Kursus Online Gratis How To Look Good On Camera di Qubisa  

Kursus online gratis seputar Personal Branding Building ternyata memang sangat menarik. Sebagai orang yang sering berkecimpung didunia public speaking, Kak Niken merasa perlu upgrade diri khususnya keahlian dalam bidang lifestyle. 

Karena tak dipungkiri untuk tampil menarik di hadapan kamera juga butuh ilmu. Ini sejalan dengan pembelajaran saat Kak Niken kuliah di jurusan Tata Busana, looks good is a must. ^.^ Apalagi kalau zaman sekarang ini dengan adanya pandemi maka membuat kita akan lebih sering melakukan video call, meeting, atau belajar secara online. 

Namun kalau yang Kak Niken perhatikan, masih banyak profesional atau peserta webinar yang terlihat kurang profesional. Mereka seperti tidak siap berada di depan kamera, sehingga seringkali mematikan kameranya saat acara berlangsung. Tentu hal itu membuat kesan tidak profesional. 

Kebetulan beberapa waktu lalu Kak Niken ikutan microlearning di Qubisa.com dan sangat tertarik untuk mengetahui tips and trik untuk meningkatkan personal branding sebagai seorang blogger perempuan. Ketemulah dengan Lisa Satvarini, seorang profesional trainer serta seorang certified professional coach. Yang ternyata sudah berpengalaman dalam mengajar komunikasi, public speaking dan brand image selama 20 tahun. 

Salah satu materi yang menarik yaitu How to look good on camera? Penasaran? Simak ulasan selanjutnya ya!

Kursus online gratis
Kursus online gratis

3L Untuk Membuat Anda Tampil Menarik dan Profesional

Lighting

Percayalah bahwa adanya pencahayaan itu sangat diperlukan. Pastikan kita mendapat pencahayaan yang cukup saat melaksanakan video call atau sejenisnya. Cahaya natural bisa kita dapatkan dengan cara berdiri atau duduk di depan jendela yang terbuka agar sinar mampu menerangi wajah kita dari arah depan. 

Apabila tidak ada penerangan secara natural kita juga bisa menggunakan alat bantu seperti ring light atau lampu meja belajar untuk menerangi wajah kita dari arah depan. 

Looks

Pastikan pakaian yang kita gunakan dalam kondisi rapi dan bersih dan sesuai dengan tema acaranya.  Hindari menggunakan pakaian rumah walau kita sedang work from home. Gunakan atasan warna polos lebih baik daripada atasan yang bergaris-garis atau bermotif ramai karena dapat mengganggu konsentrasi saat kita berbicara. 

Untuk tampilan wajah, usahakan terlihat bersih dan segar. Bagi perempuan bisa menggunakan make up (disesuaikan) dan pria bisa mencuci wajahnya terlebih dahulu dengan facial wash. Jangan lupa perhatikan penampilan rambut atau hijab Anda. Penting juga untuk memperhatikan tampilan background. Hindari background yang terlalu ramai. Agar orang yang berinteraksi dengan kita tidak merasa terganggu. 

Level your camera

Peletakan kamera pada posisi yang tepat. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Jika kita meletakan kamera terlalu rendah maka seperti merendahkan lawan bicara, apabila terlalu tinggi dari eye level kita maka terkesan lebih dominan. Maka diletakkan sejajar dengan mata kita atau boleh sedikit di atas itu. Sehingga ini akan membuat kesan ramah dan lebih menarik. 

Belajar branding dengan cara seperti ini ternyata menarik. Berharap kita bisa meningkatkan skill di depan kamera sehingga bisa lebih berdaya jual ^.^ Menurut Kak Niken, penjelasan yang disampaikan oleh coach Lisa sangat menarik. Dan nggak hanya itu saja, masih banyak microlearning atau belajar kilat yang bisa kita ikuti di kursus online gratis Qubisa. 

“Ketika pembelajaran Anda terlalu sulit untuk dicerna dan membuat Anda mulas, pendekatan microlearning adalah solusi yang tepat.” (Anonymous)

Platform belajar online
Platform belajar online

Apa itu Microlearning? Dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Microlearning adalah belajar secara parsial. Microlearning adalah saudara kandung dari e-Learning reguler, namun dalam bentuk yang lebih menarik. Lebih sedikit memakan waktu dan lebih murah untuk diproduksi. Meskipun ini bukan solusi terbaik untuk setiap kebutuhan pelatihan, namun ini sangat efektif untuk pelatihan komersial dan non komersial. 

Di akhir artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu Qubisa Microlearning, apa karakteristiknya, dan bagaimana menggunakannya. Mari kita mulai dari awal.

Microlearning 

Microlearning berkaitan dengan unit pembelajaran yang relatif kecil dan kegiatan pembelajaran jangka pendek. Istilah ini digunakan dalam e-learning dan bidang terkait dalam arti proses pembelajaran di lingkungan yang dimediasi.

Biasanya digunakan sebagai strategi ketika merancang konten belajar yang terbagi menjadi beberapa segmen yang terfokus.

Nah ternyata Microlearning ini lagi hype banget di masa pandemi ini. Platform belajar online Qubisa adalah salah satu layanan pembelajaran dengan metode microlearning. 

Platform Belajar Online Qubisa

QuBisa adalah platform e-learning untuk pendidikan dan pembelajaran. Saat ini dalam dunia modern, seluruh orang mau serba efisien serta kilat dalam mengakses informasi. 

Terlebih dengan internet yang nyaris seluruh orang telah dapat menikmatinya. Pasti ini pula berakibat dalam pembelajaran online, yang mana kita mau dengan kilat memberi wawasan serta insight dengan cara online( course). 

Tetapi media atau platform belajar daring dengan cara online ini sangat sedikit, terbatas serta cuma dapat dinikmati oleh sebagian orang saja. Oleh sebab itu Qubisa muncul sebagai kursus online gratis serta mau membagikan solusi supaya pembuat modul microlearning serta pembelajar modul dapat mengakses ribuan webinar pengembangan diri (skill).

Ribuan….iya ribuan, dari website resminya, hingga hari ini tercatat ada 2000 lebih microlearning yang disediakan oleh Platform belajar online ini. 

Dengan jumlah instruktur terdaftar hingga 300 lebih tentu kita boleh berharap banyak bahwa platform ini bisa memberikan banyak sekali pembelajaran online. Dan waktu Kak Niken berselancar di dalam website resminya, ternyata ada loh kursus online digital marketing di Qubisa….wah menarik sekali bukan.

Tentunya jika fresh graduate ingin meningkatkan career development bisa nih coba daftar dan ikuti semua media pembelajaran microlearning yang ada didalamnya.

Liga PoinQu

Eh apa itu Liga PoinQu? Liga PoinQu adalah kompetisi pengumpulan poin melalui berbagai aktivitas pembelajaran dan check in harian yang bisa kita lakukan di aplikasi atau websitenya. Lalu, Kak Niken sudah dapat poin berapa? Hehe….. baru berhasil mengumpulkan  150 poin. Harus semangat belajar lagi nih supaya terkumpul banyak dan bisa dapat hadiah. 

Karena kita bisa kumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar banyak hal yang sesuai dengan passion atau kebutuhan kita. Untuk syarat dan ketentuannya bisa cek langsung aja di website-nya ya. 

Microlearning festival Qubisa
Microlearning festival Qubisa

MicroLearning Festival

Wow…. Qubisa lagi bertabur hadiah banget nih. Ada lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta lho. Cocok buat kita yang senang bikin konten video. Yuk tuangkan kreativitas kita dengan sharing edukasi seputar keahlian yang diperlukan dalam dunia kerja. Hadiahnya nggak tanggung-tanggung lho!

Lomba membuat video edukatif ini berlangsung mulai dari 18 Mei hingga 27 Juni 2021. Yuk ikut kursus online gratis sambil bikin konten. 

36 thoughts on “Kursus Online Gratis How To Look Good On Camera di Qubisa  ”

  1. Saya suka ngiler kalau lihat pelatihan kaya begini, apalagi kalau yang gratis. Idenya juga bagus dengan sistem pengumpulan poin.

    Reply
  2. Wah benar sekali mbak, personal branding itu penting. Sekarang jadi lebih mudah ya mbak untuk belajar membangun personal branding, soalnya telah hadir kelas online gratis untuk mengupgrade skill kita.

    Reply
  3. Ah. Saya pernah ikut webinar, zoom meeting memang seringnya mematikan kamera. Ternyata itu malah bikin kita nggak profesional tho.

    Memang ada baiknya belajar bagaimana kita terlihat bagus di kamera. Kudu nyari tempat yang pencahayaannya bagus di rumah. Itu pun kalau zoommeetingnya siang. Kalau malam, eike kagak punya light ring euy. Tapi katanya bisa pake lampu meja belajar sih.

    Reply
  4. Ini pelatihan yang gw cari nih. Soalnya minder banget kalo di depan kamera. Mana muka gw pas2an lagi. Pun dialeknya medok banget. Tipsnya sangat membantu. Jadi pgn ikut webinarnya di Qubisa deh.

    Reply
  5. Waduh, kayaknya aku kudu join di QuBisa deh kak. Secara akutu selalu tampil buruk rupa di depan kamera mkwkwkw, malu abiiis. Padahal kan sebagai pekerja online, branding penting ya

    Reply
  6. Qubisa ini salah satu platform belajar online yang paling lengkap di Indonesia ya. Segala macam tema ada. Pantas aja namanya Qubisa, hehe.. aku jadi bisa segala hal karenanya. Selain itu platformnya juga cukup nyaman buat digunakan, user friendly juga. Jadi kangen nih main ke Qubisa. Cuzz ah.

    Reply
  7. mantul banget ya Kak, ilmunya ini.
    pencahayaan memang sangat dibutuh ya biar wajah kita lebih jelas.
    di QuBisa ini lengkap ya, mau belajar apa aja ada semua deh ya 🙂

    Reply
  8. action di depan kamera memang susah-susah gampang, apalagi yang belum terbiasa, pasti terlihat kurang profesional. Wah kak Niken keren sangat nih, punya skill tata busana, pasti jago banget desain baju nih ya.

    Qubisa lengkap amat ya, kita bisa belajar gratis materi how to look good on camera. Kayaknya saya perlu nih belajar di Qubisa, soalnya suka grogi kalo di depan kamera.

    Reply
  9. aku nih latihan jadi mc kemarin bisa sampe berjam jam ngomong sendiri. ternyata susah yaa, liat orang mah gampang aja gitu ngomong keliatannya. berarti emang kurang percaya diri yaa. emang perlu bgt ikut kelas2 peningkatan diri seprti di Qubisa ini ya

    Reply
  10. Depan kamera memang membuat gugup sih, apalagi kalau belum menguasai panggung dan kurang persiapan. Makanya perlu punya teknik dengan belajar juga ya, biar lebih tenang dan leluasa

    Reply
  11. Seru ya aku juga sudah ikutan kelas microlearningnya Qubisa. Pembahasannya to the point dan pematerinya expert berpengalaman semua!

    Reply
  12. Aku kayanya butuh 3L juga nih biar makin oke dan PD di depan kamera. Belajar di Qubisa tuh bisa banget ya. Habis ini personal branding-nya makin kuat dong apalagi kalau ambil beauty. Mantap

    Reply
  13. Keren sekali. Jadi kita bisa belajar sambil membuat konten, di tambah dapat bonus ikut lomba yg hadiahnya besar sekali. Menarik!

    Reply
  14. Seru banget ya belajar di QuBisa ini, program microlearningnya juga salah satu hal yang berbeda dari yang lain sih ini. Cocok banget buat nambah skill nih, apalagi bisa dilakukan secara online.

    Reply
  15. wah mba niken, aku belum lihat nih yang kursus ini. kayaknya perlu nonton juga, biar belajar agar lebih pede kalau lagi ngomong di depan kamera pas sekadar bikin stories atau live

    Reply
  16. Bahkan peletakan camera juga penting ya, biar bisa ngasih kesan yang menyenangkan. Asik banget sih di QuBisa. Banyak banget pilihan tema kelasnya.

    Reply
  17. aku masih harus belajar untuk tampil di depan kamera, soalnya bosan juga kalau blog cuma hands on aja. Jadi mau belajar deh

    Reply
  18. Wah ada sistem poin yang bisa jadi hadiah juga ya, mba. Sudah sering dengar Qubisa tapi belum pernah ambil kursus di sana. Jadi pengin juga, nih upgrade diri di qubisa.

    Reply
  19. Nah sepakat kalau 3L ini harus diperhatikan sebelum menjadi bagian dari microlearning.

    Apalagi kalau kita berada di posisi sebagai pengajar. Tentu akan beda lagi kebutuhan.

    Reply
  20. Seru ya ada liga point segala, mantep deh Qubisa
    meski belum pernah join kelasnya, next mau ngeagendain ah. Banyak pilihannya soalnya

    Reply
  21. wah aku perlu belajar ini nih biar tampil makin kece. Btw aku kemarin belajar Public Speaking di Qubisa juga…

    Reply
  22. Jaman sekarang tuh emang kaya dipermudah banget buat dapetin banyak ilmu gratis dr web online seperti qubisa yaaa.. gaboleh disia siain nih kesempatan emas iniii

    Reply
  23. Kalau ikutan kursus online gratis di QuBisa sih udah ya, karena banyak materi yang emang dibutuhkan untuk dipelajari. Nah untuk ikut microlearning festivalnya, pengen banget sih, tergiur hadiahnya… hahaha. Entahlah masih sempat tidak untuk ikutan

    Reply
  24. Seru banget ya kak, sekarang kalau mau belajar seputar personal branding kayak gimana tampil di depan kamera aja bisa lewat kursus online gratis sama webinar seperti di QuBisa ini. Saya kebetulan sedang ikutan Liga PoinQu ehehe

    Reply
  25. iya nih, wajah dan badan kita harus proporsional saat masuk ke kamera
    nggak terlalu kosong di bagian atasnya, melainkan dikasih jeda walau sedikit
    ternyata ada juga ya kursusnya untuk materi seperti ini

    Reply
  26. materi-materi gini nih yang kadang susah ditemui…buat upgrade skill biar tampil di depan kamera lebih pede lagi..bisa jadi, kita nanti yang ngasih materi microlearning di qubisa..mumpung ada festival microlearningnya

    Reply
  27. Setuju banget, kemarin saya juga ikutan kursus public speaking di Qubisa. Materinya keren banget dan sangat bermanfaat.

    Reply
  28. Kak Aku bahagia banget kemarin sempat ikutan belajar juga .. beneran menambah ilmu Kita ya kak yang pengen upgrade diri

    Reply

Leave a Comment