Bikin Mainan Unik Murah Meriah

Daftar Isi

Memiliki mainan murah meriah dan edukatif tentu menyenangkan. Setiap ibu ingin anaknya jadi lebih kreatif dengan mainan edukatif. Apakah mungkin?
Ketika kita menjadi seorang ibu, tentu akan banyak sekali belajar. Agar bisa membantu anak-anak mendapatkan tumbuh kembang yang optimal. Apalagi image seorang ibu adalah perempuan multitasking.
Ibu juga belajar untuk menjadi guru bagi anak di rumah. Untuk mengajarkan sesuatu yang bermanfaat. Menanamkan nilai-nilai kebaikan dan karakter. Kondisi tersebut memerlukan sosok ibu yang memiliki kreativitas.

 

Kreativitas seorang Ibu
Kreativitas seorang Ibu
Ya, Kreativitas!
Itulah kekuatan seorang ibu sesungguhnya. Walau sebenarnya setiap anak memiliki kemampuan untuk mendorong diri mereka secara kreatif. Namun lingkungan juga memberikan andil cukup besar. Dalam membantu anak mencapai potensi terbaiknya.
Seorang ibu dibilang kreatif ketika mereka mampu berkembang di luar urusan rumah tangga. Bagaimana caranya?
  1. Memiliki niat dan kemauan kuat
  2. Bisa mengelola waktunya
Dua hal itu bisa dipilah sesuai dengan hal yang bisa dan suka untuk dilakukan. Namun, kita nggak akan panjang lebar membahas dua hal diatas ya. Bisa baca detailnya di tulisan kak Niken tentang Bunda Produktif.
CARA MENGASAH KREATIVITAS IBU
Yang perlu diingat, bahwa kreatif itu tak hanya memiliki ide saja. Namun juga mampu merealisasikannya. Juga mampu mencari keunggulan dari kreativitas tersebut.
Gimana caranya membuat mainan murah meriah? Tentu ada beberapa kreativitas yang harus diasah oleh seorang Ibu.
Cara mengasah kreativitas seorang ibu :
  1. Banyak membaca. Ragam bacaan tersebar dimanapun. Baik dalam bentuk offline mapun online. Jangan malas membaca.
  2. Ikut di komunitas tertentu yang sesuai denganmu. Tentukan apa tujuansaat berkumpul dalam komunitas itu. Banyak ngobrol, main dan beraktivitas bareng.
  3. Mencoba hal baru. Mencoba apapun yang nampaknya “mustahil” kita lakukan. Tapi bisa dilakukan. Hal baru biasanya cukup menantang. Terima tantangan itu.
  4. Memiliki passion kuat tapi fleksible dalam menjalankannya. Passion ini awalnya terkit dengan apa yang kamu bisa dan kamu suka. Lalu kamu sangat bahagia jika melakukannya.
  5. Butuh ibu yang terbuka namun juga disatu sisi mengharuskannya untuk bisa tertutup. Seimbang dalam keduanya. Biasanya orang seperti ini mudah berada dalam posisi dan keadaan apapun.
  6. Senang mencari sumber ide. Googling, browsing dan lainnya. Keluar dari zona nyaman untuk mencari sumber ide. Lakukan hal yang tak biasa, temukan ide cemerlang.
  7.  Kreativitas ibu semakin terasah ketika bonding antar ibu dan anak terasah. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan seru di rumah bersama anak.
mainan murah meriah
kreasi bareng anak
Kreativitas adalah pilihan. Bagaimana seorang ibu dapat menanggapi situasi juga bisa dikatakan kreatif. Misalnya dalam memberikan mainan untuk anaknya. Pilihannya, selalu beli jadi atau bikin sendiri?
Baca juga : Cara Mengajarkan Anak Puasa
Orangtua sebaiknya menjadi contoh bagi anak agar mampu berlaku kreatif. Langkah yang dilakukan untuk menentukan jenis kegiatan anak yaitu :
  1. Kenali kebutuhan anak dalam bermain
  2. Gunakan bahan dan alat yang ada di rumah
  3. Lakukan dan berkaryalah
Skill bermain perlu dipelajari. Tempat terbaik untuk belajar tentu berada dalam lingkungan keluarga itu sendiri. Dengan bermain, anak mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan.
Beragam kegiatan yang diasah akan melibatkan gerak tubuh, kognitif, motorik dan lainnya. Disinilah peran orangtua dalam memfasilitasi kegiatan main anak. Tak perlu dengan selalu membeli mainan yang harganya menguras kantong.
Cek ricek bahan serta alat apa saja yang ada di rumah. Mulailah dari hal mudah. Membuat mainan unik dan murah meriah dengan melihat dari berbagai sumber. Pinterest, google, website tentang mainan kreatif dan lainnya.
Berikut ini contoh mainan unik murah meriah :
BUBBLE SNAKE
Bahan dan alat :
  1. Botol air mineral 600 ml
  2. Kain/bahan ukuran 20 x 20 cm
  3. Karet gelang
  4. Sabun cuci piring, saya menggunakan sunlight. 3 sendok makan
  5. Pewarna makanan (jika dibutuhkan untuk menghasilkan warna-warni)
  6. Wadah mangkok, untuk tepat sabun yang sudah diberi air
  7. Air kira-kira 300 ml
Cara membuat :
  1. Potong melingkar bagian bawah botol air mineral. Kira-kia 5 cm dari bagian bawah botol
  2. Jika sudah, ikat dengan karet gelang untuk menutupi bagian bawah botol yang sudah dilubangi/dipotong tadi
  3. Siapkan sabun cuci piring dalam wadah dan beri air lalu aduk rata
  4. Siap dimainan.
Mainan unik murah meriah Bubble Snake
Main bareng anak
Memainkan bubble snake, dengan cara mencelupkan bagian kain/bahan kedalam wadah berisi air sabun. Angkat kemudian tiup dari bagian kepala tutup botol.
Ingin menambah warna? Setelah di celupkan dalam wadah air sabun lalu teteskan pewarna makanan pada bagian kain/bahan. Tiup seperti biasa. Pola warna akan keluar dan nampak indah.
bubble snake rainbow
bubble snake rainbow pict by : id.theasianparent.com
Salah satu contoh mainan dengan biaya terjangkau diatas sukses bikin anak-anak betah explorasi seharian. Mereka makin kreatif membentuk pola dan memainkan bubble yang keluar dari botol.
Kira-kira mainan apa lagi yang termasuk murah meriah? Ada maze dari kardus, matching shape dari kardus atau foam art, wayang kertas, pompom canvas dan lain sebagainya.  Tinggal pilih mau main apa hari ini.
Dengan lebih sering mengajak anak bermain tentu banyak manfaat. Sering mengasah anak-anak membuat mainannya sendiri mereka akan menjadi kreatif.
Tak perlu mainan mahal. Yang unik namun murah meriah dengan bahan terjangkau pun bisa. So, tunggu apa lagi? Yuk mulai berkreasi. Kamu juga bisa cek mainan unik murah meriah lainnya di Beebikinan.
Ibu Cerdas Anak Kreatif.

24 thoughts on “Bikin Mainan Unik Murah Meriah”

  1. Waaahhh suka banget nihh kaya ginii. Di rumah aku juga ada PAUD, Kak. Otomatis udah jadi pemandangan sehari-hari liat Ibu sama Adek yang jadi guru PAUD bikin DIY mainan buat anak-anak PAUD. Sukaaa banget liatnya, bisa hemat uang, ngga nyampah karena recycle, melatih keterampilan dan kreativitas juga. Ini bisa banget jadi inspirasi mainan untuk PAUD di rumah, thanks Kakk!

    Reply
  2. Penting nih apalagi disaat seperti sekarang. Para ibu di tuntut harus selalu kreatif memberikan ide mainan baru untuk anak agar tidak bosan ya. Berhemat juga penting hehe

    Reply
  3. setuju bnaget nih jadi ibu itu harus kreatif ya biar anak2nya juga makin cerdas dan kreatif, betah juga di rumah dalam kondisi pandemi ini

    Reply
  4. Mau cobain buble snake ah besok, anak-anak saya pasti suka banget nih mainan buble-buble an gini 😀
    Kreatif banget sih, saya jarang nih main kayak gini, paling banter ya temanin anak-anak coret-coret buku hahahah

    Reply
  5. Penting banget buat mainan untuk anak untuk menghindari kebosanan anak saat pandemi begini di rumah aja

    Reply
  6. Wah mainan buble snake nya menarik banget ini, aku juga sering buatin anak anak buble tapi ga snake gini hehehe oke hbs ini mo coba thanks ya mom

    Reply
  7. Kalau bisa bikin mainan murah sekaligus meningkatkan kreativitas dan aktivitas anak pasti senang ya mba, boleh juga nih dipraktekkan!

    Reply
  8. Ini nih.. ide ide untuk bikin mainan kreatif anak tuh udah mulai banyak akibat searching dan baca artikel macam ini. Tapi gak dieksekusi juga. ..
    Ada aja halangan tiap mau eksekusii

    Reply
  9. Aku yang sebentar lagi menjadi orang tua harus belajar dari sekarang untuk mempersiapkan mainan apa saja yang mudah dan bisa di mainkan dengan anak. Ide kreatif kakak mantap banget kak. Menyenangkan anak gak perlu barang yang mahal ya kak. Seperti ini juga seru bisa main dengan anak.

    Reply
  10. Aku belum jadi ibu sih. Tapi ini bisa jadi referensi untuk keponakan yang emang masih kicik kicik biar pas maen ke rumah mereka bisa main bareng hehehehhe

    Reply
  11. Setuju mba, jujur saya dri jaman skula ga bisa yg namanya art, eh semenjak pnya anak jadi seneng bkin DIY dan gambar makin berbentuk

    Reply
  12. Aduhai, terimakasih ide permainannya. Saya akan coba praktikkan di rumah bersama anak.
    Memang bener. Jadi ibu itu kita harus kreatif ya…

    Reply
  13. mantul Mbak. siap dipraktekkan. Ini kainnya ditutup bagian bawah kan ya? Soalnya yang ada keterangan ikat dnegan karet aja. Tapi bahan yang belum disebutkan dipakai ya kain sih

    Reply
  14. Lucu sekaliiiiii. Keren deh. Aku juga mau mainan ini sama anakku, mau coba juga. Kebetulan pas ada pewarna makanan juga di dapur.

    Reply
  15. aku jadi mau nyoba bareng sama anak-anak, seru banget kayaknya.. apalagi udah mulai matgaya untuk bebikinan mainan anak-anak

    Reply
  16. Wah jujur Aku baru tahu bubble snake ini Mbak pasti seru banget dimainkan bareng anak. Anakku bakal suka banget secara dia suka main balon

    Reply
  17. Wih, kreatif banget mbak. Meskipun tanpa keluar uang banyak masih tetep bisa main yak. Aku baru tau kalo ternyata bisa dibikin sendiri.

    Reply
  18. Seruuuuu… jadi ibu emang harus kreatif yaa biar anak-anak juga terstimulasi untuk ikut berkarya. asiknya beraktivitas sama anak-anak, ngga usah yang susah-susah tetep menyenangkan..

    Reply

Leave a Comment