Lifestyle Parenting and Traveling

Isi Galon Mudah Dipalsukan? Kenali Tips Memilih Air Minum Yang Baik

Tutup galon mudah dipalsukan
Tutup galon mudah dipalsukan

Membaca isu mengenai isi galon mudah dipalsukan di beberapa media nasional, cukup bikin sedih. Apalagi sudah beredar video beredarnya isi air mineral galon palsu. 

Kemudian Kak Niken teringat kejadian beberapa bulan lalu. Ketika adik Kay sakit perut sehingga harus masuk Rumah Sakit untuk menjalani rawat jalan. 

Malam sebelumnya,  adik Kay tidak bisa tidur dengan tenang. Setiap saat terbangun dan merintih kesakitan sambil memegangi perutnya. Kak Niken langsung mengoleskan minyak ke seluruh tubuhnya. Berharap segera tertangani dan bisa kembali tidur nyenyak. 

Kenyataannya? 

Bahaya Isi Galon Palsu

Ingat Pesan Ibu: Masak Dulu Air Galon 

Hampir setiap satu jam sekali Ia kembali terbangun dan minta dibantu ke toilet. Byar… feses yang keluar lebih encer. Melihat hal tersebut, Kak Niken langsung berikan air minum ke adik Kay. Maksudnya sih agar tidak mengalami dehidrasi.  

Namun beberapa saat kemudian, Adik Kay kembali buang air besar dengan kondisi yang sama. Hmm… kenapa saat diberikan air minum justru muntah dan diare lebih sering? Kalau kondisi tersebut terus-menerus terjadi, maka Adik Kay akan semakin lemas. Padahal Ia tetap harus mendapatkan cairan.  

Masa sih karena air minum, jadi muntah dan buang air besar semakin intens? Nggak habis pikir!

Kak Niken jadi teringat pesan Ibu beberapa tahun lalu, kenali dampak minum air tidak matang dan air mineral palsu. Agar kami tetap memasak air galon isi ulang sebelum dikonsumsi. “Kalau mau minum, masak dulu air galon isi ulangnya. Masa kita mau minum air mentah!” jelas ibuku yang kembali terngiang-ngiang di pikiran. 

Ketika itu, Kak Niken merasa, Ah… ribet. Karena prosesnya menjadi tidak instan. 

Kembali ke kondisi adik Kay…. 

Keesokan harinya, Suami mencari informasi mengenai kemungkinan penyakit yang sedang dialami adik Kay. Pertolongan pertama pagi itu, kami berikan larutan oralit menggunakan air yang sudah kami masak lebih dulu. 

Namun, kami ingin adik Kay tetap mendapatkan penanganan maksimal. Kemudian kami bawa adik Kay ke Rumah Sakit. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter mengindikasikan kalau adik Kay mengalami infeksi saluran pencernaan. 

Salah satunya bisa jadi karena mengkonsumsi air mentah karena isi galon mudah dipalsukan. Dokter menyarankan agar mewaspadai bahayanya bagi kesehatan jangka panjang. Karena belum tentu bersih dan higienis. Air minum isi ulang mentah bisa saja mengandung bakteri yang terkontaminasi. 

Air minum isi ulang yang tidak dimasak terlebih dahulu, bisa mengandung bakteri jenis E. Coli. Maka, ada kemungkinan anak-anak yang sensitif akan mudah terkena infeksi saluran pencernaan.    

Umumnya berupa sakit atau nyeri pada bagian perut, diare, bahkan muntah-muntah. Sebenarnya, bagaimana cara memilih air minum yang bersih? 

Hindari Air Mineral yang Isi Galonnya Mudah Dipalsukan

Apakah air mineral isi ulang aman untuk dikonsumsi? 

Nggak mau lagi deh kejadian anak-anak jadi sakit dan masuk Rumah Sakit. Karena terkena infeksi saluran pencernaan. Karena isi galon mudah dipalsukan, sedih deh. Maka kita sebagai konsumen terutama orangtua, sebaiknya bisa menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya. 

Di satu sisi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga sudah mengingatkan agar konsumen berhati-hati terhadap air kemasan palsu. Serta untuk perlindungan konsumen, sebaiknya produsen memberikan edukasi terkait produk AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) terhadap agen, distributor, dan penjual.

Apa Perbedaan Galon Asli dan Palsu?

Karena isi galon ternyata mudah dipalsukan, otomatis kita sebagai orangtua sering merasa khawatir ditambah lagi kita harus lebih berhati-hati lagi karena yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia.

Apakah air minum yang kita beli ini oplosan? Karena kalau benar oplosan maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita

Ini dia cara memilih air mineral dalam kemasan yang benar-benar asli.  Biasanya untuk galon asli memiliki ciri, diantaranya:

Pada bagian permukaan tutup galon terdapat tulisan dan lambang berlogo. Alur pembuka masih rapat dan bagian sampingnya terdapat model droplet atau seperti tetes air. Kalau tutup galon palsu tidak memiliki tanda ini. 

Terdapat kode produk yang terbaca dengan jelas. Ukuran galos juga sesuai standar perusahaan penyedia air galon asli. 

Dari segi isi air, tampak bening, jernih, dan tidak berbusa ataupun keruh. Setelah dibuka, aromanya netral alias tidak menimbulkan bau apapun. Rasanya juga lebih segar.  

Agar terhindar dari modus kejahatan air galon palsu, Kak Niken kasih tips memilih air minum yang sesuai standar dan baik untuk kesehatan. 

Memilih air minum yang baik
Memilih air minum yang baik

Apa Efek Samping Air Isi Ulang dari Galon Palsu?

Tidak semua air isi ulang memiliki kualitas yang baik dan terjaga. Berikut ini cara memilih air minum yang sehat, yaitu:

  • Sumber air minum terlindungi

Tentunya terhindar dari pencemaran dan memiliki standar layak minum. Serta dipilih dari yang ekosistem sumber airnya sudah terlindungi. Sehingga baik untuk tubuh dan kekayaan mineralnya terjaga dengan baik. 

  • Air Jernih dan bebas bakteri

Proses mulai dari pengambilan air hingga pengemasan dilakukan dengan cara yang steril. Agar terhindar dari kontaminasi benda atau zat berbahaya. Kalau dari kemasan dan tutup galonnya mudah dipalsukan maka akan terkontaminasi dan menimbulkan bakteri.   

  • Perhatikan warna, rasa, dan bau airnya

Karena isi galon mudah dipalsukan, maka penting sekali memperhatikan kondisi airnya. Jika air terlihat keruh, tandanya air tersebut sudah terkontaminasi kuman atau bahan lainnya. 

  • Mengandung mineral  

Untuk menjaga keseimbangan dan kesegaran tubuh maka memerlukan mineral. Kandungan mineral yang dimaksud, antara lain KAlium, Magnesium, Natrium, dan Kalsium. 

  • Memiliki pH sesuai standar

Menurut rekomendasi dari Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat, standar minimum yang ditetapkan untuk air minum antara 6,5 dan 8,5. 

  • Perhatikan kondisi kemasannya

Moms, sudah nonton berita di luar sana yang lagi viral kan? Mengenai isi galon mudah dipalsukan, galonnya juga asli tapi ternyata isi air galonnya oplosan. Jadi, hal tersebut terkuat saat ada unggahan video di media sosial pada bulan Juni 2022. 

Ternyata ada pelaku yang mengoplos galon AMDK dengan air sembarangan. Cuma modal 5 ribu rupiah untuk membeli tutup galon, lalu oknum tersebut mengisi galon asli dengan air oplosan. .  Kemudian mengemasnya dengan tutup galon dan asli dan disegel. Hiks…. Nyesek banget sih itu!

Padahal untuk membuka tutup galon itu nggak mudah. Tapi ternyata sudah ada alat untuk kita membuka dan menutup galon AMDK tanpa cacat. Wuihhh….

Tutup galon palsu
Tutup galon palsu

Ada baiknya pihak produsen mulai gerilya memastikan galon yang terdistribusi tidak disalah gunakan. Konsumen atau pelanggan yang membeli galon AMDK juga perlu melihat lalu cek ricek kode galon di web resmi. Apakah kodenya sama atau tidak?

Walau sebenarnya kode tersebut sangatlah kecil sehingga agak sulit dibaca dengan jelas. Bagi orang yang sudah berumur, tentu akan kesulitan membaca dengan ukuran kecil. Ribet! Di satu sisi, dengan adanya alat untuk membuka dan menutup tutup tanpa cacat, nggak menjamin isinya itu masih asli.

So, konsumen tentu semakin bingung bagaimana memilih isi AMDK yang asli, bukan? Karena semua terlihat seperti aslinya, Moms. Nggak ada bagian yang rusak atau cacat sedikitpun. 

Yuk ah kita sekarang mulai aware dengan memperhatikan juga isi galon tersebut palsu atau asli. Hindari isi galon palsu dengan cek tutup galonnya karena sekarang mudah dipalsukan.

Cara mengetahui asli atau palsu, bisa dengan melakukan cek ricek pada bagian: segel pada tutup galon, badan galon, air di dalam galon, serta adanya kode produksi. 

Memang nggak dipungkiri antara isi galon palsu dan asli bisa jadi memiliki kesamaan. Karena keduanya sekilas mirip. Maka pilihlah produk yang memiliki bahan berkualitas baik dan ramah lingkungan. Hindari isi galon palsu dengan cek tutup galonnya karena sekarang mudah dipalsukan.

Supaya yakin kalau kita membeli galon asli bukan yang palsu, maka carilah galon yang tutupnya memang benar-benar tersegel dengan sempurna. Juga perhatikan bagian dalam airnya yang nampak jelas. 

Kak Niken wajib ingatkan tentang hal ini nih, bahwa ini bukan tentang tutup galon palsu tetapi isinya yang mungkin oplosan/palsu. Kok bisa? bisa saja karena galon dan tutup asli itu ternyata mudah sekali dibuka dan ditutup kembali dengan sempurna  menggunakan alat oleh oknum tertentu.

Kalau tutupnya mudah dibuka dan ditutup seperti itu yah sudah tentu isinya jadi dipertanyakan:  apakah masih asli atau bisa jadi sudah dioplos.

So, yuk Moms, kita juga lebih teliti memilih air mineral yang asli dan bersih. Agar terhindar dari isi galon mudah dipalsukan. 

Responses (9)

  1. ngeri ya ternyata sekelas merek terkenal gitu masih bisa lolos dipalsukan, jadi makin was-was nih kalau konsusmsi air minum, apalagi kita pasti butuh berliter-liter tiap harinay buat keluarga ya 🙁

  2. Tidak hanya kita sebagai pembeli saja ya yang harus pandai memilih, tetapi produsen yang menjual juga perlu lebih hati-hati

  3. Duh miris banget ya sekarang air galon isi ulang pun juga sudah banyak dipalsukan ya 🙁
    Harus waspada dan sabar nih untuk cek ricek dulu sebelum membeli galon isi ulang daripada dapat yang palsu ya.

  4. Aku baru tau isi galon bisa dipalsukan. Tapi kayaknya aku beli yang asli karena tutupnya susah dibuka. Semoga aja aman dan sehat selalu.

  5. Bener bgt nih, kita harus lebih aware ttg air galon yg dikonsumsi. Udah marak bgt pemalsuan, bikin kesel deh. Sbg konsumen kudu lebih teliti deh pokonya.

  6. Sama banget yang aku alami dulu waktu anakku ysia 3th akhirnya sejak kejadian itu kami ganti air mineral yang lebih terjamin. Mahal sedikit to semua sehat

  7. ah ada2 aja ya idenya orang untuk memalsukan barang. kita sebagai konsumen harus benar2 jeli terhadap produk yang kita konsumsi. makasih ya tips dan remindernya ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *