Edukasi Literasi Finansial Bersama FWD Blogger Squad dan FWD Insurance

Perempuan paruh baya itu duduk termenung di depan meja mesin jahit. Sebelah tangannya sedang memegang kain yang akan dijahit namun pikirannya tidak tertuju pada kegiatannya. Tampak garis halus di wajahnya semakin jelas terlihat.

Perempuan itu, ibuku. Yang sudah ditinggalkan oleh alm. bapak sejak tahun 2004 lalu. Setelah melalui beberapa kali pembicaraan, aku akhirnya memahami bahwa ada penyesalan dalam diri ibuku karena dirinya tidak digembleng untuk mandiri secara finansial.

Akhirnya dalam keterbatasan ilmu, kami sama-sama belajar bagaimana agar bisa mandiri secara finansial. Kami pun mendirikan usaha skala kecil dalam bidang jahit pakaian perempuan sesuai keahlian yang kami miliki walau belum mendapatkan edukasi literasi finansial yang baik dan benar. Alhasil usaha kami sangat lambat berkembang.

FWD Blogger Squad
FWD Blogger Squad

Kontribusi Perempuan Indonesia terhadap Perekonomian

Percaya nggak kalau perempuan Indonesia mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara? Sejak pandemi Covid-19, banyak usaha kecil rumahan yang tumbuh dari tangan-tangan para perempuan. Mereka berusaha untuk dapat berkarya dan berdaya dalam bidang perekonomian ditengah keterbatasan.

Maka peluang perempuan untuk berkembang dari dalam rumah secara tidak langsung lebih memungkinkan. Apalagi jika didukung dengan adanya akses program pelatihan atau literasi keuangan agar mampu mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

Pada hari Kartini kali ini, FWD Insurance merayakan hari perempuan Indonesia . Acara tersebut menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan perempuan. Maka kami sebagai blogger perempuan yang tergabung dalam FWD Blogger Squad sungguh beruntung. Karena bisa mendapatkan pengetahuan tentang keuangan dan juga saling support dalam wadah yang dibentuk oleh FWD.

FWD Blogger Squad 2021

Pertama kali memutuskan untuk daftar sebagai FWD Blogger Squad sebenarnya Kak Niken agak deg-degan. Jujur, saat itu ada beberapa kekhawatiran dalam pikiran. Lalu konsultasi dengan suami dan akhirnya mendapat persetujuan sambil berharap fokus kami tetap pada jalur yang benar.

Setelah terpilih menjadi salah satu Blogger Squad dari FWD, lalu pada 12 April 2021, FWD Insurance mengadakan acara virtual FWD Blogger Squad. Ini merupakan bentuk apresiasi FWD Group kepada pada blogger perempuan yang terpilih. Alhamdulillah Kak NIken banyak dapat insight seputar dunia keuangan.

Memiliki suami mantan bankir yang memahami seluk beluk literasi keuangan, tak otomatis membuat Kak Niken jadi pandai dalam mengatur keuangan sehari-hari. Masih perlahan sekali untuk memahami literasi finansial. Sebenarnya sejak awal menikah, suami selalu berkata untuk selalu menyiapkan kondisi terburuk.

Hmm… padahal ya sudah pernah kejadian juga di keluargaku saat bapak akhirnya meninggal karena sakit kanker liver dan ibu tak memiliki pegangan apapun. Bagaimana struggle-nya kami sekeluarga untuk kehidupan sehari-hari.

Perempuan melek literasi finansial
Perempuan melek literasi finansial

Beruntung Jadi Bagian FWD Blogger Squad 2021

Beruntungnya dua kali! Itu yang Kak Niken rasakan ketika terpilih menjadi salah satu bagian dari FWD Blogger Squad. Artinya, punya banyak kesempatan untuk lebih memahami tentang literasi dalam bidang finansial dan belajar pada ahlinya.

Saat virtual event diawali dengan pembukaan, perkenalan dari pihak FWD, dan  masing-masing blogger. Kami diminta menyebutkan nama, alamat blog serta apa saja kegiatan harian kami. Dilanjutkan dengan pemaparan tentang pentingnya literasi finansial khususnya bagi kaum perempuan Indonesia.

Setelah itu kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan masuk dalam break room dimana ada beberapa kategori tentang asuransi yang perlu kami diskusikan. Misal tentang traveling, pendidikan dan lainnya.

Diskusi dalam break room dilakukan 2x putaran dengan waktu yang cukup singkat. Diakhiri dengan presentasi dari masing-masing kelompok. Tujuannya mencari tahu apa kebutuhan kaum perempuan terhadap FWD Insurance. Sehingga pihak FWD bisa merealisasikan kegiatan yang sudah didiskusikan dalam kelompok kecil tersebut.

Menjaring apa kebutuhan masyarakat dengan focus group seperti ini memang sangat penting untuk dilakukan agar tepat sasaran. Sehingga FWD sebagai Asuransi Bebas Handal dapat diterima oleh lebih banyak masyarakat Indonesia.

literasi finansial bagi perempuan
literasi finansial bagi perempuan

Pentingnya Literasi Finansial Bagi Perempuan

Kak Niken jadi makin tertarik untuk memahami tentang pengelolaan keuangan setelah melakukan rangkaian diskusi pada acara virtual FWD Blogger Squad. Semakin banyak perempuan yang tahu mengenai manfaat produk dan jasa keuangan, semakin besar transaksi keuangan yang dapat diciptakan dan pada akhirnya akan menggerakkan roda perekonomian.

Manfaat utama dari literasi finansial bagi perempuan yaitu:

  • Menumbuhkan kesadaran kaum perempuan untuk mampu membuat keputusan keuangan yang cerdas
  • Dapat membuat anggaran keuangan dalam rumah tangga dengan baik
  • Memiliki keterampilan mengelola uang secara efektif
  • Mampu mengendalikan tabungan dan pinjaman
  • Mampu memilih investasi yang tepat bagi keluarga

Beberapa poin diatas ini membuat Kak Niken tergerak untuk lebih melek mengenai literasi keuangan. Pengalaman sebelumnya tentang kematian bapak, suami yang akhirnya harus di PHK dan lainnya cukup membuat diri ini sadar bahwa perempuan harus bisa mandiri secara finansial.

Tentang FWD Insurance

Tentang FWD sudah pernah Kak Niken jelaskan di artikel sebelumnya. Jadi FWD Insurance merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan seperti FWD Cancer Protection, asuransi umum, employee benefits, produk syariah dan takaful di beberapa negara.

Aktivitas yang dilakukan FWD yaitu fokus dalam mengembangkan nasabah yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan. FWD berkomitmen untuk menjadi perusahaan asuransi terkemuka di wilayah Asia Pasifik yang dapat mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

Nah Ramadhan kali ini ada kegiatan yang diselenggarakan oleh FWD. Berupa kompetisi di media sosial dan juga kompetisi menulis. Kalian bisa juga cek instagram FWD atau download FWD untuk lebih jelasnya.

Yuk ikutan berpartisipasi untuk menyebarkan tentang manfaat literasi finansial khususnya bagi kaum perempuan.  Karena perempuan adalah ujung tombak peradaban bangsa.

 

3 thoughts on “Edukasi Literasi Finansial Bersama FWD Blogger Squad dan FWD Insurance”

  1. wah, keren nih kak niken..
    sebagai perempuan memang kita dituntut untuk melek finansial yaa..walau ga ahli, tapi setidaknya bisa manage uang keluarga lah yaa…

    makasih informasinya kak..

    Reply
  2. Gak cuma dikalangan perempuan, literasi finansial bahkan perlu dilakukan buat anak2 agar terbiasa saving dan manage keuangan dengan benar. Klo ada acara literasi financial lagi ajak2 aku kak niken.

    Reply

Leave a Comment