Indomilk Susu Bubuk, Rahasia Ibu Cerdas

Terkadang celetukan para Orang Tua murid lainnya membuat saya terbawa perasaaan alias baper, sehingga jadi beban pikiran. Kenapa?

Bagi mereka sistem motorik kasar Kakak Kalila “terlalu berlebihan”. Tentu hal itu cukup mengganggu pikiranku. Nggak tahan juga mendengar ucapan dan tatapan kurang mengenakkan orangtua lainnya.

“Itu Kalila kok ekstrim banget sih kalau bergelantungan di tiang?”

“Aku itu ngeri lihat Kalila main ayunan.”

“Kalila itu kok kuat banget kalau beraktivitas fisik.”

Kurang lebih begitulah kalimat yang sering aku dengar dari beberapa orangtua lainnya.

Sepanjang perjalanan menuju Sekolah Aluna, pikiran ku berkecamuk juga harap-harap cemas. Baru kali ini kekuatan feeling sebagai seorang ibu terhadap anaknya agak memudar.

Indomilk susu bubuk agar anak tumbuh tinngi, tanggap, tangguh
Indomilk susu bubuk

Anakku Dan Tahap Perkembangannya

Hari itu Sabtu pagi, kami meluncur ke Sekolah Aluna di daerah Kebagusan Pasar Minggu. Salah satu sekolah inklusi yang memfasilitasi para orangtua untuk melakukan terapi Sensori Integrasi bagi anak-anak.

Tujuan kami untuk melakukan tes Sensori Integrasi (SI) bagi Kakak Kalila. Untuk mengetahui apakah ada “sesuatu” yang hyper padanya. Terapi sensori integrasi ini menekankan pada stimulasi tiga indera utama.

Walau sebenarnya sebagai seorang ibu, aku tak melihat adanya proses tumbuh kembang yang terhambat dalam diri Kakak Kalila. Anak ini aktif, ceria, paham instruksi dan tumbuh sesuai postur tubuh seusianya.

Setibanya kami di Sekolah Aluna, dilakukan beberapa sesi wawancara dan serta melakukan beberapa tes. Tesnya sederhana, lebih seperti diminta untuk bemain dan assesornya mengobservasi.

Sekitar dua jam kemudian, terapis memberikan penjelasan bahwa tak ada yang salah dalam tahap tumbuh dan kembang Kakak Kalila. Sehingga tidak diperlukan terapi SI lanjutan.

Menurut terapisnya, secara fisik, tinggi dan berat tubuh Kakak Kalila sudah sesuai standar dengan usianya. Memiliki sikap tangguh untuk mencoba kegiatan atau permainan yang menantang. Instruksi yang diberikan pun diterima olehnya dengan tanggap, jelas dan tepat dipahami. Kemampuannya untuk beradaptasi dan teguh saat masa sulit pun cukup baik.

Manfaat Susu Bubuk Indomilk
Manfaat Susu Bubuk Indomilk

Baca juga: Teknik sepatu roda untuk anak

Mengoptimalkan Potensi Tinggi, Tangguh, Tanggap

Tiga pernyataan diatas yang akhirnya mampu memudarkan rasa kekhawatiranku. Dengan observasi sederhana untuk melihat potensi tumbuh kembang anak, bisa dilakukan dengan melihat tiga karakter tersebut.

Dengan catatan orang tua wajib memberikan tambahan stimulus untuk meningkatkan rasa kepercayaan dirinya agar lebih baik lagi. Sehingga kemampuan adaptasinya bisa makin cemerlang.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang tua menginginkan pertumbuhan anak yang optimal.  Hal ini dapat dicapai jika kebutuhan dasar anak yang meliputi perhatian, kasih sayang, gizi, kesehatan, rasa hormat, perawatan kesehatan, keamanan/perlindungan, stimulasi dan pendidikan terpenuhi.

Tinggi, Tangguh, Tanggap
Tinggi, Tangguh, Tanggap

Kebutuhan Nutrisi Harian

Nutrisi yang tepat dan lengkap memegang peran penting bagi perkembangan fisik maupun kognitif anak-anak untuk menjadi tinggi, tangguh, tanggap. Diusia sekolah, anak kita dituntut untuk lebih banyak melakukan ragam aktivitas.

Dengan mengkonsumsi nutrisi dari susu bubuk untuk anak yang tepat maka akan menyumbang sejumlah energi dan zat gizi penting. Agar dapat menunjang beragam aktivitas yang dilakukannya.

Pilihan kami jatuh pada Indomilk susu bubuk. Yang sampai sekarang masih rutin dikonsumsi oleh Kakak Kalila.  Eits…. Siapa bilang anak usia sekolah tidak perlu minum susu? Memangnya Indomilk susu bubuk untuk usia berapa aja?

Nah ini, meskipun anak sudah melewati masa emasnya, Ia tetap membutuhkan dukungan dari konsumsi susu sebagai asupan gizi seimbang kan?

Indomilk Susu Bubuk
Indomilk Susu Bubuk Rasa Cokelat

Manfaat Susu Bubuk Indomilk

Aku menyadari terkadang menu makanan harian yang ada belum mencukupi kebutuhan gizi harian anak. Untuk itu kami mempercayakan nutrisi harian Kakak Kalila kepada Indomilk Susu Bubuk. Dengan tiga pilihan rasa, yaitu: rasa cokelat, plain (bebas gula) dan full cream (bebas gula). Tersedia kemasan dalam 800g, 400g, sachet 37g dan 27g.

Nah, berhubung kami suka berpetualang dengan alam, disaat seperti itu kami selalu membawa Indomilk susu bubuk yang kemasan 37g. Selain mudah dibawa dan ekonomis, anak-anak selalu nagih minum susu setelah seharian berkegiatan di alam.

Indomilk sachet
Indomilk sachet 37g

Jadi nggak perlu khawatir lagi karena Indomilk OptiNutri ini merupakan susu bubuk dengan kandungan tinggi kalsium dan mengandung protein, Vitamin A, C, E, B1, B2 serat pangan, zink, iodium serta fosfor. Dengan banyaknya kandungan dari susu Indomilk tentu dapat membantu pertumbuhan buah hati kita dan keluarga.

Apalagi untuk yang kemasan sachet 37g harganya cuma Rp 3.000,- Terjangkau sekali bukan? Indomilk sachet ini sudah tersedia diwarung atau toko kelontong sekitar tempat tinggal kita juga lho.

Semakin percaya ya, kalau selama 50 tahun Indomilk selalu memberikan rangkaian produk susu yang dipercaya kualitasnya oleh keluarga Indonesia. Salah satu keunggulan susu bubuk Indomilk adalah dilengkapi dengan OptiNutri yaitu memiliki kalsium tinggi, sumber protein dan mengandung Omega 3.

Kalsium Tinggi

Sangat penting bagi pertumbuhan anak. Membantu untuk menguatkan dan memadatkan tulang dan gigi. Agar anak tumbuh tinggi, bisa dipastikan butuh kalsium yang cukup.

Sumber Protein

Membantu untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam Indomilk Susu Bubuk terdapat vit A, vit B1 & B2, vit C, vit E, zinc, iodium fosfor, dan serat pangan. Sangat diperlukan untuk anak agar sehat, kuat, dan tentunya tangguh.

Omega 3

Berasal dari minyak ikan laut dalam. Manfaatnya untuk kecerdasan otak, perkembangan fisik dan juga jantung.  Omega 3 sangatlah dibutuhkan untuk mencapai kesehatan optimal.

Nah, Banyak juga kan manfaat susu bubuk dari Indomilk Optinutri ini? Anakku juga suka dan aku merasa tenang karena nutrisi harian anak terpenuhi.

Baca juga: Memilih makanan sehat sehari-hari

Usia Konsumsi

Susu adalah salah satu bahan pangan dengan kandungan nutrisi paling lengkap. Susu kaya akan vitamin A, B, D, kalsium, protein, karbohidrat, fosfor, magnesium, dan zinc. Meski manfaatnya banyak, belum banyak orang yang memahami bahwa susu harus dikonsumsi sesuai usia. Walau susu bergizi tinggi, jika berlebihan, hal itu berdampak buruk bagi tubuh.

Penting untuk diketahui berapa banyak konsumsi susu yang ideal setiap hari berdasarkan kelompok usia.

  1. Usia 0-12 bulan Bayi berusia kurang dari setahun tidak dianjurkan mengonsumsi susu sapi. Air susu ibu adalah sumber pangan terbaik bagi bayi untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.
  2. Usia 1-10 tahun Untuk anak di kelompok usia 1-3 tahun, mereka membutuhkan 360 mg kalsium per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, setidaknya mereka perlu mengonsumsi 100 ml susu dan 100-125 gram produk turunan susu seperti yoghurt atau keju. Untuk anak berusia 4-10 tahun, konsumsi susu bubuk untuk anak 130-150 ml ideal untuk memenuhi kebutuhan 450-500 miligram kalsium per hari.
  3. Usia 11-18 tahun Untuk memenuhi kebutuhan kalsium sekitar 800-1.000 miligram per hari, mereka yang berusia 11-18 tahun disarankan konsumsi minum susu 200-250 ml. Selain itu, sebaiknya, konsumsi makanan dari produk susu, misalnya keju dan yoghurt.
  4. Usia 19-50 tahun Siapa bilang orang dewasa tak butuh susu? Mereka yang berusia 19-50 tahun sebaiknya mengonsumsi susu, baik susu cair maupun produk susu sekitar 200 ml setiap hari.
  5. Di atas usia 50 tahun Untuk mendapatkan jumlah yang sama seperti suplemen kalsium, orang berusia 50 tahun ke atas butuh konsumsi susu 200 ml setiap hari dan juga produk turunan susu sekitar 180 gram.
Petunjuk penggunaan susu bubuk untuk anak
Petunjuk penggunaan susu bubuk untuk anak

Kini diusianya 7,5 tahun ini, Kakak Kalila masih setia mengkonsumsi susu. Indomilk susu bubuk untuk usia berapa? Pada dasarnya usia terbaik untuk mengkonsumsi susu bubuk Indomilk untuk anak adalah usia 5-12 tahun.

Jadi, nutrisi optimal akan membantu anak kita tumbuh tinggi secara fisik, tangguh menghadapi tantangan dan tanggap menyerap pelajaran atau instruksi. Itu dia rahasia ibu cerdas.

Nah, kalau Kakak Kalila favoritnya Indomilk susu bubuk. Bagaimana dengan kamu? Sudah minum susu hari ini?

61 thoughts on “Indomilk Susu Bubuk, Rahasia Ibu Cerdas”

  1. Kalila emang aktif yaa, alhamdulillah tanda anak sehat.

    Ditambah lagi minum susu Indomilk bantu penuhi kebutuhan gizinya supaya makin tinggi, tangguh, tanggap.

    Reply
    • Alhamdulillah ya.. Walau emaknya kadang migren karena itu batere bocah nggak ada habisnya. Tapi tinggi, tangguh, tanggap insyaallah

      Reply
  2. Seumuran dengan anak ketigaku. Memang agak beda juga yang ini. Aktif banget. Perempuan, tapi strong. Mungkin mirip ya anak kita. Wah, perlu nih dikasih indomilk susu bubuk untuk perkembangannya. Lengkap nutrisinyam

    Reply
  3. for your’e information aku sampai sekarang masih suka minum juga eheh , suka minta pnya ade aku ka , memang kebutuhan minum susu itu tidak hanya untuk anak masa pertumbuhan saja ya ka

    Reply
  4. Ini produk terbaru kah dari Indomilk Mba?
    Harus ekstra memang memperhatikan tumbuh kembang anak ya. Supaya sehat dan pintar.

    Reply
  5. wah, nutrisnya super lengkap nih, ada kalsium, ada protein dan omega 3. Jadi utk pertumbuhan maupun perkembangan si kecil bisa lebih maksimal

    Reply
  6. Wah aku baru tau nih ternyata beda usia beda juga ya banyaknya susu yg harus dikonsumsi. Tp yg terpenting susu yg dikonsumsi itu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak ya, dan pastinya berkualitas.

    Reply
  7. susu menjadi nutrisi penting ya untuk tumbuh kembang anak, apalagi anak menjadi tinggi, tangguh dan tanggap jadi harapan semua orangtua banget.. makanya orangtua punya peran juga untuk memberikan nutrisi terbaik agar tumbuh kembang anak optimal ya mbak

    Reply
  8. Hmmm menurut pendapat saya pribadi, justru anak yang aktif itu membahagiakan karena ia punya keinginan kuat untuk eksplor apapun di sekelilingnya. Meski suka bikin deg-deg an karena ada aja kelakuan, yaa tugas orangtua sebagai fasilitator hehe.

    Reply
  9. Jadi inget masa kecil aku sering minum susu ini karena perkembangan tumbuh kemabngcakh agak sedikit terlambat, tapi berhubung bunda ak paahm akan peekembangan sang anak jd lah aku yg skrg tdk tertinggal dgn teman

    Reply
  10. Optimalkan tumbuh dan kembang anak melalui konsumsi susu bubuk pasti harapan keluarga, dengan begitu anak bisa 3T dan semangat berprestasi

    Reply
  11. Indomilk coklat emang enak yaa rasanya, anakku juga doyan tuh, selain susu bubuk juga dia suka banget tuh susu kotak yang fresh rasa original/plain. Ibu cerdas pasti siap siaga kasih nutrisi terbaik biar anak tumbuh tinggi tangguh tanggap yaa

    Reply
  12. Keponakan dan anak bungsuku juga seumuran Kalila dan sama aktifnya. Kayanya perlu juga konsumsi Indomilk susu bubuk ini supaya pertumbuhannya bagus, tinggi dan tangguh.

    Reply
  13. Soal tangguh ini nih yang kadang orang masih melihatnya sebatas ketangguhan secara fisik ya, Mbak. Padahal bisa juga ketangguhan psikologis seperti yang dipaparkan di atas, jadi bagaimana dalam menghadapi tantangan sehari-hari.

    Reply
  14. Huaah Indomilk ini salah satu susu kesukaanku semasa kanak kanan duluuu

    Btw indeed, ibu mana yang ngga ngarep (semoga juga berikhtiar) anaknya tumbuh tinggi, tanggap dan tangguh?

    Reply
  15. susu kesukaan Sulungku juga nih Kak, dia sukanya yang cokelat.
    nutrisi juga memang berperan penting untuk perkembangan anak biar menjadi anak yang tinggi, tangguh, tanggap seperti Kak Kalila ya 🙂

    Reply

Leave a Comment