Konsep Green Living Untuk Rumah yang Sehat!

Apakah kamu pernah mendengar tentang konsep green living?  Mungkin beberapa dari Kamu pernah mendengar istilah ini melalui media sosial ataupun internet. Sehingga kamu pun mencari informasi mengenai green living itu sendiri.

Nah, dalam artikel ini kamu akan menemukan informasi mengenai green living secara pengertian dan juga penerapan yang bisa kamu lakukan dari green living. Untuk detail dan lengkapnya silahkan simak artikel ini sampai selesai ya.

Green living adalah konsep sustainable living yang berupa gaya hidup dengan tujuan yang ramah lingkungan dan berdampak lebih sehat untuk para pelakunya. Green living banyak sekali dikampanyekan oleh berbagai organisasi atau bahkan influencer karena pentingnya kita di zaman sekarang untuk menjaga lingkungan.

Dalam penerapan green living biasanya bisa digunakan di berbagai aspek. Tetapi pada artikel ini kita akan membahas tentang pada aspek rumah tangga secara membangun rumah.

Saat kita ingin membangun rumah  tentu kita ingin hunian yang kita tempati nyaman dan aman.  Sehingga perlu konsep green living dan ecohouse untuk menciptakan suasana yang lebih ramah lingkungan.

Bagaimana Menciptakan Konsep green living untuk Rumah?

Tapi bagaimana menciptakan rumah yang mampu memberikan dan menggunakan konsep kering di sini? Simak penjelasan berikut.

  1. Ciptakan Taman

Pertama, untuk menggunakan konsep green living adalah ciptakan taman di rumahmu.  kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman di lahan dekat rumahmu sebagai media untuk refreshing, sirkulasi dan menciptakan lingkungan asri. Dengan adanya taman kamu akan mendapatkan sirkulasi udara yang terbaik serta lingkungan yang lebih sejuk.

  1. Sirkulasi Udara Cara dan Pencahayaan yang Alami

Kedua, ciptakan sirkulasi udara yang baik dengan membuat jendela yang cukup untuk sirkulasi udara di rumah Kamu.  Kamy bisa memanfaatkan bukaan yang cukup besar yang terhalang dengan halaman atau rumah terbuka.

Sirkulasi udara sangat mempengaruhi konsep green living. Sehingga kamu perlu menerapkan dan memperhatikan pencahayaan alami yang akan kamu dapatkan khususnya di siang hari karena pencahayaan yang alami dapat menciptakan suasana rumah yang lebih baik dan lebih natural.

  1. Pemilihan Material

Selanjutnya, pemilihan material juga berpengaruh terhadap konsep green living. Kamu bisa memanfaatkan elemen seperti kayu, bambu, batu bata, atau batuan untuk menyusun bangunan modern kamu. Bukan hanya menerapkan konsep rumah ramah lingkungan, penggunaan material secara alami juga akan mempercantik tampilan rumah kamu.

  1. Daur Ulang

Selanjutnya ada daur ulang. Daur ulang yaitu memanfaatkan setiap hal yang bisa dimanfaatkan kembali. Salah satunya adalah sampah sehingga kamu bisa memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik bisa kamu gunakan sebagai kompos.

Sampah anorganik bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lain seperti kerajinan tangan atau sejenisnya. Intinya gunakanlah setiap elemen yang mampu didaur ulang sehingga akan menghemat pengeluaran serta memperbaiki lingkungan.

  1. Substitusi Energi

Penggunaan energi yang ramah lingkungan sudah banyak digunakan oleh generasi sekarang. Sebagai contoh, penggunaan solar panel yang dinilai lebih ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga surya.  Hal ini tentu akan menjadi sangat efisien dan  dan juga sangat menarik untuk diterapkan setiap rumah yang ada. Dengan panel surya ini kita bisa menggantikan seluruh tenaga listrik dalam rumah dan tentu saja menghematnya.

Bagaimana, sudah ada gambaran mengenai green living dan cara penerapan konsep nya? Kamu bisa mencoba konsep ini untuk hunian impian kamu! Semoga artikel ini bermanfaat ya! Share jika bermanfaat!

Leave a Comment