Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak

Memilih sekolah dasar biasanya jadi hal paling mendebarkan bagi orangtua. Apalagi dibulan November ini, biasanya mereka sudah mencoba “hunting” atau survey sekolah yang menjadi idaman.

Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang yang harus dipenuhi, tidak terkecuali oleh anak-anak. Dengan bekal pendidikan, anak akan dapat memiliki masa depan yang baik juga. karena itulah banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah yang menurut mereka terbaik agar sang buah hati mendapatkan pendidikan yang layak dan dapat menjadi anak yang cerdas.

Saat ini sudah terdapat banyak sekolah dasar yang tersebar di berbagai tempat, sehingga mencari sekolah sebenarnya sudah tidak menjadi hal yang sulit lagi. Namun terkadang para orang tua seringkali kesulitan menentukan sekolah dasar yang tepat untuk anaknya. Hal tersebut dikarenakan Banyaknya hal yang menjadi pertimbangan sebelum memasukan sang anak ke sekolah dasar

Memilih Sekolah Dasar yang Tepat

Memilih sekolah untuk anak anda sebenarnya susah-susah gampang. Nah berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan menentukan sekolah dasar untuk anak anda:

1.  Lokasi Sekolah

Jarak harus menjadi perhatian Anda sebelum menentukan sekolah dasar pilihan. Apabila jarak sekolah terlalu jauh dari rumah, maka akan membuat sang anak kelelahan di jalan dan akan mengganggu mood belajarnya. Jarak juga penting untuk memastikan sang anak tidak terlambat sampai ke sekolah hanya karena jarak dari rumah ke sekolah kejauhan.

2. Budaya Lingkungan Sekolah

Sebelum memastikan sekolah mana yang akan Anda pilih, coba Anda perhatikan terlebih dahulu bagaimana lingkungan serta budaya di sekolah dasar tersebut. Seperti apa perilaku guru terhadap para muridnya? Bagaimanakah interaksi antar murid di sekolah tersebut? Bagaimana sistem pembelajaran di sekolah tersebut? Apakah sekolah tersebut memiliki reputasi yang baik?

3. Perhatikan Fasilitas dan Infrastrukturnya

Kelengkapan infrastruktur serta fasilitas penunjang di sekolah juga menjadi factor penting untuk pendidikan anak Anda. Maka dari itu, pastikan sekolah dasar yang akan anda pilih memiliki infrastruktur yang memadai dengan fasilitas yang cukup optimal untuk menunjang pendidikan anak.

Jangan lupa fasilitas kebersihan di sekolah tersebut juga harus menjadi perhatian Anda. Perhatikan bagaimana kebersihan toiletnya, bagaimana kebersihan lingkungan kelasnya. Karena Anda pastinya tidak mau kan sang anak terkena penyakit karena lingkungan belajar yang tidak bersih.

Menentukan sekolah untuk anak
Pict by Solopos

4. Apakah Terdapat Kegiatan Ekstrakulikuler?

Pendidikan tidak hanya didapatkan lewat Pendidikan formal seperti pembelajaran di dalam kelas. Ekstrakulikuler di sekolah juga dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak Anda. Dari kegiatan ektrakulikuler, anak dapat mengeksplor minat dan bakatnya lewat kegiatan yang mereka sukai. Selain itu, ekstrakulikuler juga dapat menjadi momen refreshing untuk sang anak setelah belajar.

5. Memilih Sekolah Dasar perlu mempertimbangkan Biaya

Biaya pendidikan memang bukanlah hal yang murah. Maka dari itu, pertimbangkan berapa biaya yang diperlukan untuk menyekolahkan anak anda di sekolah tersebut. Sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan diantaranya: Uang pangkal atau uang masuk, iuran bulanan, biaya buku, dan lain-lain.

6. Sistem Pembelajaran yang Berpihak Pada Perkembangan Anak

Pilihlah sekolah dasar yang memang memperhatikan perkembangan anak, yaitu dengan pendekatan pembelajaran terpadu dan menyeluruh. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan serta metode pembelajarannya, apakah dapat meningkatkan perkembangan sang anak secara optimal.

Perkembangan anak secara optimal tersebut mencakup enam aspek, yaitu: moral agama, fisik sosial emosional, kognitif, motorik, Bahasa, dan juga seni. Aspek-aspek tersebut penting dalam perkembangan anak

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sekolah dasar. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih sekolah yang terbaik untuk anak anda.

 

 

 

1 thought on “Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak”

Leave a Comment