Cara Terbaik Wujudkan Liburan Impian Setelah Pandemi Usai

Suatu ketika, Ibu di Yogya video call dan bilang bahwa beliau sangat kangen dengan anak cucunya. Di satu sisi beliau paham saat ini kondisinya masih tidak memungkinkan untuk kami bisa bertemu. Ibu mengatakan agar kita sama-sama saling menjaga demi kesehatan masing-masing. 

Dari raut wajahnya tampak kesedihan yang mendalam. Sepertinya ada rasa kekhawatiran tidak bisa bertemu dengan anak cucunya lagi, mengingat usianya yang semakin bertambah dan tinggal jauh dari keluarganya.  

“Ayah, setelah pandemi usai, bulan November ini kita ajak Ibu traveling ke Bali dan Lombok, yuk?” Tanyaku pada suami.  

“Apalagi sejak 2 tahun lalu kita pindah ke Malang, jarak ke Bali dan Lombok kan bisa ditempuh dengan perjalanan darat dan laut.”

“Menurut perhitungan biayanya juga masih terjangkau.” Bujukku di awal tahun 2021. 

Merencanakan Perjalanan Itu Menarik!

Saat masih gadis, Kak Niken seringkali janjian dengan 2 orang teman untuk berpetualang bareng. Mulai dari Bandung, Yogyakarta, Bali, Lombok, bahkan Sulawesi pernah kami datangi di sela-sela kesibukan pekerjaan masing-masing. 

Hal paling menarik ketika merencanakan liburan impian yaitu menyusun rencana perjalanan sejak 6 bulan sebelum keberangkatan, menabung, mencari penginapan, hingga persewaan mobil kami lakukan bersama.  

Namun, sejak menikah 8 tahun lalu kegiatan traveling keluar pulau terpaksa harus berhenti. Saat itu dengan alasan anak-anak masih usia balita. Maka yang bisa kami lakukan saat itu hanya traveling di sekitar pulau Jawa saja ^.^

Pertengahan tahun 2019 saat kami pindah ke Malang, Jawa Timur hal yang pertama ingin dilakukan yaitu liburan ke Yogya, Bali, dan Lombok. Eh, ternyata di awal tahun 2020 pandemi melanda. Alhasil diundur lah rencana kami tersebut. 

Kak Niken pikir, pertengahan tahun 2021 Pandemi sudah usai, eh ternyata masih akan berlanjut. Entah sampai kapan pandemi ini akan terus berlangsung. Sejujurnya, selama 2 tahun pandemi ini kami sekeluarga pernah beberapa kali pergi staycation

Menginap satu malam di hotel untuk melepas penat dan menikmati suasana berbeda. Tentunya kami juga sangat memilih penginapan yang memang sudah sesuai standar protokol kesehatan. Siapa yang paling bahagia? Tentu anak-anak dan juga Kak Niken ^.^

Tempat Wisata Di Lombok
Pict by Goodtimes.id

Tips Persiapan Liburan Impian Setelah Pandemi Usai  

Liburan impian setelah pandemi usai tergantung destinasi yang akan dituju bersama keluarga. Mau pilih ke gunung atau pantai tentu disesuaikan dengan karakter masing-masing keluarga. 

Staycation atau liburan biasa dilakukan oleh orang yang sudah mengalami kejenuhan dalam pekerjaan atau rutinitasnya. Namun jika kita tidak melakukan beberapa persiapan dalam perencanaan liburan, justru akan membuat kantong jebol. 

Berikut ini beberapa tips untuk persiapan liburan impianmu agar tercapai:  

Tetapkan tujuan

Mau jalan-jalan kemana setelah pandemi usai? Yuk tetapkan tujuanmu dan tuliskan di buku jurnal. Kalau Kak Niken sekeluarga ingin ajak Ibu untuk melakukan liburan impian ke Bali dan Lombok. Setelah menetapkan lokasi untuk berlibur maka kita mulai memiliki gambaran mengenai berapa banyak uang yang harus disimpan setiap bulannya. 

Perkiraan biaya

Kak Niken biasanya melakukan persiapan keuangan minimal 6 bulan sebelum jadwal liburan. Mulai dari berapa jumlah uang yang harus ditabung setiap bulan, menghitung biaya akomodasi, penginapan, sewa transportasi, kebutuhan makan harian, dan lainnya. 

Membawa anak-anak berlibur tentu banyak kejutannya. Salah satu kuncinya yaitu berusaha untuk tidak boros di awal perjalanan liburan impian kita. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Memilih penginapan ramah kantong

Coba lihat biaya termahal, biasanya di bagian akomodasi dan penginapan. Namun untuk penginapan kita bisa siasati dengan menyewa penginapan dengan harga ramah di kantong namun cocok untuk keluarga.

Kak Niken cek ricek di salah satu platform jaringan penginapan budget online, Reddoorz,harga hotel di Bali dan hotel di Lombok sangat terjangkau lho. Ihiy…. Siap-siap nih ^.^

Mencari hiburan gratis

Menabung untuk berlibur bukan berarti kita bisa foya-foya menghabiskan tabungan. Kita bisa tetap menikmati liburan hemat dan murah dengan memilih rekreasi yang cermat.

Menurut Kak Niken dengan adanya pandemi maka tren wisata setelah pandemi juga akan mengalami perubahan. Masyarakat akan lebih memilih destinasi wisata domestik yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik mulai dari bandara, pelabuhan, terminal, hotel, hingga tempat rekreasi. 

jalan-jalan usai pandemi
Staycation

Mau Jalan-Jalan ke Mana Setelah Pandemi Usai?

Nah ini dia liburan impian setelah pandemi usai yang ditunggu-tunggu Kak Niken. Liburan impian ke Bali dan Lombok jadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi jika pandemi usai. Keindahan alam pulau Lombok tak kalah dengan Pulau Bali. Apalagi Pulau Lombok didaulat sebagai world best halal destination dan sebagai world best halal honeymoon destination

Banyak hal yang ingin Kak Niken informasikan ke anak-anak mengenai kebudayaannya. Pas banget kalau liburan bersama keluarga, karena kita bisa edukasi anak-anak mengenai kekayaan budaya Indonesia. 

Mulai dari menikmati alam di Bali dan Lombok dengan cara menjelajahi desa wisata, berjalan di pinggir pantai sambil bermain air, menikmati sunset dan sunrise bersama keluarga, wisata kuliner plecing kangkung dan ayam taliwang, mengunjungi gili-gili, tentunya juga wisata religi sambil mengenal kebudayaan mereka. 

O iya, kalau nggak salah sekitar 12 tahun lalu mengunjungi Pulau Lombok kami sempat berfoto di depan bandara Lombok yang masih dalam tahap pembangunan. Ternyata kini bandara tersebut jadi cikal bakal Lombok International Airport internasional yang sungguh luar biasa iconic

Kalau melihat geliat para wisatawan lokal untuk memajukan kebudayaan dan pariwisata, tentu Indonesia akan segera bangkit. Apalagi ditunjang dengan kolaborasi berbagai komponen mulai dari akomodasi, tempat wisata, hingga penginapan. 

Sudah punya penginapan incaran belum? Hehe… Kak Niken sudah punya dong pastinya. Hasil intip-intip di Reddoorz, ada beberapa penginapan di Lombok dan Gili Trawangan yang sudah Kak Niken incar nih. 

Semoga liburan impian setelah pandemi usai ini bisa terwujud dan Kak Niken bisa mengajak keluarga dan orangtua untuk berlibur bersama. Inilah cara terbaik versi Kak Niken ^.^ Kalau kamu, mau jalan-jalan kemana setelah pandemi usai? 

 

 

1 thought on “Cara Terbaik Wujudkan Liburan Impian Setelah Pandemi Usai”

Leave a Comment