6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Kulit berminyak menjadi keluhan beberapa orang. Sebab minyak yang diproduksi oleh kulit wajah dapat berpotensi menimbulkan jerawat. Jerawat akan terbentuk jika minyak produksi tersumbat kotoran seperti debu dan polusi. Simak tips mengatasi wajah berminyak dan berjerawat berikut ini.

Tips Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

  • Konsumsi Air Mineral Yang Cukup

Pada dasarnya, 80% komponen penyusun tubuh kita adalah cairan. Air menjadi kebutuhan utama untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Kebutuhan air yang tercukupi dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit.

Tahukah anda, kebutuhan air orang dewasa adalah 40 cc dikali berat badan (dalam kilogram). Jika berat badan anda 60 kg, maka kebutuhan air yang perlu diminum sebanyak 40 ml x 60 = 2.400 ml atau sama dengan 2,4 liter.

  • Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Secara umum, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Diantaranya seperti kacang, susu, cokelat, hingga sambal. Kenali jenis makanan apa yang dapat mempengaruhi munculnya jerawat di wajah anda.

  • Olahraga teratur

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat membakar jaringan lemak. Minyak yang diproduksi pada wajah berasal dari jaringan lemak yang berada di bawah kulit. Aktivitas olahraga yang menghasilkan keringat juga dapat membantu mengeluarkan toxic dalam tubuh.

Baca juga : Botox Halal di Klinik Kecantikan Herbal Diamond Beauty Malang

  • Waktu Istirahat dan Tidur Cukup

Waktu istirahat dan tidur juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat pada wajah. Normalnya, manusia dewasa setidaknya membutuh 7 jam tidur malam secara konsisten. Apakah jam tidur anda sudah tercukupi?

Selain itu, perhatikan juga pola tidur anda. Apakah anda terbiasa bergadang di waktu malam lalu tidur di pagi hari? Pola tidur yang berubah-ubah juga rentan menimbulkan jerawat. Ayo atur pola istirahat yang baik untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat

  • Kelola Stress 

Pemicu terbesar munculnya jerawat adalah hormon. Hormon di dalam tubuh manusia dapat berubah secara drastis sesuai dengan kondisi perasaan (mood) seseorang. Stress yang berlebihan dapat mengganggu kestabilan hormon di dalam tubuh dan menimbulkan jerawat. 

Baca juga : 4 Jenis Perawatan Wajah di Klinik Kecantikan

  • Hindari Cuci Muka Berlebihan

Punya kulit wajah berminyak rasanya memang tidak nyaman. Rasanya ingin mencuci muka saja setiap waktu. Jika anda termasuk golongan tersebut, ada baiknya untuk menahan diri. Cukup mencuci muka 3 kali sehari dengan rentang waktu yang sesuai.

Membuang minyak yang diproduksi oleh kulit dengan mencuci muka justru membuatnya memproduksi minyak lebih banyak. Hal ini dikarenakan kulit memberikan sinyal ‘kekeringan’ kepada otak untuk menstimulus produksi minyak di wajah lebih banyak.

Selain itu, aktivitas mencuci muka, khususnya dengan facial scrub juga dapat mengikis lapisan terluar kulit. Pengikisan kulit wajah yang berlebih dapat memicu tumbuhnya jerawat batu, loh.

Baca juga : Inilah Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

Skincare atasi masalah wajah berminyak
Skincare atasi masalah wajah berminyak
  • Gunakan Skincare Khusus Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kulit berminyak dan berjerawat juga membutuhkan perawatan kulit. Skincare yang dibutuhkan meliputi facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Carilah produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit anda untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat.

4 dari 5 orang masih bertanya, mengapa wajah dengan kulit berminyak tetap harus menggunakan moisturizer? Bukankah penggunaan pelembab hanya akan membuat kulit wajah semakin berminyak. Jawabannya, semua jenis kulit tetap membutuhkan pelembab. 

Hanya saja jenis pelembabnya saja yang perlu disesuaikan. Jika orang dengan tipe kulit kering disarankan menggunakan pelembab dengan bentuk lotion. Maka pemilik kulit berminyak disarankan menggunakan pelembab dengan bentuk liquid agar cepat terserap ke dalam kulit. 

Selain itu, jangan lupa untuk membaca komposisi kandungan yang tertera pada skincare. Hindari kandungan alcohol dan pemicu komedo. Kandungan skincare yang baik untuk wajah berminyak dan berjerawat adalah tea tree, lemon, salicylic acid, niacinamide, hingga retinol

Apakah anda sudah coba menerapkan semua tips mengatasi wajah berminyak dan berjerawat di atas? Kalau belum, yuk kita coba sekarang. Semoga usaha mu kelak membuahkan hasil ya.

Leave a Comment