Ladies, Yuk Rayakan Hidup Dengan Percaya Diri!

Pernah nggak sih kalian rayakan hidup dengan percaya diri? Boleh nggak perempuan melakukan hal tersebut? Atau masih dianggap tabu?

Perempuan selalu menjadi trending topic berita panas! Mulai dari cerita seorang ibu yang nampak baik-baik saja ternyata tega membunuh anak-anaknya. Seorang mahasiswi berinisial N menjadi trending topic di twitter karena melakukan tindakan bunuh diri setelah ditinggal pacarnya. Hingga kasus terkini mengenai jual beli video syur oleh Dhea OnlyFans. 

Tantangan Bagi Kaum Perempuan

Semakin banyak kasus perempuan mengalami depresi, ada apa sebenarnya? 

Hmm…. Kak Niken jadi ingat cerita dari salah satu novel besutan penulis perempuan terkenal. Diceritakan ada seorang istri yang selingkuh dengan teman masa sekolahnya. Padahal keduanya sudah sama-sama memiliki pasangan dan anak-anak yang lucu dan kehidupan yang mapan.  

Usut punya usut, ada faktor dalam diri, lingkungan, keluarga hingga media sosial yang menjadi pemicunya. Sehingga mereka belum mampu mengapresiasi dirinya. Padahal, mengapresiasi diri merupakan wujud mencintai dan menghargai diri sendiri. Karena perempuan memiliki peran penting dalam keluarganya. 

Ya, karena semua sudah berubah. “Selama 2 tahun ini hidup kita banyak mengalami perubahan. Banyak sekali challenge. Namun, bagaimana yang penting bagaimana cara kita menghadapi challenge tersebut agar hidup seimbang.” ujar Desy Widjaya, Chief Financial Officer FWD Insurance Indonesia. 

Ada 3 langkah yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi diri, yaitu: kenali kelebihan diri sendiri, sadari kekurangannya, dan kerjakan apa saja kemampuan yang ada di dalam diri. Maka perlu adanya pemberdayaan perempuan dan saling support

Women inspirational talk FWD
Women inspirational talk FWD

Women Inspirational Talk #FWDBebasBerbagi

Hal itulah yang dilakukan oleh FWD Community Ladies Talk pada program FWD Bebas Berbagi, Program HERoic. Kali ini mengusung tema literasi keuangan yang bertajuk “Women Inspirational Talk: Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance” pada Kamis, 31 Maret 2022 melalui webinar sore itu. 

Dihadiri oleh beberapa pimpinan perempuan dari FWD Insurance, yaitu Maria Magdalena selaku Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan, Desy Widjaya sebagai Chief Financial Officer, Aling Suhaid sebagai Chief Bancassurance Officer dan Widaningrum sebagai Head of Marketing and New Business Model. 

Program FWD Bebas Berbagi – Women Community terdiri dari serangkaian kegiatan bersama FWD Blogger Squad. Dengan kegiatan yang akan diadakan seperti workshop hingga edukasi melalui konten keuangan yang akan dilakukan selama 9 bulan kedepan. 

Aling Suhaid mengatakan bahwa, “Perempuan perlu ikut pelatihan sertifikasi untuk meningkatkan soft skills, ikut komunitas yang memiliki kesamaan minat, bahkan membaca buku untuk mendapatkan ilmu baru yang bisa diimplementasikan.”

“Sering-seringlah belajar atau ikutan event untuk berbagi dan menerapkan gaya hidup sehat serta menabung.” tambahnya. Karena perempuan memiliki banyak peran di dalam kehidupannya. Maka adanya kegiatan tahunan ini terselenggara untuk mendukung program literasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

FWD Insurance Rayakan Hidup Dengan Percaya Diri
FWD Insurance Rayakan Hidup Dengan Percaya Diri

Cara Untuk Rayakan Hidup Dengan Percaya Diri

Perempuan dan permasalahanya. Karena adanya masalah itu: 

  1. Tidak untuk disimpan, tetapi dibagikan
  2. Tidak untuk disesali, tapi dirayakan
  3. Bukan tanda kelemahan, melainkan kekuatan
  4. Tidak menjauhkan, tetapi mendekatkan kita kepada Tuhan
  5. Tidak untuk dihindari, tetapi dihadapi 
  6. Bukan kutukan melainkan berkah 
  7. Bukan semata cobaan, melainkan ujian untuk mendapatkan mahkota kemenangan

Itulah kenapa, perempuan wajib melek literasi keuangan dan mandiri secara finansial. Dengan kemandirian secara finansial maka Ia akan memiliki rasa percaya diri. Nggak dipungkiri bahwa dengan memiliki keuangan yang cukup akan membuat seseorang lebih bahagia dan percaya diri. 

“Jadi perempuan tidak boleh tergantung dengan orang lain. Maka kita perlu memiliki penghasilan sendiri,” jelas Aling Suhaid. “Supaya bisa beli kosmetik sendiri dan kebutuhan lainnya serta merayakan hidup dengan penuh percaya diri.” tambah Aling sambil tersenyum sumringah. 

Dengan begitu, kaum perempuan memiliki kesempatan besar untuk mengapresiasi dirinya dan membuat keputusan. Sehingga pasangan juga menjadi lebih respect

Pada acara yang merupakan kick off untuk memulai rangkaian kegiatan FWD Bebas Berbagi, Desy Widjaya memberikan tips agar perempuan mampu mengatur keuangan, yaitu: 

  • Alokasi pengeluaran rutin sekitar 30-60% atau mau seberapa kikir hidup kita
  • Investasi. Misal mau membeli rumah, bagaimana caranya? Kalau mau mencicil, maka sesuaikan dengan pendapatan. Biasanya butuh sekitar 30% dari pendapatan. 
  • Asuransi. Ini merupakan alat investasi dan pastikan tetap aktif agar jika terjadi sesuatu tetap ada yang mengcover. Maka harus dirajinkan dan rutinkan. Dibutuhkan sekitar 10-30%, atau semakin banyak maka semakin baik.  
  • Pengeluaran. Bisa untuk kebutuhan lifestyle, tapi perlu juga disesuaikan dan dialokasikan.

Investasi, “Apapun bentuknya, semua harus dirajinkan. Kalau tidak rajin maka tidak akan menjadi habit.” ujar Desy Widjaya. 

Investasi kedalam diri sendiri baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa perlu dilakukan. Melalui FWD Life, perusahaan asuransi jiwa yang dikelola PT FWD Insurance Indonesia, kita bisa memilih produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link, atau investasi yang sesuai kebutuhan.

Setelah 60 menit, akhirnya acara “Women Inspirational Talk #FWDBebasBerbagi” yang diselenggarakan oleh FWD Insurance dengan menggandeng para Blogger Squad 2022 pun usai.  

Di akhir sesi, Widaningrum, mengatakan, “Tetaplah menjadi sumber inspirasi dari tulisan, agar bisa berbagi pengalaman, berbagi contoh dan inspirasi. sehingga lebih banyak lagi perempuan yang teguh pendirian. Tetapkan niat dan komitmen agar hari ini lebih baik dari kemarin, esok lebih baik dari hari ini.”

Ladies, mulai sekarang berbahagialah dan rayakan hidup dengan percaya diri!

1 thought on “Ladies, Yuk Rayakan Hidup Dengan Percaya Diri!”

Leave a Comment