Mengelola keuangan Usaha Kecil Menengah Dengan Aman

Mengelola keuangan usaha kecil menengah nggak hanya sebatas mengelola kas saja. Tapi bagaimana kita sebagai pemilik usaha mampu menghasilkan keuntungan dan memanfaatkannya.

“Bunda, kita masih harus bayar 3 vendor lagi, tapi dana yang tersedia nggak cukup lho.” kata suami sambil membuka mutasi rekening di layar laptopnya.

Dilain hari, “Ayah, bulan ini butuh bayar SPP duoK. Lalu bayarin les juga ya.” ujarku pada suami sambil nyengir.

Hingga suatu malam kami sama-sama berpikir, bahwa sebagai pemilik usaha nggak bisa terus-menerus  mencampuradukkan pendapatan bisnis untuk pengeluaran pribadi. Apalagi Kak Niken memiliki kelemahan dalam mengelola pembukuan arus kas masuk dan keluar. 

Kami menyadari bahwa kesuksesan usaha atau bisnis yang jalani ditentukan oleh cara kita membuat dan mengelola laporan keuangan usaha kecil dengan cara aman dan mudah. Agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Namun bagaimana cara mengelola keuangan usaha kita?

Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil Menengah

Meski sederhana namun sebagai pemilik usaha perlu melakukan beberapa hal, diantaranya:

Edukasi Diri

Hal yang paling utama yaitu dengan mengedukasi diri kita terlebih dahulu. Misalnya dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi dan mempelajari laporan keuangan.

Rencanakan Penggunaan Keuangan

Lakukan analisa “cost and benefit”, terhadap rencana belanja kebutuhan usaha yang menggunakan modal. Sesuaikan dengan target yang akan dicapai.

Buat Catatan Keuangan

Mengelola keuangan usaha kecil menengah tak cukup hanya dicatat dalam ingatan saja. Arus kas harus memiliki kecocokan dengan saldo dengan catatan keuangan.

Putar Arus Kas Lebih Cepat

Penting sekali mengelola utang, piutang, hingga ketersediaan barang atau kebutuhan bisnis untuk perputaran arus kas. 

Gunakan Laba Untuk Mengembangkan Usaha

Gunakan keuntungan dengan bijak. Misalnya dengan menyisihkan keuntungan minimal 10% sebagai modal usaha untuk mengembangkan bisnis.

Siapkan Dana Darurat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis selalu naik turun. Sebaiknya dana darurat disiapkan sejak awal membangun usaha.

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha

Gunakan rekening tabungan terpisah antara keuangan bisnis dengan pribadi. Tujuannya untuk menghindari modal usaha yang  terpakai untuk keperluan pribadi.

“Bukan seberapa banyak orang menghasilkan uang, melainkan untuk tujuan apa uang itu digunakan.” (John Ruskin)

 

Mengelola keuangan usaha
Mengelola keuangan usaha

Maka untuk mengelola dan merencanakan keuangan menjadi lebih mudah dan aman, para pemilik bisnis perlu membuka satu rekening tabungan lainnya. Misalnya dengan membuka rekening tabungan. 

Transaksi Aman Dengan Jenius

Jenius adalah aplikasi perbankan digital yang dikelola oleh Bank BTPN. Aplikasi ini membantu para penggunanya untuk melakukan aktivitas finansial secara online. Misalnya seperti : menabung, mengatur keuangan, bertransaksi, investasi deposito hingga digunakan sebagai dompet digital.

Bagi kami, memisahkan rekening pribadi dan bisnis jadi lebih memudahkan dalam mengelola keuangan usaha kecil menengah ini. Apalagi saat ini pihak Bank sudah menyediakan berbagai kemudahan untuk membuka rekening baru dengan cara online.

Untuk membuka rekening digital Jenius nggak perlu repot-repot datang ke Bank. Kita hanya mengunduh aplikasi Jenius lalu menyiapkan data KTP, NPWP, dan melakukan video call untuk aktivasi akun Jenius. Setelah itu kita bisa ikuti petunjuknya dan mulai menabung.

Jenius sudah melengkapi diri dengan teknologi berstandar internasional untuk melindungi data nasabah secara berlapis. Semuanya tentu sudah dalam pengawasan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Untuk memaksimalkan program Jenius Aman, maka kita sebagai nasabah perlu memaksimalkan fitur keamanan yang ada.

Fitur Jenius
Fitur Jenius

Fitur Keamanan di Jenius

Ada apa saja sih fitur yang ditawarkan oleh Jenius? Yuk kita simak beberapa poin di bawah ini.

  1. Login dengan otorisasi berlapis
  2. Memblokir dan membuka kartu yang diblokir dari aplikasi
  3. Batas transaksi
  4. Kombinasi kata sandi
  5. Aplikasi push notification atau email pada transaksi saat ini
  6. Kata sandi sekali pakai (Kode OTP)
  7. Konfirmasi kata sandi ke semua transaksi
  8. Login biometrik
  9. Akses perangkat terbatas

Perlu diingat bahwa sebagai nasabah perbankan khususnya pemilik usaha atau bisnis, sebaiknya tidak memberikan informasi berupa : PIN, informasi di kartu debit, pasword, maupun kode OTP kepada orang lain. Jenius aman, karena datamu adalah rahasiamu. Yuk upgrade pendapatan usahamu!

36 thoughts on “Mengelola keuangan Usaha Kecil Menengah Dengan Aman”

  1. Perencanaan yang baik memang penting ya kak. Pake jenius lebih praktis dan keamanannya bikin nyaman ga perlu khawatir ya kak…

    Reply
  2. Aku juga pakai Jenius nih Mbak. So far sih aman dan mudah-mudahan selamanya aman yah. Cara pakainya juga mudah. Nah, bener, ada fitur menabungnya, jadi bisa merencanakan keuangan dengan baik.

    Reply
  3. Memang harus dipisahkan keuangan pribadi dan usaha soalnya pengalaman juga pas mau butuh dana untuk pengembangan lhaaa kok gak ada. Eh, udah terpakai untuk keperluan lain. Ada Jenius praktis untuk pencatatan keuangan bagi yang baru mulai usaha.

    Reply
  4. Buat yang sedang mengelola usaha memang sebaiknya jangan dicampur ya keuangan usaha dengan pribadi karena biar kelihatan juga apakah balik modal dan arus kas nya (keluar dan masuk)

    Reply
  5. Jaman serba canggih, semua hal harus disangkutkan dengan teknologi digital. Tak terkecuali dalam pengelolaan usaha kecil menengah

    Reply
  6. Aku juga masih belajar nih mbak untuk mengelola keuangan dengan baik, Insya Allah tips2 di artikel ini juga ku coba untuk kehidupan sehari-hari. Mengelola uang di Jenius oke sih, apalagi banyak juga manfaatnya.

    Reply
  7. Pengelolaan keuangan buat UMKM kayak gini sangat penting sekali ya kak. Jangan sampai keuntungan kita malah tergerus karena keuangannya salah urus. Menabung di Jenius ini pilihan sangat tepat. Buat bayar ini itu tinggal pencet. Apalagi mau beli barang tanpa kartu kredit. Kartu jenius ini multifungsi banget.

    Reply
  8. nah ini nih uangnya saya masih suka nyampur nyampur, kayaknya buka rekening di Jenius oke ya, jadi langkah awal untuk memisahkan uang usaha sama uang pribadi, apalagi keamanannya berlapis

    Reply
  9. Kayaknya Jenius ini bank digital pertama yang aku punya sih. Udah setia jadi nasabah Jenius sekitar 1-2 tahun terakhi dan emang nggak pernah dikecewakan dengan fitur-fiturnya

    Reply
  10. Aku juga masih acak-acakan nih pengelolaan keuangan, apalagi bagian mencatat uhh. Eh enak yah bikin Jenius mudah banget, ngga usah dateng ke bank. Mana aman yah udah dilindungi OJK.

    Reply
  11. Aq pernah jalan di satu bisnis tapi akhirnya harus gulung tikar karena kurangnya perencanaan keuangan jadi boncos sana sini. Memang ya perencanaan keuangan itu penting banget

    Reply
  12. Iya..
    Aku awalnya menggunakan aplikasi Jenius ini juga agak-agak bingung, karena banyak sekali yang harus dilakukan sebelum ke menu utama dan menggunakan transaksi. Tapi ternyata ini maksudnya yaa..meningkatkan keamanan keuangan di dunia digital.

    Reply
  13. Masalah keuangan ini memang gak ada habisnya ya, Kak. Secara teori udah paham, tapi pas praktiknya diriku sangat tidak konsisten, hikss. Padahal kemajuan sebuah bisnis bergantung pada cara pengelolaan keuangannya. Semoga karena baca tulisan ini jadi insyaf. hehehe

    Reply
  14. Tepat banget, Mengelola keuangan itu harus aman. Banyak aplikasi yang ada dpt memberikan kemudahan dlm mengelola keuangan. Baik seperti, Jenius.

    Reply
  15. Memang benar. Bukan seberapa penghasilan tapi bagaimana menggunakannya. Untuk yang punya usaha harus tahu mana yg banget butuh yang butuh dan kira-kira butuh, terutama jika dananya masih ala kadarnya.

    Reply
  16. Intinya kalo mau data dan simpanan aman, harus punya kombinasi password yang kuat ya kak biar gak mudah di retas, trus jangan pernah memberikan nomor OTP sama siapapun. Aku suka Jenius simple aplikasinya sehingga buka rekening juga cepat sekali prosesnya

    Reply
  17. Dana darurat gak hanya untuk kebutuhan rumah tangga ya, untuk urusan keuangan usaha yang kita kelola juga perlu ada slot dana darurat. Nah pas pula ini sama Jenius, karena ada fitur Flexi cash, berasa ada kotak P3K. Seumpama sewaktu-waktu butuh (talangan) dana darurat bisa menggunakan fitur flexi cash yang ada di Jenius

    Reply
  18. Dana usaha dan pribadi memang sebaiknya tidak dicampur. Btw, Jenius emang aman banget. Sudah banyak denger juga sih dari beberapa temen yg nabung di Jenius. Aku pun tertarik simpan uang di Jenius. Karena dijamin LPS

    Reply
  19. Wah mba, ini juga salah satu yg bikin aku suka pakai Jenius, bisa lebih mudah mengatur
    keuangan usaha ya. Apalagi Jenius juga aman, jadi lebih tenang.

    Reply
  20. Enaknya pake Jenius, buka setoran awal nggak pakai saldo minimum segala. Nggak perlu ngumpulin duit dulu buat buka rekening di Jenius. Keren ih

    Reply
  21. wah ngomongin bisnis, aku punya bisnis buku tapi sekarang lagi mandek. memang kalau mau bisnis itu penting banget ya merencanakan keuangan.

    Reply
  22. Wah bisa jadi masukan nih secara usaha umkm saya juga masih sering mencampu antara pendapatan dari usaha sama kebutuhan rumah tangga harian. Wah sepertinya harus buka tabungan aman dari Jenius nih supaya pengaturan keuangan bisa lancar ya

    Reply
  23. pisahkan keuangan pribadi dan usaha ini jd point penting banget kak. Soalnya dulu pernah saya campuradukkan dan hasilnya keuangan jd kacau. Untungnya sekarang saya udah bukan tabungan Jenius jd langsung sy masukin ke tabungan dream saver sesuai peruntukannya

    Reply
  24. Salah satu yang saya sukai juga kalau pakai Jenius itu buka rekeningnya gampang. Cuma isi data doang, nanti bakal ada verifikasi deh via Video Call. Alhamdulillah sih nyaman banget pakai Jenius. Lumayan membantu untuk mencatat semua transaksi keuangan saat ini.

    Reply
  25. Karena membuka rekening digital Jenius nggak perlu repot-repot datang ke Bank. hanya mengunduh aplikasi Jenius lalu menyiapkan data KTP, NPWP, dan melakukan video call untuk aktivasi akun Jenius. Apakah ini juga bisa dimiliki untuk customer yang di daerahnya tidak ada BTPN?

    Reply
  26. Enaknya Jenius itu, rekening digitalnya bisa dibuka secara online ya. Jadi nggak perlu berdesakan antre di tempat. Apalagi pandemi gini, pasti bikin was-was.

    Reply

Leave a Comment