Kenali Penyebab Penyakit Batu Ginjal yang Sering Diabaikan

Penyebab penyakit batu ginjal ini ternyata sering tidak Anda sadari. Tahukah kalian mengenai batu ginjal?

Penyakit batu ginjal merupakan penyakit dimana disini materi padat dan juga keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Materi tersebut berasal dari mineral dan juga garam. Masalah kesehatan ini muncul di saluran urine. Mulai dari ginjal, ureter yang disini termasuk saluran kemih bertugas membawa urine dari ginjal menuju ke kandung kemih, hingga uretra atau saluran kemih yang bertugas dalam membawa urine keluar tubuh.

Batu ginjal itu sendiri muncul oleh karena limbah yang terdapat di dalam darah dan limbah tersebut membentuk kristal hingga akhirnya menumpuk di bagian organ ginjal. Zat kimia yang dapat membentuk dan menyumbat saluran ginjal tersebut yaitu asam oksalat dan juga kalsium. Makin lama kedua zat tersebut akan semakin keras, sehingga akhirnya menyerupai seperti batu.

Apa Penyebab dari Penyakit Batu Ginjal?

Batu ginjal merupakan penyakit yang mana disini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti contohnya kelebihan berat badan, kurangnya asupan cairan tubuh, maupun dampak dari kegiatan operasi yang dilakukan terhadap organ pencernaan. Endapan batu yang terdapat di dalam organ ginjal tersebut dapat terjadi oleh karena berbagai macam kondisi medis dan juga makanan.

Batu ginjal tidak selalu menetap di ginjal saja, melainkan batu tersebut bisa berpindah tempat. Ketika ukuran dari batu ginjal tersebut cukup besar, maka proses perpindahan akan cukup sulit. Hal itulah yang pada akhirnya menyebabkan terjadi iritasi di saluran kencing. Jika kondisi ini diketahui dan ditangani sejak awal, maka resiko rusaknya fungsi ginjal secara permanen bisa dihindari.

Mayoritas penyakit batu ginjal tersebut terjadi terhadap orang-orang yang memiliki rentang usia 30 hingga 50 tahun. Sebanyak 10% wanita dan 15% pria diperkirakan mengidap masalah kesehatan tersebut selama masa hidupnya.

Terdapat berbagai macam faktor resiko yang mampu meningkatkan resiko hingga akhirnya seseorang mengalami batu ginjal. Diantaranya yaitu:

Dehidrasi

Tidak terpenuhinya cairan harian pada tubuh akan meningkatkan resiko seseorang mengidap penyakit ini. Mereka yang tinggal di daerah dengan iklim hangat dan kering serta lebih banyak mengeluarkan keringat dapat beresiko mengalami masalah kesehatan tersebut.

Riwayat Kesehatan Keluarga

Jika seseorang di dalam keluarga pernah mengidap batu ginjal, maka di sini ada kemungkinan besar keturunannya pun akan terkena masalah kesehatan tersebut.

Obesitas

Resiko terjadinya penyakit batu ginjal juga bisa diakibatkan oleh seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau sering disebut juga dengan istilah obesitas.

Baca juga : Bahaya Asam Lambung Jika Tidak Segera Ditangani

Menjalani Diet

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam, protein dan natrium atau garam yang tinggi, dapat memicu terjadinya beberapa jenis penyakit batu ginjal. Kondisi tersebut lebih rentan terjadi pada orang-orang yang di sini menjalani diet dengan tinggi natrium. Hal itu dikarenakan konsumsi garam yang berlebih akan menyebabkan jumlah kalsium yang disaring oleh organ ginjal makin meningkat, sehingga resiko terjadinya batu ginjal pun juga akan mengalami peningkatan.

Selain faktor risiko yang telah disebutkan di atas, terdapat juga berbagai macam kondisi medis lain yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami batu ginjal. Bahkan konsumsi obat dan suplemen tertentu juga akan meningkatkan risiko penyakit ginjal tersebut. Vitamin C, suplemen makanan, antasida dengan basis kalsium, obat yang digunakan untuk mengatasi depresi serta obat pencahar yang dikonsumsi dengan berlebih.

Saat batu ginjal di sini masih berukuran kecil gejala tersebut muncul tidak terlalu karena batu dapat keluar dari tubuh melalui saluran ureter secara alami. Tetapi jika batu telah mulai berukuran besar dibandingkan dengan diameter saluran, gejala baru akan mulai terasa. Gejala tersebut seperti contohnya sakit ketika buang air kecil, muncul rasa mual, nyeri di bagian perut samping dan bawah, jumlah urine yang keluar sangat sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Anda bisa membaca testimoni Mosehat untuk sembuh dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment