Manfaat Cuka Apel untuk Wajah yang Harus Kamu Tahu!

“Mam, ada yang mau beli apel dari petani nggak?” kata salah seorang teman di whatsapp grup. “Harga perkilo jatuh banget ini, cuma 2500 aja. Apalagi banyak yanggagal panen. Yuk bantu petani kita mam.” tambahnya kemudian.

Apel merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Salah satu produk dari apel yang kerap digunakan di bidang perawatan kecantikan yaitu, cuka apel. Tahukah Anda bahwa cuka apel kini menjadi salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan?

Bahkan, manfaat cuka apel untuk wajah sangatlah banyak dan semakin dikenal luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, kini terdapat banyak pihak yang menyebut bahan tersebut mengandung segudang manfaat, salah satunya pome apple vinegar gummy.  

Cuka apel memiliki banyak keunggulan karena kandungan yang dimilikinya. Kandungan cuka apel yaitu meliputi magnesium, zat besi, fosfor, antioksidan, asam amino, dan lain sebagainya. Kandungan tersebut kemudian dimanfaatkan untuk membuat cuka apel sebagai perawatan kecantikan pada wajah. 

Baca juga : Klinik Kecantikan Terdekat Di Jakarta, Kulit Makin Bersinar

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Keefektifan manfaat cuka apel untuk perawatan wajah telah dikenal secara luas. Apa saja manfaat dari bahan ini? Yuk simak informasi lengkap manfaat cuka apel untuk perawatan wajah berikut ini!

Mengatasi Jerawat

Cuka apel yang memiliki kandungan asam asetat didalamnya telah terbukti efektif mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalam kulit. Selain itu, ternyata cuka apel memiliki sifat antimikroba yang juga efektif mengatasi permasalahan wajah berupa jerawat. 

Untuk mengatasi jerawat pada wajah, terdapat aturan penggunaan cuka apel yang harus diperhatikan. Oleskan cuka apel sebanyak 1 sendok makan yang campur dengan madu sebanyak 2 sendok makan, serta soda kue sebanyak 1 sendok teh. Setelah dilakukan penggosokan, diamkan wajah selama 10 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

cuka apel untuk jerawat
Cuka apel untuk jerawat (Pict by IDN Times)

Eksfoliasi dan Menenangkan Kulit Wajah

Selain digunakan untuk perawatan pada jerawat, ternyata cuka apel juga dapat digunakan untuk eksfoliasi dan menenangkan kulit wajah. Manfaat cuka apel untuk wajah ini disebabkan karena adanya kandungan asam asetat yang mampu melembutkan kulit. Tidak hanya itu, cuka apel yang memiliki sifat anti inflamasi juga mampu menenangkan kulit wajah.

Kandungan asam alfa hidroksida yang terkandung dalam cuka apel juga memiliki fungsi untuk eksfoliasi kulit. Fungsi tersebut nantinya dapat mengurangi penumpukan kulit mati pada wajah serta mampu meregenerasi kulit mati tersebut. 

Cara penggunaan dari cuka apel agar bisa dimanfaatkan eksfoliasi dan menenangkan kulit wajah yakni dengan mencampur cuka apel sebanyak 1 sendok makan dengan air sebanyak 2 sendok makan. Setelah dicampur, rendam kapas ke dalam larutan tersebut kemudian oleskan pada wajah secara teratur.

Baca juga : Klinik Kecantikan Di Malang Terbaik dan Aman

Mencegah Kulit Keriput

Manfaat selanjutnya dari cuka apel untuk kecantikan yaitu mencegah kulit keriput. Kandungan asam alfa hidroksi ternyata juga mampu menghilangkan bintik penuaan yang biasanya muncul pada wajah. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu meminimalkan dan menyamarkan garis kerutan yang ada pada wajah. 

Untuk melakukan perawatan pencegahan kulit keriput, Anda harus mengoleskan cuka apel tersebut pada kapas terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan kapas tersebut pada bagian wajah yang terdapat bintik-bintik penuaan. Biarkan olesan cuka tersebut selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

Baca juga : Melangsing Bersama Pome Apple Cider Vinegar Gummy

Apakah Cuka Apel Aman untuk Wajah?

Walau memiliki banyak manfaat, namun kita nggak bisa sembarangan mengaplikasikan pada wajah. Cuka apel ini berasal dari bahan alami, namun tidak semua orang bisa merasakan manfaat yang sama. Tergantung jenis kulit masing-masing dan tidak bisa langsung diaplikasikan ke wajah. Biasanya butuh campuran bahan lainnya, misalnya air.

Sebaiknya tes dulu kondisi kulit kita (bisa di tes pada bagian tangan) sebelum mengoleskan cuka apel secara merata di permukaan kulit wajah.  Tunggulah sekitar 1-2 jam, jika tidak muncul efek yang mengkhawatirkan, Anda boleh mengoleskan cuka apel di wajah. Tapi tambahkan dengan sedikit air.

Cuka apel kini menjadi salah satu bahan perawatan wajah yang telah digunakan oleh banyak orang. Dengan segudang manfaat dan harganya juga terjangkau, tentu banyak kaum perempuan yang akan memanfaatkan buah apel ini sebagai cuka apel. 

Bahkan ada juga yang menjadikan cuka apel dalam bentuk pome ACV Gummy untuk program penurunan berat badan dan lainnya. Tinggal pilih aja yang sesuai dengan kebutuhanYuk kita coba buktikan manfaat cuka apel untuk wajah!

Baca juga : Botox Halal di Klinik Kecantikan Herbal Diamond Beauty Malang

 

Leave a Comment