Manfaat Minyak Telon Lang Bantu Stimulasi Anak Sejak Dini

“Bun, Adek mau tidur ditemani bunda sambil diusap perutnya dengan minyak Telon Lang.” ujar Adik Kay suatu malam. Saat itu sebenarnya masih banyak pekerjaan yang harus Kak Niken lakukan. 

Mulai dari  webinar, menyelesaikan draft artikel dan membuat jadwal untuk kegiatan esok hari. Namun, panggilan dari buah hati tercinta ini tak bisa dihiraukan. Karena terlihat dari gelagat tubuhnya sepertinya sedang merasa tidak nyaman. 

Setelah beberapa kali pijatan akhirnya adik Kay terlelap. Ya, melakukan kegiatan memijat merupakan salah satu cara bagi kami untuk saling berkomunikasi. Sentuhan fisik seperti ini merupakan salah satu bentuk stimulasi anak sejak dini. 

Minyak Telon Lang
Tidur Nyaman dengan Minyak Telon Lang

Kegiatan Stimulasi Anak Usia Dini

Seperti yang kita pahami bahwa stimulasi merupakan hal penting untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang dan kecerdasan anak. Sehingga dapat membantu mereka agar siap memasuki tahap perkembangan selanjutnya.

Stimulasi yaitu berupa rangsangan suara (auditori), penglihatan (visual) dan sentuhan atau gerak (kinestetik) yang diberikan sejak otak bayi mulai berkembang. Tujuannya merangsang kualitas dan kuantitas sel-sel otak agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal. 

Seperti stimulasi pijatan lembut yang Kak Niken lakukan pada Adik Kay, dapat membuatnya merasa tenang dan nyaman. Kegiatan memijat dengan minyak telon semacam ini sudah sering kami lakukan sejak Adik Kay masih bayi.

Minyak Telon Lang Plus
Hindari gigitan nyamuk dengan Minyak Telon Lang Plus

Manfaat Pijat untuk Bayi

  • Sentuhan, sebagai bahasa pertama kita

Perlu dipahami bahwa sentuhan lembut dan penuh kasih sayang dapat membantu bayi tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Bayi yang disentuh secara rutin dengan melakukan kontak mata 50% lebih banyak akan menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak. 

  • Agar lebih tenang dan nyaman

Sentuhan fisik pada bayi akan mengirim sinyal ke otaknya untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, yaitu hormon yang dapat membuat perasaan lebih bahagia dan nyaman. Sehingga tidurnya lebih nyenyak karena tubuh rileks. Ditambah pijatan lembut sang ibu menggunakan minyak telon lang dan minyak telon lang anti nyamuk. 

  • Melancarkan sistem pencernaan

Pijat bayi bisa membuat sistem pencernaannya menjadi lebih nyaman dan bergerak lebih lancar. Seringkali si kecil rewel karena gangguan pencernaan, seperti perut kembung, sembelit, atau mengalami kolik. Setelah mendapatkan pijatan lembut, Ia merasa lebih nyaman.

Saat anak merasa nyaman dengan tubuhnya, maka rasa percaya dirinya akan meningkat. Ketika anak sudah memiliki rasa percaya diri akan banyak hal positif muncul dalam dirinya. 

Diantaranya, lebih cepat merasa nyaman pada lingkungan, berani mencoba hal baru, dan mandiri. Maka bermain bersama anak sebagai bentuk stimulasi positif sebaiknya dilakukan setiap kali ada kesempatan berinteraksi agar anak percaya diri.

Supaya anak merasa nyaman ketika berkegiatan bersama maka setiap selesai mandi, mereka wajib menggunakan minyak telon agar tetap merasa hangat. Oh iya moms, minyak telon berbeda dari minyak kayu putih lho… 

Minyak kayu putih memiliki aroma menyengat, minyak telon memiliki aroma lebih lembut. Salah satu yang selalu kami sediakan di rumah yaitu minyak Telon Lang dan Telon Lang plus.  

Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Merek minyak telon untuk bayi yang satu ini dikenal oleh para ibu secara turun temurun. Walau sudah berubah kemasan, Telon Lang masih menjadi salah satu pilihan minyak telon terbaik. 

Seperti cinta tulus seorang ibu kepada bayinya, Minyak Telon CAP LANG meneruskan warisan budaya leluhur Indonesia dengan memproduksi minyak telon, untuk para ibu yang ingin memberikan minyak telon bagi buah hatinya. 

Tahukah kamu kalau nama minyak telon berasal dari bahasa Jawa, ‘telu‘ yang berarti ‘tiga’. Seperti namanya, minyak telon merupakan gabungan dari tiga jenis minyak seperti minyak kayu putih, kelapa, dan adas.

Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus
Minyak Telon Cap Lang

Manfaat dalam Kandungan Minyak Telon 

Tiap kandungan alami dalam minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus, membawa manfaat yang berbeda. Manfaat minyak Telon Lang diantaranya:

  • Minyak Anis

Atau biasa disebut minyak adas mampu meredakan sakit perut, dan hidung meler. Mencegah perut kembung karena melancarkan pengeluaran gas dari saluran pencernaan bayi.

  • Minyak Kayu Putih

Kandungan minyak kayu putih yang terdapat dalam minyak telon menciptakan sensasi rasa hangat saat dioleskan ke kulit. Juga dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan tungau dan mencegah masuk angin. 

  • Minyak Kelapa

Kandungan minyak kelapa bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan kulit. Menghidrasi kulit dengan baik, serta dapat mengatasi gejala eksim yang ditandai dengan ruam dan gatal.  

Ada yang membedakan dalam kandungan kedua minyak telon ini. Untuk khasiat minyak Telon Lang Plus terdapat tambahan minyak Chamomile yang berfungsi untuk menenangkan dan membuat rileks. 

Terdapat kandungan natural rhodinol (oleum citronella), yang berfungsi untuk melindungi dan menghindari si kecil dari gigitan nyamuk hingga 10 jam. Adanya minyak kelapa dan minyak zaitun, untuk melembabkan dan melembutkan kulit sehingga cocok digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi.

Berapa Kali dalam Sehari Menggunakan Minyak Telon? 

Moms, pernahkah bertanya, sebaiknya berapa kali dalam sehari bisa menggunakan minyak telon pada kulit anak? Aman nggak ya kalau dipakai sering-sering?

Beberapa produk minyak telon dengan atau tanpa kombinasi minyak alami tambahan umumnya aman digunakan untuk si kecil. Meski begitu, kita juga perlu ingat bahwa minyak telon tergolong dalam bahan iritan, sehingga pemakaian berlebih dapat menimbulkan iritasi atau ruam pada kulit bayi.

Terkait volume pemakaiannya sendiri, sebetulnya tidak ada batasan, tergantung pada kebutuhan anak saja. Sebenarnya kapanpun kita gunakan minyak telon untuk penghangat tubuh anak dan perlindungan dari gigitan nyamuk itu bebas-bebas saja. Sebab, minyak telon rata-rata mengandung bahan alami yang aman untuk kulit anak

Cara Menggunakan Minyak Telon

Maka sebelum mengoleskan minyak telon ke kulit, baca dulu label kemasannya. Biasanya pada label kemasan tertera kandungan, tata cara penggunaan, dan juga tanggal kadaluarsa. 

Karena menggunakan minyak telon yang sudah kadaluarsa dapat meningkatkan risiko terjadinya reaksi alergi. Bisa jadi, efektivitas dan manfaat dari minyak telon yang sudah kedaluwarsa juga menurun.

Setelah itu, coba oleskan minyak telon pada bagian kaki dan lengan, sedikit saja ke kulit si kecil. Jika dalam waktu 24 jam setelah minyak telon dioleskan, kulit bayi terlihat mengalami kemerahan atau peradangan, hentikan penggunaannya. 

Kemungkinan bisa terjadi karena bayi alergi terhadap kandungan yang terdapat pada minyak telon tersebut. Namun jika tidak ada reaksi seperti yang disebutkan, silahkan lanjutkan pemakaian. 

Produk Telon Lang
Gambar minyak telon lang

Review Minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus

Kini saatnya review minyak telon lang dan telon lang plus. Kami sekeluarga termasuk yang menyukai penggunaan minyak untuk menghangatkan tubuh. Kebetulan rumah kami juga berdekatan dengan kebun bambu yang notabene banyak nyamuk. 

Maka menggunakan minyak telon setiap hari adalah kewajiban, agar anak-anak terhindar dari gigitan nyamuk saat bermain kotor-kotoran di kebun. Penting nih bagi para Fearless Mom, jangan asal pilih yang sekadar wanginya enak. 

Tapi pilih juga yang aromanya natural, aman, dan telah teruji melindungi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam. 

Apalagi kondisi cuaca di kota Malang yang setiap hari hujan dan cuaca dingin, sehingga menggunakan minyak telon dapat menimbulkan sensasi hangat. Juga sebagai cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Cara pemakaian minyak telon, yaitu: 

Balurkan Telon Lang untuk bayi secukupnya secara merata pada bagian punggung, perut, dada, pinggang, lengan serta kaki setelah mandi atau pada saat dibutuhkan. 

Beberapa hari lalu Adik Kay merasa tubuhnya lelah karena bermain seharian, Alhamdulillah dengan minyak telon ini bisa sedikit mengurangi nyeri yang dirasakannya dan tidur lebih nyaman. 

Kemasan minyak telon ini cenderung jernih kehijauan. Botolnya terbuat dari plastik dengan tutup flip sehingga memudahkan dalam penggunaan dan tidak mudah tumpah. Aman jika dibawa bepergian. 

Berapa Harganya?

Minyak telon ini sudah terdapat logo halal MUI dan termasuk obat luar dengan nomor POM TR 082 679 881 untuk Telon Lang dan POM TR 132 670 861 untuk Telon Lang Plus. 

Ukuran minyak telon lang tersedia dalam 15 ml, 30 ml, 60 ml, 100 ml dan 150 ml. Harga minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus ukuran 150 ml kisaran Rp 36.000, 100 ml Rp 28.000, 60 ml Rp 18.000, 30 ml Rp 12.800 dan 15 ml Rp 6.475.

Dengan berbagai manfaat dan kegunaan minyak Cap Lang yang sudah terbukti, pastikan selalu tersedia di rumah ya. Agar proses stimulasi anak sejak dini lebih lancar. 

Tips agar anak percaya diri, “Ibu bahagia anak bahagia.” 

“Buat anak kok coba-coba!”

 

38 thoughts on “Manfaat Minyak Telon Lang Bantu Stimulasi Anak Sejak Dini”

    • Aku selalu sedia minyak ini di rumah mbak. Dari kecil aku dah dipakein ini ama emak. Sekarang nurun. Aku pakein ini untuk anak2

      Reply
  1. Kayaknya dah lama banget nih telon merk Lang ini. Inget banget logo burung merahnya. Hehe…
    Angetnya pas kalau buat bayi, wanginya khas bau bayi. Eh gimana…
    Sampai anaknya gede, juga masih nyimpen Telon Lang

    Reply
  2. Rumah yang ada bau minyak telonnya itu pertanda kalau di rumah itu ada bayi atau balita. Sayangnya sudah lama balitaku nggak pakai telon-telonan, jadi kangen punya bayi.. eeeh.

    Tapi memang mijet bayi paling enak pakai telon, apalagi telon lang yang sudah terpercaya sejak sekian tahun.

    Reply
  3. Minyak telon memang sakah satu kebutuhan utama bayi ya mbak
    Tidak hanya sebagai perawatan saat habis mandi saja
    tapi juga bisa menjadi teman untuk memijat bayi, biar stimulasinya semakin terasah

    Reply
  4. Semenjak punya anak, minyak telon selalu ada di rumah dan dibawa ke mana-mana. Selain praktis juga mudah banget untuk menghangatkan badan.

    Minyak Telon Lang ini cocok buat pilihan keluarga kita.

    Reply
  5. minyak telonemang pilihan sejak lampau untuk anak supaya selalu hangat dan nyaman terutama sehabis mandi, jadi sahabat ibu dan anak banget sih

    Reply
  6. Serius baru ngeh kalau minyak telon itu namanya diambil dari gabungan tiga macam minyak. Memang sih minyak telong itu andalan buibu sejak dulu, bayi dan anak jadi aman, kulitnya ga digigit nyamuk. Lebih hangat dibanding minyak kayu putih ya, so ga ada alasan melarang anak buat beraktivitas di luar karena takut nyamuk. Apalagi telon Lang karena Cap Lang ya favorit kita semua, merek terkenal yang jadi kebanggaan keluarga Indonesia. Di rumah kami juga pakai Cap Lang.

    Reply
  7. Jadi inget, dulu waktu anak-anak masih pada kecil suka pakaikan mereka minyak telon sesudah mandi. Selain karena minyak telon itu wanginya enak dan khas bau bayi banget, minyak telon juga ramah di kantong untuk ibu-ibu seperti saya yang suka ngirit ini pokoknya minyak telon, the best!

    Reply
  8. Anak saya sudah berusia 6 tahun, tapi masih suka dengan minyak telon Lang yang harum, hangat dan membantu menghindari dari gigitan nyamuk

    Reply
  9. ternyata banyak manfaatnya ya mba, pijat untuk anak dan bayiii.. Berarti orangtua yang punya balita emang mesti punya minyak telon lang ini yang pas buat pijet pijet si kecil yaaa

    Reply
  10. Anak saya usia 10 tahun kadang masih suka pakai minyak telon nih. Jadi di rumah selalu sedia minyak telon. Mungkin karena beda dengan minyak kayu putih yang terasa lebih panas ya. Tapi saya juga baru tahu kalau di minyak telon ini terbuat dari minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak adas.

    Reply
  11. Dari adek 4 sampek ke 6, ibuku selalu pake telon lang kak.

    Apalagi sekarang reknologi mkin canggih. Telon lang punya kandungan anti nyamuk juga.

    Makin cinta deh ^^

    Reply
  12. Berhubung masih punya balita, aku selalu sedia juga minyak telon buat perawatan tubuh sehari-hari si kecil.
    Minyak telon Lang sih udah legendaris

    Reply
  13. Setuju banget kak Nicken, emang banyak banget khasiat memijat balita. Julio juga udah aku jadwalin at least 2 hari sekali aku pijat sehabis mandi biar badan nggak gampang capek dan sakit. Apalagi pake minyak telon Lang, makin hangat dan baunya enak ya

    Reply
  14. Wah aku paling demen wangi minyak telon lang. Wangi khas bayinya luar biasa menenangkan dan enak banget. Ini kayanya dah dipake dari generasi ke generasi ya kak Niken.

    Reply
  15. Aku juga selalu siap sedia minyak Telon Lang dan telon Lang Plus buat jaga2. Praktis juga botol plastik dan tutupnya kencang ya jadi ga khawatir tumpah. ABis sepedaan dan mandi, anak2ku pakai minyak telon ini untuk menghangatkan badan dan menghindari gigitan nyamuk.

    Reply
  16. Kupikir awalnya ngga bakal suka wanginya tapi ternyata enak wanginya. Aku paling suka yang Telon Lang Plus karena ada chamomile nya. Kemasannya juga handy.

    Reply
  17. Sejak bayi masih saya suka sekali mengoleskan minyak telon lang ke anak saya, hangatnya pas dan bisa untuk pijat bayi, jadinya anteng saat dia tidur 🙂

    Reply
  18. Saya juga sedia telon lang plus buat anak kedua yg masih 4 tahun, biar pas main saya juga tenang karena anak aman dari gigitan nyamuk.

    Reply
  19. Saya juga sedia telon lang plus buat anak kedua yg masih 4 tahun, biar pas main saya juga tenang karena anak aman dari gigitan nyamuk. Kebetulan sekarang juga lagi nunggu debay loncing, jadi sedia telon lang juga. Hehe.

    Reply
  20. Aku suka banget wangi telonlang ini kalau pas diusapkan ke anak-anak sehabis mandi mbak… Aromanya sever menyenangkan ya mbak bikin hangat juga di badan

    Reply
  21. Mungkin sudah kebiasaan dari bayi kali ya, anak ku juga sebelum tidur selalu minta digosokkin telon ini, terutama di area perut, dada, dan punggung. Karena itu sih kami jadi selalu sedia minyak telon dari Cap Lang ini.

    Reply
  22. Jadi sebelum tidur bisa olesing minyak telon dulu biar gak digigit nyamuk dedeknya. Daripada pakai lotion nyamuk yang belum tentu aman ya mbak.. ^^

    Reply

Leave a Comment