Dukung UMKM Melalui Kilau Digital Permata Flobamora

Keindahan Nusa Tenggara Timur merupakan daya tarik yang bisa kita nikmati. Walau sejujurnya, Kak Niken belum pernah menginjakkan kaki di sana, baru mendengar dari cerita sebagian teman-teman saja. 

Pun jika kita melihat di berbagai referensi, ada banyak daya tarik alam yang begitu menarik dan indah. Apalagi lautan yang terkenal memiliki terumbu karang unik dan menawan. 

Di satu sisi kita juga bisa menikmati berbagai peninggalan sejarah dan budaya yang mampu menggambarkan kemajemukan etnis di Indonesia. NTT merupakan salah satu aset kekayaan alam dan kebudayaan di Indonesia yang mampu menunjang pariwisata. 

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki perpaduan iklim, tempat wisata, garis laut terpanjang ke-3 di dunia serta merupakan negara kepulauan yang besar dan tentu memiliki penduduk terbanyak di dunia. 

Salah satu Daya tarik Indonesia Terkenal yang wajib Anda kunjungi adalah Nusa Tenggara Timur (NTT). Anda sedang mencari sesuatu hal yang menakjubkan? Datang saja ke NTT ^.^ 

Namun masa pandemi ini bukan wisata yang menjadi ujung tombak ekonomi masyarakat wilayah timur Indonesia ini.

kilau digital permata flobamora
PIct by. kilau digital flobamora

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Kilau Digital Permata Flobamora merupakan tema yang di usung sebagai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Juni 2021. Eh udah tahu kan kepanjangan Flobamora? Flobamora merupakan kawasan kepulauan di Nusa Tenggara Timur, yang meliputi Flores, Sumba, Timor, dan Alor. 

Tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia dan berbagai kalangan untuk mengangkat permata ekonomi dan budaya NTT.  Salah satu caranya dengan transformasi digital. 

Hal itu termasuk di dalamnya yaitu bidang UMKM, pertanian, pariwisata, pendidikan, kesehatan. Diharapkan mereka bisa  bangkit, berkembang, berjaya di negeri, dan berkilau ke penjuru dunia.

Kegiatan itu diselenggarakan pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT. Dihadiri oleh para tamu undangan VVIP Ring 1-3 Republik Indonesia, baik secara online dan offline

Endi selaku Bupati Manggarai Barat mengatakan, bahwa ini merupakan era kebangkitan dan berharap kita semua bisa bangkit bersama dengan proses yang lebih digitalisasi. Hal itu bertepatan dengan Pemerintah Provinsi NTT meluncurkan aplikasi Go NTT sebagai marketplace bagi produk-produk lokal NTT.

Eh iya,ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lho. Pak Sandiaga Uno membuka sambutannya dengan dua buah pantun dan mampu membuat peserta merespon dengan gembira. 

Sandi juga mengaku kehabisan kopiah khas Manggarai Barat yang pernah di belinya, karena selalu ada orang yang memintanya saat ia pakai.

“Pak Bupati, saya kehabisan kopiah produk ekonomi kreatif Manggarai Barat, tiap kali saya pakai diminta orang. Tolong dikirim lagi 100 biji”

Acara Puncak Kilau Digital Flobamora
Website Kilau Digital Flobamora

Dukungan untuk Para Pelaku UMKM

Acara puncak Gernas BBI di buka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM mampu untuk lebih adaptif dan inovatif. Dengan menghasilkan produk yang sesuai selera dan kebutuhan pasar. Sedangkan untuk pemasarannya harus bisa dilakukan secara online.

Acara puncak Gernas BBI ditandai dengan kegiatan virtual expo dimana menampilkan produk-produk UMKM NTT.  Sehingga masyarakat bisa membeli secara online. Pameran ini menghadirkan lebih dari 100 UMKM dan ada lebih dari 1000 produk lokal pilihan. 

Adanya virtual expo ini memungkinkan masyarakat dari berbgai belahan dunia untuk bisa membeli produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM NTT. Caranya dengan klik commerce. Selanjutnya pilih barang, isi alamat, jenis pengiriman dan metode pembayaran.

Dengan adanya Kilau Digital Permata Flobamora sebagai puncak acara Gernas BBI, mari kita lebih bangga terhadap produk UMKM dalam negeri. Salah satu bentuk dukungan kita adalah dengan menglarisi produk UMKM mereka.

Baca juga: Perempuan Mansiri Secara Finansial

acara puncak flobamora
Acara puncak flobamora

Platform Digital Flobamora

Padiumkm.id, UMKM Digital. Sebagai kompetensi nasional dan global tentu dibutuhkan kompetensi dan sistem UMKM yang mampu bersaing. Tentunya ini terbantu dengan peningkatan fitur-fitur Pasar Digital pada platform padiumkm.id

Agreeculture.id, Pertanian. Platform ini diperkaya oleh fitur kemitraan dan budidaya. Untuk kemitraan terjalin komunikasi dengan perusahaan pertanian, penjualan, dan permodalan. Sedangkan untuk fitur budidaya meningkatkan skill, informasi cuaca, harga pasar, literasi pertanian, perikanan, dan peternakan.

Pijarmahir.id, Pendidikan. Platform ini berfokus pada pelatihan bersertifikat serta mempertemukan para pencari kerja dengan dunia industri.

Logee.id, Logistik. Iindustri logistik. Sebagai upaya memperluas model bisnis dan operasional untuk menciptakan peluang besar. 

Wonderin.id, Perjalanan dan Pariwisata. Wisata juga bisa dikembangkan dengan produk digital. 

Baca juga: Sebentuk Seni

Cara Belanja di Kilau Digital Flobamora Virtual Expo 

Bisa kunjungi website kilaudigitalflobamora.id kemudian klik pada menu Pameran Virtual dan lakukan registrasi seperti biasanya. Masukkan nama, nomor ponsel, dan alamat email aktif ya. Setelah itu kita bisa pilih area expo yang ingin dikunjungi atau jelajahi.

Kalau sudah memilih barang dan ingin membeli, lakukan transaksi melalui dukungan QRIS dari Bank Indonesia. Bisa juga melalui OVO, Dana, Link AJA, ShopeePay, atau Gopay.

Leave a Comment