5 Tips Memilih Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Sehari-Hari

Makanan sehat dan bergizi menjadi barang mahal bagi sebagian orang. Akhirnya tanpa disadari, dewasa ini kita sering mengonsumsi makanan dan minuman yang tak sehat setiap hari alias junk food. Apalagi kalau kita sedang window shopping di mall, bisa dipastikan sebagian besar terdiri dari fast food dan junk food yang dijual oleh tenant.

Padahal junk food dan fast food memiliki resiko tinggi jika dikonsumsi. Nutrisi yang tidak tepat dari gula, makanan olahan, lemak jenuh, pengawet, zat tambahan makanan, dan lain-lain tidak baik untuk konsumsi secara terus-menerus. Beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat sering mengkonsumsi junk food, diantaranya: kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, gangguan ginjal, kerusakan hati dan juga menyebabkan kenaikan berat badan.

Mengenai kenaikan berat badan, ada satu PR besar Kak Niken terhadap suami. Dua tahun belakangan tubuhnya semakin membengkak alias mengalami kenaikan berat badan sekitar 10kg. Mengingat ada riwayat dari keluarga besarnya yang juga memiliki ragam penyakit yang disebutkan diatas, maka concern terbesar dalam keluarga selain menjaga asupan makanan untuk anak-anak, tentunya juga untuk suami.

Tapi, karena minimnya tentang ragam makanan sehat untuk diet dan kesibukan , menyebabkan nggak setiap hari bisa masak makanan sehat. Untungnya, Kak Niken mendapat rekomendasi beberapa pengganti makanan dan minuman yang lebih sehat untuk makanan sehari-hari yang kurang sehat ini. Apalagi bisa kita konsumsi sebagai bagian untuk gaya hidup sehat.

Makanan sehat fitco
Makanan sehat FITCO

Baca juga: Bakso Frozen Sehat

Memilih Makanan dan Minuman Sehat Untuk Sehari-hari

  1. Pilih Makanan Tinggi Protein

Studi menunjukkan bahwa makan kacang, protein nabati dapat memberikan manfaat perlindungan bagi jantung. Tetapi kacang-kacangan masih tinggi kalori, karena itu pastikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang terkendali. Beberapa pilihan kacang terbaik adalah almond, kenari, kacang mede, dan lain-lain.

Sekantong keripik dengan rasa yang enak itu ternyata mengandung natrium yang tinggi dan lemak tidak sehat lho. Bisa menyebabkan penumpukan plak di dinding bagian dalam arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, karbohidrat olahan yang ditemukan dalam keripik dapat meningkatkan gula darah kita juga.

Selain Protein Nabati, kita juga bisa memilih protein hewani sebagai asupan makanan sehat. Dada ayam, daging ikan dan daging sapi bisa menjadi pilihan makanan sehat

  1. Lebih baik minum Air Mineral minimal 2 liter/hari.

Konsumsi minuman manis secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, menumpuknya lemak di hati, dan sindrom metabolik. Ganti soda kita dengan teh hijau atau kopi hitam dengan sedikit gula.

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dan teh kaya akan antioksidan yang baik untuk jantung kita, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan kadar kolesterol, dan batasi konsumsi kita hanya 2-3 gelas per hari.

Maksimalkan minum air mineral harian dengan takaran per 20 kg berat badan minum 1 liter air mineral. Gunakan Botol dengan takaran 1-2 liter untuk mempermudah target harian minuman sehat kita.

  1. Ganti Camilan Manis dengan Makanan Sehat dan bergizi

Makanan manis seperti kue dan kue kering terbuat dari gula dan tepung putih, serta mentega, margarin atau minyak terhidrogenasi, yang tinggi lemak trans. Yang tidak diragukan lagi tidak sehat dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat beberapa kali seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, atau nyeri dada sebesar 11 persen.

  1. Hindari Sereal dengan kadar gula tinggi

Semangkuk sereal cenderung tinggi gula dan rendah protein dan serat. Untuk alternatif yang lebih sehat, pilih makanan seperti oatmeal, puding chia, atau yoghurt.

  1. Pilih Makanan Sehat dan Minuman Sehat di FITCO.id

Nah ini dia solusi yang Kak Niken dapatkan. Rekomendasi pilihan makanan sehat dan minuman sehat di FITCO.id. Melalui FITCO.id ini Kak Niken bisa menememukan semua kebutuhan makanan dan kebugaran. Mulai dari camilan sehat, produk segar, produk alami, hingga peralatan kebugaran.

Baca juga: Main sepatu roda untuk kebugaran anak

Tampilan Website FITCO
Tampilan Website FITCO

 

FITCO adalah platform kesehatan terintegrasi pertama di Asia Tenggara di mana kita dapat mempertahankan gaya hidup aktif dan sehat dengan mudah melalui layanan aplikasi yang mudah diakses. Sejak diluncurkan awal Agustus 2019 lalu, FITCO selalu mengembangkan ekosistem usahanya.

Saat kesibukan lagi tinggi-tingginya dan nggak sempat masak makanan bernutrisi tinggi kita bisa install aplikasi FITCO Indonesia di smartphone karena telah tersedia di play store dan App Store sedangkan melalui web bisa cek di FITCO.id. Mereka juga menawarkan system keanggotaan yang fleksible dan personal. Tentunya banyak benefit yang didapatkan sebagai anggota. Bebas mencoba beragam layanan terlebih dahulu ataupun langsung memilih paket berlangganan yang diinginkan.

Makanan Sehat di FITCO
Memilih Fitur di FITCO

Pas dapat rekomendasi dari teman Kak Niken langsung install aplikasinya dan nemu banyak banget produk menu makanan sehat yang turut menjadi mitra FITCO. Diantaranya: East Bali Cashew, Fitmee, Grande Granola, Ladang Lima, Madu Uray, Nutragen, dan lainnya. Wowww…. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan makanan kita aja deh.

Jadi ini adalah 5 Tips Memilih Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Sehari-Hari versi Kak Niken, jangan lupa ikutan mencobanya yah…have fun.

16 thoughts on “5 Tips Memilih Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Sehari-Hari”

  1. Waah nutragen ini aku pernah nyoba mbaa. Dulu saya berpikir makanan sehat yaa realfood. Tapi bahkan realfood pun sekarang banyak jg yg disemprot disinfektan. Jadi memang sekarang yang begini, ada jg yang kualitasnya bener2 baguss kayak kita makan realfood zaman dulu.

    Reply
  2. Aq nih yang belum bisa menerapkan hidup sehat.
    Masih suka makanan manis dan pedas tapu kalau soal minum juara banget deh kami sekeluarga minumnya banyak.
    Air satu galon abis dalam 2 hari

    Reply
  3. Minum air putih memang sangat besar pengaruh dan manfaatnya untuk tubuh. Apalagi kondisi saat ini, biar tubuh tetep registrasi juga ya

    Reply
  4. Bagian cereal itu sebenarnya saya nggak begitu suka. Apalagi oatmeal begitu. Tapi saya nggak keberatan nyobain makanan sehat ala fitco.

    Reply
  5. Minum air putih tuh penting banget banget banget, jangan sampai lupa. Website fitco ini banyak banget cemilan sehat yang aku konsumsi. kalau mau jajan tau deh tempatnya dimana sekarang

    Reply

Leave a Comment