak-anak hingga pelosok berkat adanya program-program dari Telkom Indonesia sebagai Internetnya Indonesia. 

Mereka akhirnya juga bersikap jauh lebih terbuka pada setiap kesempatan untuk melakukan kolaborasi atau bertindak yakni mengkritisi informasi yang telah diterima nantinya. Shingga anak-anak usia SD hingga SMA bisa mendapatkan akses pendidikan yang lebih layak.

Dilansir dari indihome.co.id, bahwa Rini M. Soemarmo selaku Menteri BUMN Republik Indonesia  mengapresiasi program IndiHome Digital Learning yang diinisiasi Telkom. Karena Telkom Indonesia mampu berkontribusi dalam penyediaan fasilitas yang terintegrasi dan melakukan pemerataan fasilitas pendidikan terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Leave a Comment