Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Bagi Anak-Anak

Manfaat dongeng sebelum tidur ternyata memberi efek yang luar biasa bagi anak-anak. Jadi ingat saat duoK masih usia bayi, hampir setiap malam Kak Niken selalu membacakan buku untuk mereka. Bahkan selalu ada waktu khusus untuk berburu buku untuk anak-anak.

Apakah Anda termasuk orangtua yang gemar membacakan dongeng untuk anak Anda ? Selain bisa membuat anak bisa cepat tertidur, ternyata ada beragam manfaat dongeng sebelum tidur. Terutama yang menyangkut perkembangan motorik si kecil.

dongeng untuk anak
Mendongeng untuk anak

Apa Saja Manfaat Dongeng Sebelum Tidur?

Hampir semua anak-anak akan merasa senang jika dibacakan dongeng. Baik itu dongeng berupa cerita binatang, legenda, ataupun dongeng mengenai para petualangan hingga kisah-kisah fiksi lainnya.

Pada umumnya, anak yang sulit tidur biasanya akan cepat terlelap setelah dibacakan sebuah dongeng. Namun bukan itu saja, ada beberapa manfaat lainnya dari kebiasaan mendengarkan dongeng sebelum tidur ini. Diantaranya :

1.Mengasah Kemampuan Otak Si Kecil

Anak yang belum bisa membaca, umumnya akan mendengarkan dongeng hanya sekilas saja. Namun berbeda halnya jika Anda membacakan dongeng yang sama, secara rutin. Anak-anak dengan sendirinya akan membangun logika mengenai apa yang sedang diceritakan. Mereka akan lebih mampu untuk berpikir kritis.

Meskipun tidak mengerti secara keseluruhannya, namun mereka seolah paham mengenai jalan cerita dari dongeng yang dibacakan. Baik mengenai adegan yang akan terjadi. Maupun mengenai dialog dalam dongeng tersebut. Hal inilah yang akhirnya bisa meningkatkan kemampuan otak si kecil, dalam mencerna sebuah cerita dalam dongeng yang dibacakan.

2. Melatih Anak Untuk Lebih Berkonsentrasi

Manfaat dongeng untuk anak-anak lainnya yaitu bisa melatih anak untuk berkonsentrasi. Terutama jika Anda adalah tipe pendongeng yang gemar menyelipkan pertanyaan-pertanyaan kecil di tengah-tengah cerita.

Sehingga saat anak mulai kehilangan konsentrasi, dengan pertanyaan yang Anda berikan tersebut. Akan membuat anak lebih fokus lagi untuk mendengarkan keseluruhan cerita dari dongeng yang Anda bacakan tersebut.

3. Membuat Tidur Anak Menjadi Lebih Nyenyak

Mendengarkan dongeng yang disukai, dengan sendirinya akan membuat anak bisa tidur dengan lebih lelap. Hal ini bisa saja terjadi, karena cerita dari dongeng tersebut terbawa dalam mimpi mereka. Sehingga membuat mereka bisa bermimpi indah mengenai dongeng yang baru saja mereka dengarkan.

4. Membangun Sugesti Dan Pikiran Positif

Cerita dongeng dengan pesan positif biasanya akan lebih bisa didengar anak-anak. Jika dibandingkan ketika Anda harus menasehati mereka secara langsung. Misalnya ketika anak tidak mau tidur sendiri, masih mengompol, dan yang lainnya.

Maka, Anda bisa membacakan dongeng mengenai dampak dari mengompol ataupun dongeng yang memiliki pesan agar jangan takut untuk tidur sendiri. Pesan positif dari sebuah dongeng ini, dengan sendirinya bisa dimaknai oleh si kecil. Sebagai upaya untuk mengubah kebiasaan buruk anak.

Manfaat dongeng sebelum tidur
Pict by Dongeng cerita rakyat

Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Bagi Anak Yang Telah Bisa Membaca

Bagi anak yang telah bisa membaca, dongeng sebelum tidur ini tidak sebatas didengarkan saja. Mereka pada umumnya, akan berinisiatif untuk membaca buku dongeng sendiri. Terbangun karakter cinta membaca pada anak. Dari kebiasaan membaca dongeng tersebut, dengan sendirinya akan memberikan manfaat-manafaat sebagai berikut. Diantaranya :

1.Melatih Kosakata Si Kecil

Untuk anak yang baru belajar membaca, metode membaca dongeng ini memberikan manfaat untuk melatih kosakata anak. Karena tanpa disadari, anak akan menemukan kosakata baru dalam setiap cerita dongeng yang dibacakan. Dari kebiasaan tersebut pula, kemampuan anak dalam berkomunikasi secara verbal akan menjadi lebih intens.

2. Meningkatkan Hobi Membaca

Manfaat dongeng menjelang anak-anak tidur dengan cara membaca langsung ini, dengan sendirinya akan meningkatkan hobi anak untuk gemar membaca. Karena sejatinya, anak yang gemar membaca buku dongeng dengan tema tertentu. Lambat laun akan mulai berkeinginan untuk membaca buku dongeng dengan tema yang lainnya. Hingga akhirnya, timbul keinginan untuk membaca buku-buku dengan tema yang beragam.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat dongeng sebelum tidur bagi anak-anak. Nah, jika Anda ingin menerapkan kebiasaan membaca pada anak Anda. Ataupun ingin mengubah perilaku buruk si kecil. Anda bisa mengubahnya dengan memberikan pesan positif pada anak, hanya dengan melalui sebuah dongeng.

Dan rasakan manfaatnya!

 

Leave a Comment