Injak Rem THR saat Mudik, ini 7 Tips nya

Ayeyyy…. Yang dinanti akhirnya tiba, cuti bersama Lebaran! Tradisi Lebaran seperti membeli baju baru, berbagi parsel, membuat kue dan mudik sudah menjadi ciri khas perayaan Lebaran masyarakat Indonesia.

Untuk itu, Anda perlu mempersiapkannya dengan baik. Salah satu hal yang perlu Anda persiapkan adalah keuangan. Yes this is one of main the point!

Menjelang hari raya umumnya pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Anda dapat membuat pos keuangan khusus Lebaran dengan memanfaatkan THR.

Apalagi saat Lebaran, ada berbagai tawaran promo yang mendorong kita seringkali kalap berbelanja. Tapi ingat, utamakan kebutuhan daripada keinginan. Agar uang THR Anda tidak habis untuk belanja konsumtif. Anda juga perlu menyisihkan dana untuk menabung dan membayar utang. 

Apalagi jika kita termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diceritakan di artikel ini:

“Kemenkeu tidak bisa mencairkan anggaran jika tidak ada pengajuan SPM. Oleh karena itu, jika pengajuan belum dilakukan K/L atau Pemda sampai Lebaran nanti, maka akan dibayarkan setelah itu.”

“Sayangnya belum diketahui daerah mana saja yang kemungkinan akan menerima THR PNS setelah Lebaran. Berdasarkan datanya sampai 26 April 2022 pukul 08.00 WIB, dari sekitar 540 Pemda baru 240 Pemda yang sudah membayarkan THR sebesar Rp 6,341 triliun untuk 1.351.275 pegawai.”

Bikin dag-dig-dug nggak sih kalau kejadian… So, gimana cara mengatur keuangan di tahun baru atau di masa lebaran kali ini? 

Salah satu cara untuk mengamankan THR Anda adalah dengan memiliki planning atau perencanaan. Untuk apa saja sih uang THR ini akan kita gunakan?

Janga sampai nih, uang yang Anda dapatkan malah hangus tak bersisa atau malah menyisakan hutang.

Karena saat lebaran biasanya banyak banget godaan, big sale dan diskon yang siap untuk memindahkan isi dompet anda ke rekening seller atau online shop kesayangan.

Pastikan Anda mampu kelola THR dengan bijak, Kak Niken akan kasih 7 Tips Injak Rem THR yah!

7 Tips Injak Rem THR

  1. Dahulukan kewajiban

Wajib, gunakan untuk prioritas utama yang rutin kita keluarkan tiap bulan.

  1. Bayar zakat dan sedekah

Anda muslim? maka keuangan zakat dan sedekah jangan tidak dianggarkan ya. Prioritaskan!

  1. Hitung kebutuhan Lebaran

Pastikan pos-pos pengeluaran tidak membengkak dengan budget yang tidak direncanakan. Supaya kita juga tetap bisa atur keuangan demi kesehatan mental terjaga. 

  1. Menabung dana darurat

Tidak dalam keinginan untuk mudik? gunakan dana THR untuk dana darurat

  1. Menambahkan dana pendidikan

Mumpung ada dana berlebih, tentu bisa kita alokasikan untuk dana pendidikan anak

  1. Investasi

Masih ada sisa dana THR setelah 5 tips diatas? Lakukan Investasi agar uang kita berputar sebagai perencanaan keuangan jangka panjang

  1. Miliki asuransi

Ingat 7 tips diatas tidak akan berguna jika dalam perjalanan mudik Anda terkena resiko. Bisa jadi budget yang kita siapkan malah hangus. 

Miliki asuransi jiwa agar keluarga yang kita tinggalkan bisa tetap tersenyum. Miliki asuransi kesehatan agar kita tetap terjaga dari resiko bencana keuangan untuk menjaga 7 tips Injak Rem THR bisa berfungsi dengan maksimal. 

“Berkah melimpah di hari kemenangan, mudik pun semakin aman dan nyaman!”

FWD Insurance Berikan perlindungan untuk dirimu dan orang-orang tersayang dengan diskon hingga 50% dari periode 25 – 30 April 2022 untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas  Rencana, & Bebas Aksi. Jangan lupa gunakan KODE PROMO “FWDLEBARAN

Kesimpulan

Injak Rem THR saat mudik ini mungkin tidak bisa diikuti secara saklek untuk tiap orang. Karena Kak Niken yakin setiap orang memiliki preferensi keuangan yang berbeda beda.

Namun Kak Niken berharap dengan ada nya 7 tips ini anda bisa memiliki sense of priority dalam pengaturan keuangan THR selama masa mudik.

Yuk tentukan tujuan keuangan jangka panjang kaum millenial kita mulai saat ini juga!

1 thought on “Injak Rem THR saat Mudik, ini 7 Tips nya”

Leave a Comment