Lifestyle Parenting and Traveling

Keseruan BloggerDay 2022: Scale Up Your Skill

Keseruan BloggerDay 2022
Keseruan BloggerDay 2022

Keseruan BloggerDay 2022 bikin Kak Niken merasa sedih ingin menangis. Kenapa? 

Teringat kejadian pada pertengahan 2019 lalu, saat kami terpaksa pindah domisili. Dari kota besar ke pedesaan. Dari yang dulunya pekerja dan banyak sekali kegiatan, menjadi dirumah saja. 

Enam bulan pertama di kota yang baru, kami tidak memiliki teman. Sata itu merasa, tak ada pekerjaan yang bisa kami lakukan. Sedih rasanya. Bahkan beberapa kali sering menangis, ingin kembali ke Jakarta saja. 

Satu hal yang bisa dilakukan yaitu berselancar di internet atau media sosial untuk mencari teman-teman yang “sealiran”. Pertama kali terbesit dalam pikiran yaitu mencari komunitas penulisan. 

Yah… walau Kak Niken belum pandai menulis dengan kaidah yang baik dan benar. Punya blog juga mati suri. Tapi saat itu, rasanya “penulisan” tempat Kak Niken untuk kembali mengasah kemampuan.

Oktober 2019, memberanikan diri untuk ikut meliput restoran BBQ ala Korea di Malang. Itulah pertama kalinya ketemu teman-teman Blogger Malang. Merasa kemampuan menulis dan bertemu banyak orang masih sangat minim, ternyata perlu #scaleupyourskill dengan cara menggali ilmu lagi dan lagi.  

Ketemulah dengan Komunitas Bloggercrony melalui Facebook. Setelah itu auto kepoin instagramnya. Pas banget ada informasi untuk pendaftaran member baru Bloggercrony. Alhamdulillah berhasil join. Perlahan-lahan mulai berkenalan dengan teman-teman blogger dan mempelajari dunia blog. Tahun lalu juga sempat ikutan Keluarga Jempolan Bloggercrony. Alhamdulillah. 

Bloggercrony Community

Komunitas Bloggercrony Indonesia atau yang lebih sering dikenal dengan nama BCC berdiri pada 24 Februari 2014. Komunitas ini digawangi oleh Wardah Fajri sebagai Founder dan Satto Raji sebagai co-Founder sekaligus Ketua Bloggercrony. Menariknya, Bloggercrony Community ini sudah terdaftar di Kemenkumham sejak tahun 2018. 

Memperhatikan beberapa komunitas penulisan, Bloggercrony merupakan salah satu komunitas yang sudah sangat terstruktur dan rapi. Bukan hanya dari susunan kepengurusannya saja. Tapi juga dari kegiatan serta community management value yang diusung. Dengan tagline Blogging – Networking – Empowering, Bloggercrony semakin mampu menunjukkan jati dirinya di kancah komunitas penulis blog. 

Menghadiri perhelatan 7 tahun Bloggercrony di acara BloggerDay 2022 ini sangat menarik. Acara yang digelar offline diikuti oleh 100 blogger terpilih dan juga blogger undangan umum. Pada #7thBloggercrony kali ini mengambil tema #ScaleUpYourSkill. Webinar maraton kali ini digelar selama kurang lebih 5 jam, mulai dari pukul 11.00 – 16.00 WIB. 

Scale up your skill BCC
Scale up your skill BCC

Program Bloggercrony

Dibalik sangat rapi dan terstrukturnya komunitas Bloggercrony, ada program-program yang mendukung, diantaranya:  

1. Blogger Hangout

Program untuk para blogger agar mereka terus belajar dan meningkatkan skill atau wawasan yang berhubungan dengan dunia blogging. Menurut Wardah Fajri, sebelum pandemi melanda program Blogger Hangout biasanya dilaksanakan rutin secara offline dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya.  

Sejak pandemi, Blogger Hangout vakum sejenak dan mengalihkan programnya ke Bloggerpreneur. 

2. Bloggerpreneur

Program ini sebagai bentuk dukungan BCC bagi para blogger yang memiliki usaha. Berupa dukungan program pelatihan dan kesempatan promosi pada event yang diselenggarakan oleh BCC. Ada juga program tambahan modal sebesar Rp 500.000,- yang diberikan secara bergilir pada bloggerpreneur terpilih. 

3. Blogger Care

Bagi member yang terkena musibah, akan ada program donasi yang diadakan oleh BCC. Setiap member BCC dipersilahkan untuk berpartisipasi pada program Blogger Care. Donasi dilakukan dengan transfer dana melalui rekening BCA 2181649773 atas nama Siti Khoirunnisa. Bisa juga kok kalau mau merekomendasikan member lainnya yang berhak memperoleh donasi dari Blogger Care. 

4. Blogger View

Blogger view merupakan kerja sama baik itu berbayar atau barter dari pihak ketiga. Biasanya karena pihak ketiga menginginkan acara/event/produknya dipromosikan oleh BCC Squad.  Akan ada BCC Squad yang dipilih sesuai dengan kriteria atau seleksi lainnya. 

Dengan berbagai program unggulan tersebut, maka para pengurus dan panitia #7thBloggercrony menghadirkan webinar dengan tema #ScaleUpYourSkill.

Bloggercrony Community 2022
Bloggercrony Community 2022

Webinar Scale Up Your Skill

Beruntung banget deh pokoknya bisa ikutankeseruan BloggerDay 2022 kali ini, karena ada tiga topik utama yang dibahas, diantaranya: 

  • Dunia Digital: Metaverse & Kejahatan Berbahasa

Dengan narasumber Anwari Natari (Editor dan Dosen Bahasa Indonesia) dan Tuhu Nugraha (Digital Business Consultant & Trainer). Pembahasan tentang Metaverse ini sebenarnya sangat menarik. Karena pada dasarnya Metaverse akan membuat aktivitas yang kita lakukan secara digital tampak seperti nyata. Tentunya akan ada resiko maka kita diminta bisa lebih berhati-hati dan lebih bijak memanfaatkannya.

  • Blogging : Organik VS Monetisasi. 

Narasumber Matahari Timoer (Blogger & content Creator) dan Joe Chandra (Blogger & CEO of Seven Creative Media). Pembahasan kali ini cukup menarik, antara kebutuhan rumah tangga dan idealisme. Tapi tetap ya, kita harus memiliki blogger habit yang baik. Tak melulu mengejar DA, PA, DR dan lainnya, tapi lebih pada menulis dengan hati sehingga orang lain senang membaca tulisan kita.  Kalaupun ada ilmu SEO dan penghasilan, tentu diharapkan tetap bisa membuat kita mampu scale up our skill. 

  • Bisa Yuk! Gali Potensi Terbaikmu. 

Narasumber Tsurayya Syarif Zain,  S.Pd.I, S. Psi. M.A. Para peserta diajak untuk dapat mengenal potensi minat dan bakat yang ada dalam diri masing-masing. Agar mampu mengembangkan potensi dan memiliki growth mindset untuk terus bertumbuh menjadi lebih baik.

Surprise Gifts di Keseruan BloggerDay 2022

Namanya juga Bloggercrony Community, event yang diselenggarakan nggak lengkap tanpa ada banyak hadiah. Seluruh peserta 100 orang yang terpilih, semuanya kebagian hadiah lho. Belum lagi gift dari lomba-lomba melalui instagram dan lainnya. Ada hadiah untuk: best IG Feed, Arisan Crony, Games berhadiah kaos Bloggercrony, Quiz Kahoot, Best IG Story, Wheel Lucky Draw, dan lainny.a 

Tentunya semua surprise gift itu nggak terlepas dari adanya dukungan para sponsor seperti: Cera Production, Aston Simatupang, Mangrovejakarta.id, Idcloudhost, Katalensaku.photoworks, Alagyoza.id, Digiefood.id, Nyipedesouvenir, dan Lalunakitchen.co. 

Souvenir kantor dari Cera Porduction
Souvenir kantor dari Cera Porduction

Cera Production

Cera Production merupakan salah satu sponsor keseruan BloggerDay 2022. Cera Production adalah perusahaan yang bergerak di bidang production service yang menyediakan aneka produk berupa premium gift set,  seragam kerja, souvenir maupun kebutuhan cetak lainnya.  

Cera Production sudah berdiri selama kurang lebih 10 tahun dan dipercaya oleh lebih dari 350  perusahaan dan instansi. Eits, ternyata sudh ada di 13 kota di Indonesia lho. Cera Production kali ini memberikan dukungannya sebagai sponsor pendukung BloggerDay 2022. Keren banget sih emang souvenir dan kaos BCC Squad untuk selebrasi keseruan BloggerDay 2022. Butuh souvenir kantor maupun seminar kit kantor? Yuk cuzz hubungi saja Cera Production.

Itu dia keseruan BloggerDay 2022dari @bloggercrony yang bikin Kak Niken hilang sudah rasa sedihnya. Karena punya banyak teman dan bisa terus belajar untuk Scale up my Skill. Sampai jumpa pada keseruan BloggerDay di tahun selanjutnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *