Mengenal Sejarah Buzzer di Indonesia

Istilah buzzer saat ini sedang ramai diperbicangkan. Definisi buzzer sering diartikan sebagai pasukan cyber yang bertugas untuk menggiring opini publik dan menyebarluaskan isu politik. Kapan awal mula buzzer masuk ke Indonesia? Bagaimana sejarah buzzer di Indonesia hingga berkembang hingga saat ini?

Awal Mula Kemunculan Buzzer di Indonesia

Jika berbicara tentang buzzer tentu tidak akan lepas dari media sosial. Awal mula kemunculan buzzer itu sendiri terjadi di tahun 2009 bersamaan dengan hadirnya twitter di Indonesia. Seperti dikutip dari Wikipedia, twitter sendiri adalah layanan jejaring sosial serta mikroblog daring.

Berbagai layanan pada twitter ini memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan dan mengunggah tweet yang dapat berupa pesan, video, hingga hashtag untuk membuat suatu postingan menjadi mudah ditemukan.

Dengan semakin populernya twitter ini maka semakin banyak pengguna gadget beralih  ke layanan jejaring sosial ini dan media sosial lainnya.

Dari sinilah buzzer masuk ke Indonesia. Buzzer sendiri dapat diartikan sebagai seseorang atau sekelompok orang yang bertugas untuk menggiring opini, menaikkan isu hingga mempromosikan produk melalui berbagai platform media sosial yang ada.

Kami sendiri telah mengulas tentang jasa buzzer dan pentingnya untuk mempromosikan usaha di media sosial pada artikel sebelumnya silahkan klik link disamping.

Jasa Buzzer Twitter, Trending Topic, Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok. (casakreatif.com)
Jasa Buzzer Twitter, Trending Topic, Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok. (casakreatif.com)

Masuknya twitter sebagai jejaring sosial baru membuat kalangan anak muda hingga orang dewasa menggemari era baru berkomunikasi dengan cara yang modern ini. Oleh karena itu, penggunaan twitter menjadi populer dan tren di tengah masyarakat.

Dengan populernya twitter maka profesi buzzer pun semakin berkembang sebagai sarana promosi yang jitu dan tepat sasaran. Banyak pengusaha muda dari kalangan milenial menggunakan jasa buzzer untuk memperkenalkan dan menggaungkan produk mereka secara cepat dan efektif melalui media sosial.

Buzzer dan jasa mereka semakin dikenal luas oleh publik pada masa pemilihan umum pada tahun 2009. Dimana saat itu beberapa tokoh politik di Indonesia menggunakan jasa buzzer untuk memperkuat kedudukan mereka dan melancarkan serangan kepada lawan politiknya dengan beberapa isu yang viral di masyarakat.

Namun begitu fungsi buzzer pada tahun 2009 kurang begitu populer di dunia politik. Fungsi buzzer justru masih banyak digunakan untuk mendengungkan promosi suatu produk di dunia bisnis.

Sejarah Buzzer di Indonesia Tahun 2012-2019

 Baru pada tahun 2012, dimana terjadi peristiwa pemilihan umum 2012, jasa buzzer semakin dilirik di ranah politik saat itu.

Istilah dan jasa buzzer semakin dikenal luas ketika salah satu calon politisi terkuat di Indonesia menggunakan jasa buzzer untuk menggaungkan sepak terjak dan jejak politik mereka di kalangan milenial agar menarik simpati masyarakat luas, terutama di kalangan anak muda.

Bukan rahasia lagi jika istilah buzzer politik mulai dikenal di Indonesia pada pemilihan kepala daerah Jakarta pada tahun 2012. Pasangan pilkada Jakarta yang juga tokoh politik terkemuka di Indonesia itu bahkan memiliki pasukan yang secara khusus berkampanye dan menggaungkan isu politik di media sosial.

Rupanya cara tersebut terbukti cukup efektif dan efisien sehingga pasangan tersebut berhasil memenangkan pemilihan di 2012 saat itu. Profesi dan jasa buzzer pun semakin populer dan banyak dilirik oleh berbagai tokoh politik sebagai sarana untu mempromosikan diri mereka dan menarik simpatisan di media sosial.

Tentu saja peristiwa pemilhan presiden di tahun 2014 dan 2019 juga tak lepas dari andil buzzer yang banyak bergerilya di berbagai media sosial untuk menyuarakan dan menarik simpatisan masyarakat sebagai bagian dari pasukan cyber tokoh politik yang maju dalam pemilihan presiden di tahun tersebut.

Andil Buzzer Dalam Menggiring Opini Publik

Media sosial yang digunakan para buzzer untuk melancarkan aksi mereka, tidak terbatas pada penggunaan twitter saja, namun berkembang ke media sosial lain, seperti facebook, Instagram, dan aplikasi pesan whatsapp.

Terbukti peran buzzer dalam menggiring opini publik hingga memberikan persepsi positif pada tokoh politik tertentu sangat membantu tokoh tersebut untuk mendapatkan citra positif dan karismatik di kalangan masyarakat. Jasa buzzer dinilai sangat efektif dan tepat sasaran.

Pesta Demokrasi sudah dekat nih,  yuk simak Cara Menjadi Buzzer Politik Yang Bisa Sukses dan lihat sendiri penghasilan cuanya.

Sejarah buzzer di Indonesia diawali dengan masuknya twitter di tahun 2009 sebagai layanan jejaring sosial yang mampu memberikan informasi secara cepat dan akurat. Berbagai peristiwa pemilihan daerah dan pilkada di tahun 2012 hingga 2019 tak lepas dari peran buzzer dalam menggaungkan isu politik dan menarik simpatisan masyarakat luas.

Leave a Comment