Mengenal Jenis-jenis Tabungan yang Populer di Indonesia

Kegiatan menabung memang sangat bermanfaat untuk kondisi finansial seseorang. Tapi tahukah Anda jika ada jenis-jenis tabungan yang berbeda? Ya, tabungan ternyata memang tidak terdiri atas satu jenis saja. Sebagai nasabah, Anda perlu mengetahui berbagai perbedaan ini agar mendapatkan produk tabungan terbaik sesuai kebutuhan. 

Jenis-jenis Tabungan yang Populer di Indonesia

Inilah berbagai jenis tabungan yang populer di Indonesia dan banyak digunakan masyarakat: 

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional menjadi jenis tabungan yang paling populer dan dikenal di Indonesia. Bisa dibilang hampir semua orang memiliki jenis tabungan ini. Adapun ciri utama dari tabungan konvensional adalah nasabah memiliki kontrol penuh terhadap tabungannya. Dimana untuk pengambilan uang bisa dilakukan kapan saja karena tidak ada batas waktunya. Pengambilan uang pada tabungan ini bisa dilakukan melalui ATM.

Keuntungan memiliki tabungan konvensional adalah nasabah akan mendapatkan bunga bulan berkisar 0,5% – 2%. Pada umumnya, tabungan ini ada biaya administrasi yang harus dibayar nasabah setiap bulannya. Besaran biaya administrasi setiap bank itu berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank masing-masing. 

Baca juga: 5 Cara Mengatur Pendapatan Bulanan Yang Efektif

2. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka juga menjadi jenis tabungan yang sangat populer di Indonesia. Tabungan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki tujuan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Ini dikarenakan jika menabung menggunakan tabungan ini maka uang yang disimpan tidak bisa diambil kapan saja. 

Keuntungan menabung pada tabungan berjangka adalah Ana akan mendapatkan bunga relatif tinggi yaitu sebesar 3% hingga 7% per tahun. Sedangkan kekurangannya yaitu uang bisa diambil sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Jika melanggar maka akan didenda atau terkena pinalti.

3. Tabungan Giro

Tabungan giro sering dikenal dengan nama tabungan bisnis karena fasilitas yang didapatkan untuk kebutuhan bisnis. Contohnya seperti bisa melakukan transaksi menggunakan cek ataupun bilyet dan bisa transfer ke beberapa rekening. 

Proses membuka tabungan giro juga cukup mudah. Dimana saat membuka tabungan ini, Anda diharuskan untuk menyiapkan uang untuk setoran awal. Setoran awal dimulai dari Rp 2 juta rupiah hingga Rp 3 juta rupiah saja.

Baca juga: 10 Financial Checklist untuk Kamu di Usia 20an

4. Tabungan Haji

Jenis-jenis tabungan yang populer di Indonesia selanjutnya adalah tabungan haji. Jenis tabungan ini sering digunakan oleh nasabah yang memiliki rencana untuk menunaikan ibadah haji beberapa tahun ke depan. Bisa dibilang tabungan haji tidak jauh berbeda dengan tabungan berjangka. Jika dana yang terkumpul sudah mencapai nominal tertentu maka bisa digunakan untuk berangkat haji.

Berbeda dengan tabungan konvensional, syarat dokumen yang disiapkan untuk membuka tabungan ini jauh lebih banyak. Untuk membukanya dibutuhkan identitas diri dan riwayat kesehatan. Untuk setoran awalnya, masing-masing bank berbeda karena memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Tabungan haji
Tabungan haji

5. Tabungan Anak

Tabungan anak merupakan tabungan yang biasanya digunakan orang tua untuk mengajarkan anaknya menabung sejak dini. Fasilitas yang didapatkan dari jenis tabungan ini tidak jauh dari tabungan konvensional. Dimana Anda akan mendapatkan buku tabungan dan kartu debit. 

Perbedaan tabungan anak dan tabungan konvensional yaitu pada tabungan anak tidak mendapatkan fasilitas banking seperti internet banking ataupun mobile banking. Setoran awal membuka tabungan ini sangat ringan yaitu hanya sebesar Rp 5000 hingga Rp 20.000 saja.

Nah itulah informasi tentang jenis-jenis tabungan yang populer di Indonesia. Selain kelima jenis tabungan diatas, juga ada tabungan umroh yang bisa dimanfaatkan untuk Anda yang memiliki rencana pergi ibadah umroh. Jika Anda ingin membuka tabungan umroh, disarankan untuk membukanya di Bank Danamon. 

Tabungan BISA umrah iB  adalah tabungan berjangka yang menggunakan prinsip syariah Mudharabah (Bagi Hasil). Keberadaan tabungan ini adalah untuk membantu Nasabah dalam merencanakan dana Ibadah Umrah. Bersama Bank Danamon, persiapan dana umrah bisa menjadi lebih efektif, tepat, dan aman. 

Leave a Comment