Serunya Keluarga Jempolan Bloggercrony di Acara Bloggerdar 2021

Serunya Acara Keluarga Jempolan Bloggercrony – Setiap manusia tentu memiliki tujuan, baik skala besar, tahunan, bulanan, bahkan tujuan yang akan dicapai pada hari tertentu. Pandemi ini harus kita akui, berhasil mengacak-acak rencana kami untuk mencapai tujuan.

Bisnis kuliner dan laundry yang pada masa awa pandemi akhirnya terpaksa kami tutup. Membuat kami harus mencari ide untuk mendapatkan penghasilan lainnya. Mau tidak mau, kita dipaksa untuk mengubah rute perjalanan hidup? Kita harus melakukan perubahan sehingga kita terus bergerak.

Sudah setahun kita hidup berdampingan dengan pandemi, tetapi sampai sekarang jumlah konfirmasi pasien positif belum menunjukkan penurunan. Hingga Sabtu pada 20 Maret 2020, angka yang dikonfirmasi terpapar Covid-19 dengan 1.455.788 kasus. Semua telah merasa lelah dengan kondisi ini. 

Seperti seorang prajurit di tengah medan perang, kita diserang dari segala arah. Baik secara fisik, psikologis, juga secara finansial. Tidak sedikit dari kita, kerabat, teman, dan keluarga di sekitar mulai kehilangan karena pandemi.

Baik  itu kehilangan mata pencaharian, kehilangan kesempatan belajar, dan kehilangan anggota keluarga.

Berdamai Dengan Pandemi

Kondisi diatas tentu memberikan dampak mengubah kebiasaan harian kita. Seperti mengenakan masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dalam air yang mengalir. Membuat kita lebih banyak memperhatikan kebersihan. Sambil menjaga jarak, menjauh dari kerumunan, dan membatasi mobilitas juga interaksi.

Membuat kita harus terbiasa dengan pekerjaan dari rumah, pembelajaran jarak jauh (PJJ), demi membatasi kegiatan berkumpul yang melibatkan banyak orang. Dari tatap muka offline menjadi tatap muka virtual online.

Keluarga Jempolan
BCC Squad Keluarga Jempolan

Keluarga Jempolan Bloggercrony

Eh kamu sudah tahu belum tentang komunitas Bloggercrony? Ini merupakan komunitas blogger Indonesia dengan multiplatform, yang berbasis di Jakarta. Lahir sebagai wadah untuk memfasilitasi blogger dan content creator yang bernama BCC Squad. Tentu dengan maksud untuk mengembangkan kualitas diri dan jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh. Sehingga mampu berdaya secara moral dan material.

Selama pandemi Komunitas keren ini selalu memfasilitasi para content creator untuk mendapatkan informasi bagaimana menghadapi tantangan di masa pandemi dan new normal melalui WhatsApp Group, Facebook Group, dan Facebook Fans Page Official Bloggercrony Community. Komunitas Bloggercrony Indonesia sangat aktif mendukung para BCC Squad yang memiliki usaha, biasanya disebut Bloggerpreneur.

Dan di tahun 2021 ini Komunitas Bloggercrony Indonesia sudah menginjak usia enam tahun, dan BCC sebutan untuk komunitas ini, merayakannya dalam acara yang bernama BloggerDay 2021. Pada masa pandemi seperti ini, BCC mengubah BloggerDay menjadi aktivitas online yang sebelumnya dilakukan secara offline

BloggerDay Bloggercrony

Menariknya, ketika pembukaan acara, Kak Satto memberi penjelasan tentang alasan mengangkat tema Keluarga Jempolan. Alasan utamanya karena dengan pandemi ini, menjadikan keluarga kita akhirnya sering berkumpul di rumah. Kebetulan pas banget dengan simbol angka 6, sesuai usia BCC tahun ini. 

Yang bikin saya terharu adalah ketika Kak Satto menyinggung bahwa tahun lalu, keluarga BCC kehilangan salah satu pengurus terbaik yakni Kak Anjar. Saya belum pernah bertemu dengan beliau secara langsung, tetapi, saya kerap bertemu melalui karya vector di halaman Instagram Bloggercrony pada program #MostWantedFriday.

Blogging, Networking, Empowering

Komitmen BCC untuk terus empowering atau memberdayakan anggota-anggotanya. Komitmen ini turun melalui banyak hal. Bisa melalui kampanye jika BCC ada kerjasama dengan pemerintah atau brand tertentu, melalui bloggerpreneur yang telah saya sebutkan diatas tadi, dan melalui acara bernama BloggerCare.

https://vt.tiktok.com/ZSJY61ADm/

BloggerCare

BloggerCare merupakan program aksi nyata BCC Squad sebagai agent of change. Salah satu agendanya adalah penggalangan dana. Sepengethuan Kak Niken, BCC selalu tanggap dan sigap ketika ada bencana datang. Tidak jarang juga mereka akan turun tangan langsung jika memang memungkinkan. Contohnya, ketika banjir di Jakarta kemarin, BCC ikut membagikan kepada para korban banjir. 

BloggerDay 2021 kali ini, BCC kembali menggalang dana untuk keperluan sesama blogger yang membutuhkan. Baru satu jam setelah nomor rekening dan dompet digital diumumkan, sudah terkumpul sekitar 3 juta. 

Ketika mengumumkan kabar ini, Mbak Wawa sambai mbrebes mili atau meneteskan air mata. Haru, tentu saja. Hati saya juga trenyuh. Kak Niken secara pribadi baru nyemplung di BCC ini dan merasa solidaritas serta empati BCC Squad begitu tinggi. Di akhir acara, ternyata dana telah terhimpun bisa mencapai lebih dari 5 juta. 

Jalan-jalan Virtual Ke Amerika

Namanya pesta ulang tahun tentu akan banyak sekali hidangan lezat bukan? Nah pada perayaan ulang tahun Bloggercrony ke-6 ini tentu juga disajikan aneka hidangan lezat menggugah selera. Sebagai hidangan pembuka ada Virtual Family Trip bersama Idfi Pancani atau yang biasa disapa Kang Idfi.

Jalan-jalan virtual saat ini sering sekali kita jumpai memang akhirnya menajdi sangat menarik pada masa pandemi. Virtual travelling akhirnya jadi satu komoditas untuk diunggah di laman media sosial. Adik Kay, anak kedua Kak Niken sangat menikmati keseruan Virtual Family Trip ini. Kali ini kita akan menjelajah negara Amerika Serikat yang ternyata bikin Keluarga Jempolan amaze dengan keseruannya. 

Virtual family trip BCC Squad
Virtual family trip BCC Squad

Senja Kala Content Creator

Ada lima poin utama yang aku tangkap dari webinar ‘Senja Kala’ Content Creator bersama Kang Maman dan Syafiq Pontoh :

  • Memiliki etika dalam menulis

Etika dalam menulis, menjadi hal yang pertama disorot. Sebagai seorang content creator harus menghargai sebuah hak cipta. Tak boleh ‘asal comot’ dan mempublikasikannya kembali tanpa meminta izin lebih dahulu. 

  • Berpikir kritis bahwa semua memiliki resiko

Semua Hasil karya yang kita lahirkan, sebaiknya mampu memberikan efek yang positif. Tidak sekadar bisa menjadi viral lalu mengesampingkan efek yang ditimbulkan kemudian hari.

  • Perkuat literasi

Seorang content creator harus menguasai literasi, mulai literasi baca tulis, numerasi, digital, budaya, sains, hingga literasi finansial. Ini bertujuan agar content creator dapat mengakses, memahami, dan menggunakan informasi dengan bijak. Sehingga banyak yang semakin tertarik dan traffik pada konten kita pun semakin bertumbuh. 

  • Gali dan kembangkan potensi yang kita miliki

Kamu seorang content creator? Tentu harus memiliki keahlian khusus agar dicari oleh banyak orang. Hal itu lebih baik daripada kita berusaha menguasai semua bidang dan menjadi tidak spesialis di satu bidang. Diharapkan kita dapat menggali terus keahlian untuk menjadi seorang spesialis yang unggul. Sehingga bisa memiliki nilai lebih untuk diri dan dibayar lebih juga tentunya. 

  • Jangan takut berkolaborasi

Saat pandemi menjadi saat yang tepat untuk berkolaborasi. Dengan berkolaborasi tentu akan menghasilkan karya yang lebih baik dan tidak tergerus oleh zaman.

Bloggerday 2021
Terimakasih untuk Bloggerday 2021

Keluarga Jempolan, Harta Yang Paling Berharga 

“Jika kita ikhlas dalam berupaya untuk kebahagian hidup keluarga. Tuhan akan memudahkan dan menunjukan jalan”

Lihat wajah-wajah sumringah dan bahagia di layar zoom sangat menyenangkan sekali. Banyak anak-anak yang turut serta memeriahkan acara Bloggerday 2021 ini. Mereka sambil bertanya, bercerita dan tertawa ketika sesi jalan-jalan. Ini jadi pemantik semangat kami para orangtua yang berprofesi sebagai blogger atau content creator. 

Selain kedua materi diatas, yang paling ditunggu adalah doorprize. Setiap sesi pastinya bertebaran doorprize menarik persembahan Bloggerpreneur. Sudah pasti seru dan menghebohkan. 

Sesi terakhir dari rangkaian virtual meeting kali ini ada kak Ifa H. Misbach (Psikologi Klinis) yang membahas mengenai  “Pembelajaran Jarak Jauh” dan kak Kania Safitri (Mom Influencer).  

Sesi PJJ ini tentu membahas mengenai kesulitan yang dihadapi hampir sebagian orang tua dan anak-anaknya dalam pembelajaran jarak jauh. kesulitan inipun dialami oleh para guru..

Selama ini kita sudah sering mendengar keluhan para orang tua selama PJJ, termasuk Kak Niken sendiri sebagai ibu rumah tangga. Mulai dari anak yang lebih suka bermain, susahnya menjelaskan materi pelajaran ke anak, boros kuota. Terkadang juga mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara mendamping anak PJJ dengan melakukan pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya. 

Jika sudah demikian, para orang tua kerap menyalahkan guru, padahal guru pun memiliki tantangannya sendiri selama PJJ, misalnya:

  • Tidak semua guru punya waktu leluasa untuk mengajar secara online dari rumah. Ada keluarga yang perlu diperhatikan juga. 
  • Terkait dengan kuota internet. Karena tidak semua guru dapat mengajar murid-muridnya secara instan.

Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara orang tua dan sekolah terutama guru untuk menyukseskan PJJ selama pandemi.

Acara BloggerDay 2021 ini dapat berlangsung meriah dan full doorprize karena di dukung oleh KITATAMA EVENT @kitatama.id dan BLOGGERPRENUER : @duorajistore @katalensaku.photoworks @ebigsoo_fashion_ @anesacooking @geraiaksesoris2 @aykoprojects @makarame @resepdapurayah @dapursesukahati @hennahijab_collection @asiboostertea @sreehandmate @photo_coffee_

Semoga tahun depan Komunitas Bloggercrony Indonesia bisa menyelenggarakan acara BloggerDay secara offline, yang tentunya akan lebih seru dan menarik lagi. Thanks BCC buat acara BloggerDay2021 ini. Sukses terus buat Keluarga Jempolan Bloggercrony.

 

.

17 thoughts on “Serunya Keluarga Jempolan Bloggercrony di Acara Bloggerdar 2021”

  1. Memang pandemi ini tidak bisa kita hindari ya, Mbak. Dan salah satu akibatnya membatasi ruang gerak kita yang tak bisa bertemu langsung dengan teman-teman blogger.
    Tapi syukurlah ada temu kangen online ya, Mbak. Jadi walau dibatasi jarak, tapi tetap bisa berbagi ilmu dan ceria.

    Reply
  2. Nyesel juga saya nggak bisa ikutan acara seru ini, soalnya mau gimana lagi, waktunya bentrok sama jadwal kerja. Semoga tahun depan masih ada kesempatan ini, dan benar-benar bisa jalan-jalan nyata, bukan hanya virtual saja, hehehehe…

    Saya sih belum pernah ngeuh dengan Kak Anjar. Tapi pasti karyanya akan selalu dikenang kita semua, terutama kawan-kawan, kerabat dan keluarganya….

    Nice post Kak

    Reply
  3. Luar biasa rasa kekeluargaan dan bonding diantara blogger benar2 jempol. Smoga tahun depan bisa merayakan lebih meriah. Sukses selalu

    Reply
  4. Wah seru sekaliiii, jadi rindu euy kumpul2 acara blogger. Pastinya lebih seru lagi kalo kegiatannya offline yaa, bisa ketemu2 live seru2annya klo ada doorprize dan quiz.

    Btwe keren sih acaranya ini, bisa jalan2 virtual sambil nambah pengetahuan baru.

    Reply
  5. Aku ketinggalan kemarin Harusnya ikut yang family trip huhuuu…tapi makasih kak tulisanmu kasih aku gambaran keseruannya. Dan pastinya bermanfaat banget acara-acaranya Blogger Crony. Moga deh next time bisa ikutan secara lengkap

    Reply
  6. Luar biasa ya mba, begitu solid dalam suatu komunitas, bukan sekedar berkumpul saja tetapi dapat menghasilkan manfaat satu sama lain.

    Reply
  7. Nggak cuma kumpul bareng secara online, banyak ilmu dan manfaat lainnya yg bisa diperoleh dari acara BloggerDay ini yg bisa membuat kita semakin tahu dan bijak ke depannya

    Reply
  8. Seru banget ya kaliaan.

    Aku kemarin pengen ikutan tp gak jd.. Wkwk. Sukses terus ya blogger crony. Smg sll tpp eksis n keren

    Reply
  9. Daku baru 2 kali ikutan bloggerday, 2018 pas offline, dan kemarin 2021 secara virtual. Banyak insight ya yang didapatkan dari acara 7 jam lebih itu, seruuu

    Reply
  10. Semoga semakin solid keluarga bloggercrony. Karena ini adalah rumah yang sangat baik menurutku. Betah banget berada didalamnya. Berharap banget pandemi ini berakhir dan beraktifitas di luar senyaman dulu.

    Reply
  11. Aku juga ikutan nih BloggerDay kemarin, Kak. Memang heboh dan banyak manfaatnya. Jadi optimistis melalui pandemi, seolah-olah kita semua keluarga besar ya, keluarga jempolan yang saling menyemangati walau berjarak jauh. Hadiahnya banyak, ilmunya daging banget hehe. Berpikir kritis juga yang aku ajarkan ke anak-anak. Ga sabar nunggu BloggerDay tahun depan, semoga sudah ga ada pandemi.

    Reply
  12. Jadi kepengen gabung ke bloggercrony nih kak. Rasanya solidaritasnya bagus banget ya.
    Btw seru amat acara jalan-jalan virtual ke Amerikanya. Ke gedung putih, niagara sampe ke Disney..
    Mantappp bloggercrony..

    Reply
  13. Duh happy banget sih mempunya komunitas dan sudah mnjadi keluarga , sukses selalu kak dan thank you sharing nya bermanfaat sekali

    Reply
  14. Seru banget kak acaranya kemarin. Nyesel banget lho aku batu tau pendaftaran acara Bloggercrony pas H-3 dan udah tutup dong. Semoga next time aku bisa join bloggercrony dan acara2nyanya

    Reply

Leave a Comment