Memasarkan Produk Dengan Mudah Melalui Program Inkubasi UMi

Melalui Program Inkubasi UMi semakin banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menangah yang mencari cara memasarkan produknya. Tentu saja tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak konsumen untuk memperoleh keuntungan. Terlebih saat ini perdagangan secara online sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat. Sehingga potensi untuk bisa mendapatkan keuntungan pun akan semakin besar.

Ringkasnya, memasarkan atau memperluas jaringan penjualan secara online adalah proses pemasaran suatu produk dengan memanfaatkan teknologi komunikasi berupa internet. Teknologi berbasis internet memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga bisa digunakan untuk menyasar target pasar yang lebih besar. Bahkan Anda pun bisa menjangkau pasar internasional dengan memanfaatkan penjualan online.

Semakin berkembangnya perekonomian di sektor mikro dan ultra mikro juga karena adanya peran dari Pusat Investasi Pemerintah sebagai salah satu lembaga yang mendukung perkembangan usaha ultra mikro di Indonesia. Kolaborasi tersebut juga terkait dengan mengenalkan produk kepada masyarakat luas dengan cara online.

Cara Memasarkan Produk Dengan Mudah Secara Online

Pada umumnya, ada cukup banyak cara untuk memasarkan produk. Baik itu secara konvensional maupun juga secara online. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa cara memasarkan produk untuk mendongkrak bisnis yang Anda kelola.

  • Memasarkan Produk Melalui Website

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk secara online adalah dengan menggunakan website atau jasa press release. Di era teknologi digital, penggunaan website menjadi hal yang sangat penting. Selain bisa digunakan untuk menyampaikan informasi perusahaan, website juga bisa untuk berjualan.

Anda bisa membuat website khusus yang memang digunakan untuk memasarkan produk. Di dalam web tersebut terdapat katalog atau daftar produk yang Anda jual beserta informasi detailnya. Untuk website tingkat lanjut, maka proses pembelian barang bisa dilakukan secara langsung melalui website tersebut. Sehingga Anda hanya tinggal perlu memproses pesanan para pelanggan.

  • Memasarkan Produk di akun Sosial Media

Saat ini, sosial media menjadi salah satu tools yang cukup ampuh digunakan untuk pemasaran berjualan online. Hal ini disebabkan jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangatlah besar. Sehingga melalui bantuan program inkubasi UMi bisa menjadi peluang tersendiri untuk menyasar pangsa pasar baru.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah memasarkan produk-produk lewat akun media sosial pribadi. Hal ini bertujuan agar orang-orang terdekat yang sudah berteman dengan Anda di media sosial bisa mengetahui produk yang dijual. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan feedback dari konsumen orang-orang terdekat tersebut.

Jika penjualan Anda sudah mengalami peningkatan, tidak ada salahnya jika memasarkan produk di sosial media secara luas. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan bantuan iklan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Memasarkan produk dengan mudah
Memasarkan produk dengan mudah
  • Memasarkan Produk di Marketplace

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk memasarkan produk dengan mudah adalah melalui marketplace. Seperti yang sudah diketahui bahwa saat ini sudah ada cukup banyak marketplace yang ada di Indonesia. Anda bisa saja menjual produk-produk yang dimiliki pada sejumlah marketplace tersebut.

Beberapa jenis marketplace yang populer diantaranya adalah Shopee, Tokopedia, dan bahkan juga Lazada. Jika berminat untuk menjual produk-produk di marketplace, pastikan kalau Anda mengikuti peraturan dan juga kebijakan yang diselenggarakan oleh platform bersangkutan. Agar proses penjualan produk yang dilakukan bisa berjalan secara nyaman dan optimal.

  • Memasarkan Produk di Forum

Kalau Anda mengincar calon pelanggan dengan karakteristik tertentu, maka forum bisa menjadi solusi terbaik yang patut dipertimbangkan. Sebab biasanya anggota forum merupakan orang-orang dengan minat khusus sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melakukan penetrasi pasar.

Saat ini ada banyak forum di internet. Anda bisa mencari jenis forum yang paling sesuai dengan produk yang dijual. Meskipun demikian, ada baiknya juga kalau Anda tidak melakukan promosi secara berlebihan karena bisa dianggap sebagai spam oleh para member forum.

Itulah beberapa cara memasarkan produk secara online yang perlu Anda ketahui. Berangkat dari ulasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mulai menekuni bisnis online.

Program Bersama Sahabat – UMi Bangkit

Pada akhir Agustus lalu, Pusat Investasi Pemerintah meluncurkan Kampanye bertajuk “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” melalui program inkubasi UMi. Kegiatan ini terdiri dari beberapa program pendukung yang dilaksanakan untuk membantu para pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro agar bisa tetap bertahan di masa pandemi.

Sebagai informasi bahwa Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan unit organisasi non eselon untuk  bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Ketika menjalankan peran, tugas, dan fungsinya,  Pusat Investasi Pemerintah akan menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Ekosistem UMi akan di selenggarakan di beberapa daerah seperti :

  1.       Ternate, Maluku Utara
  2.       Majalengka, Bandung Barat
  3.       Malang, Jawa Timur

Dengan adanya kampanye Bersama Sahabat – UMi Bangkit, akan dibentuk Ekosistem UMi yang memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan dan pendampingan para pelaku usaha. Khususnya di segmen usaha mikro dan Ultra Mikro (UMi). “Ekosistem UMi tersebut antara lain Wadah Usaha UMi, Inkubasi UMi, serta rencana ekosistem Kampung UMi yang akan dilakukan tahun depan.,” ujar Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah.

Ririn juga mengatakan bahwa Pusat Investasi Pemerintah akan menyediakan layanan pinjaman bagi para pelaku usaha ultra mikro di seluruh Indonesia dengan cara yang mudah dan cepat. Nggak hanya itu saja, tapi juga adanya berbagai pendampingan dan pelatihan bagi para pelaku usaha.

Hal itu tentu sejalan dengan misi Pusat Investasi Pemerintah untuk menjadi koordinator pendanaan pembiayaan bagi pelaku ultra mikro yang profesional dan kredibel.

Ekosistem UMi oleh Pusat Investasi Pemerintah
Ekosistem UMi oleh Pusat Investasi Pemerintah

Dampak Program Inkubasi UMi Bagi Pelaku UMKM

Memasarkan bisnis secara online melalui Program inkubasi UMi dinilai terbukti dan mampu memberikan hasil positif bagi para pelaku usaha. Sebut saja Ai Khodijah, pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat. Saat ini selain berjualan seblak, Ia juga mengembangkan produk jualannya lebih bervariasi dan menambah eksposure jualannya melalui online. Saat ini Ia sudah merasakan adanya peningkatan omset hingga dua kali lipat setelah melakukan pendampingan Inkubasi UMi.

Ada juga Nia Anriani, debitur UMi di Majalengka. Awalnya Nia dan suami berjualan menggunakan gerobak motor, namun setelah adanya pendampingan mereka dapat membuat satu gerobak permanen dan menambah varian produk sehingga bisa meningkatkan omset usaha. Masih banyak cerita debitur lainnya yang semakin mampu melebarkan usahanya.

Rencananya Pusat Investasi Pemerintah akan terus menyediakan layanan pinjaman dengan cara yang mudah dan cepat bagi pelaku usaha ultra mikro di seluruh Indonesia. Kedepannya pelaku usaha juga perlu mendaftarkan merek dagang mereka. Sehingga mereka bisa memasarkan produk dengan mudah melalui program inkubasi UMi.

 

 

 

 

 

 

13 thoughts on “Memasarkan Produk Dengan Mudah Melalui Program Inkubasi UMi”

  1. Dengan adanya Pusat Investasi Pemerintah, para pelaku UMKM dan UMi jadi terbantu banhet ya mbak.
    Setidaknya mereka bisa bertahan disituasi pandemi gini.

    Program Inkubasi UMi juga jadi salah satu andalan PIP untuk memudahkan pelaku usaha hingga ke berbagai pelosok negeri.

    Reply
  2. Ini kabar gembira buat pelaku usaha ultra mikro. Semoga gak ribet pengajuan pembiayaannya. Memang buat berkembang butuh modal dan bimbingan.

    Reply
  3. Bermanfaat sekali ya, pendampingan dari PIP melalui program sahabat UMi bangkit ini. Omset para pelaku usaha mikro dan ultramikro yang didampingi dapat meningkat pesat.

    Reply
  4. Era digital begini harus diadaptasi oleh para pelaku umkm sehingga usaha mereka lebih bisa dikenal. Seneng bgt dgn adanya program UMi, para pelaku umkm bisa terbantu.

    Reply
  5. Saya sempat cek web dan instagram Pusat Investasi Pemerintah ini. Jadi memang karena Sekarang go online, PIP selain memberikan bantuan modal, melakukan pendampingan, juga ikut memasarkan produk para pelaku UMKM ini melalui Instagram dan online expo juga mba..menarik banget ya programnya..

    Reply
  6. alhamdulillah banget wujud perhatian pemerintah yah buat support UMKM ini bisa dirasakan dan nilai bantuannya juga bisa sampai 20 juta, sangat membantu banget ini

    Reply

Leave a Comment