Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Salah satu alasan kami pindah domisili ke kota Malang pada 2019 karena almarhum bapak mertua. Awal tahun 2019 beliau sakit dengan berbagai macam penyakit penyerta. Diabetes, kolesterol dan lambung.

Kami melakukan perawatan di rumah bahkan punya alat cek kolesterol dan gula darah. Namun memang dari segi konsumsi makanan belum bisa dijaga. Beberapa bulan kemudian beliau meninggal.

Hal tersebut jadi perhatian bagi kami khususnya suami tentang menjaga asupan makanan sehari-hari. Serta bagaimana cara mengobati kolesterol secara alami sebagai preventif dikeluarga.  

Turunkan takaran kolesterol
Jaga keluarga dengan turunkan takaran kolesterol

Tahukah anda obat kolesterol alami, yang bisa turunkan takaran kolesterol jahat dalam badan? Ya, dibandingkan dengan beberapa obat klinik, anda bisa juga menurunkan kadar kolesterol memakai beberapa bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kita. 

Kolesterol saat ini lebih dikenal sebagai salah satu diantara penyakit cukup mematikan di Indonesia, seperti pandemi yang saat ini sedang terjadi. Tapi sebenarnya, kolesterol ada pada tubuh setiap manusia. Kolesterol merupakan metabolit yang ada kandungan lemak sterol serta ditemui pada membran sel yang disebarkan dalam plasma darah.

Penyakit kolesterol kerap disebutkan saat takaran kolesterol di dalam darah seseorang melebihi batasan normal. Sekarang, bersamaan berubahnya jaman, penyakit kolesterol banyak dirasakan setiap orang tanpa memandang umur. 

Mengkonsumsi makanan sembarangan serta minimnya kegiatan olahraga, disebutkan jadi satu diantara pemicu kolesterol naik. Ini dia yang menjadi perhatian Kak Niken terhadap suami. 

Takaran kolesterol yang tinggi tidak boleh anda diamkan, lantaran dapat menyebabkan beberapa penyakit beresiko serta mematikan. Kalau anda seorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, tak ada salahnya mencoba cara mengobati kolesterol secara alami, yang dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Cara mengobati kolesterol secara alami
Cara mengobati kolesterol secara alami

Apa itu Kolesterol?

Sebelum kita kaji lebih jauh, kita dapat mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud kolesterol. Kolesterol kenyataannya tidak mesti berefek buruk untuk badan. Ada dua tipe kolesterol adalah LDL serta HDL. 

LDL adalah kolesterol jahat serta beresiko untuk badan, sedangkan HDL adalah kolesterol baik yang berperan mencairkan kolesterol jahat pada badan.

Batasan normal kandungan kolesterol pada badan adalah di antara 16-200 mg. Jika sudah diatas 200 mg maka anda harus melakukan penyembuhan yang direkomendasikan oleh dokter. Selain mengkonsumsi obat klinik, anda bisa juga coba memakai obat kolesterol alami dari beberapa bahan herbal alami. 

Sekarang kolesterol tidak sekedar menggempur kelompok orangtua saja. Pada umur muda serta remaja bisa juga mendapatkan permasalahan kolesterol tinggi. Hal ini dipicu dari konsumsi makanan yang kurang sehat seperti rutinitas makan makanan kaya lemak pada jumlah berlebihan.

Makan makanan yang ada kandungan banyak lemak dapat membuat lemak menimbun dalam badan serta punya potensi membuat takaran kolesterol dalam badan naik. Makanan kaya lemak yang dapat tingkatkan takaran kolesterol dalam badan katakan saja, gorengan, susu, daging kambing serta ada banyak kembali.

Bahayanya, ketika takaran kolesterol jahat (LDL) naik, hal itu dapat membuat penyumbatan saluran darah. Tumpukan lemak jahat pada badan, dapat mengusik pasokan makanan dengan tujuan jantung. Situasi sangat beresiko lantaran bisa mengakibatkan seseorang terserang penyakit jantung bahkan juga stroke.

Menurunkan kolesterol secara alami
Menurunkan kolesterol secara alami

Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami

Bagi anda yang terlanjur berkadar kolesterol tinggi semestinya menjaga konsumsi makanan, sebaiknya jauhi beberapa makanan yang dapat membuat kadar kolesterol mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Disamping itu, untuk turunkan takaran kolesterol, anda tak harus memakai obat kimia, anda bisa mencoba obat kolesterol alami yang berada di sekitar anda. Berikut, kami jabarkan, sejumlah obat alami untuk menurunkan takaran kolesterol dalam tubuh.

1. Air Jeruk Nipis

Mengobati kolesterol secara alami yang pertama ialah menggunakan air jeruk nipis. Buah jeruk nipis ini kaya kandungan flavonoid. Flavonoid ini bertindak selaku antioksidan yang dapat membuat perlindungan badan dari teror radikal bebas, yang dapat menghancurkan beberapa sel sehat pada badan.

Supaya takaran kolesterol jahat dalam badan menyusut, Mulai saat ini anda harus teratur minum air perasan jeruk nipis dengan digabungkan air hangat waktu pagi hari saat bangun tidur serta saat sebelum tidur. Mengkonsumsi jeruk nipis adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi masalah kolesterol dalam tubuh.

2. Jus Anggur

Obat kolesterol alami yang ke-2 ialah jus anggur. Buah anggur memiliki zat antioksidan yang bagus buat badan seperti piceatannol serta resveratrol. Buah anggur juga menghasilkan fitonutrien yang dapat bertindak sebagai zat anti mikroba. Untuk merasakan manfaat yang bisa didapat, minum jus anggur minimalnya 1 gelas setiap harinya, supaya kadar kolesterol jahat dalam badan dapat turun dengan cepat.

3. Jus Jambu Merah

Jus jambu merah masuk dalam daftar obat kolesterol alami dan mudah didapat. Selain memiliki kandungan antioksidan, jambu merah mengandung fitonutrien, vitamin B3, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, kalium, serta ada banyak kembali. Konsumsi secara Rutin untuk meminum jus jambu merah supaya kolesterol di dalam darah anda termonitor dan kadarnya akan seimbang didalam tubuh.

4. Kulit Manggis

Manggis memiliki rasa buahnya yang nikmat, kulit manggis memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan badan. Para ahli menuturkan, kulit manggis memiliki kandungan zat anti kanker yang memiliki nama xanthone. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan, yang tambah lebih kuat dibanding vitamin E serta C.

Anda dapat mengkonsumsi kulit manggis, yang bisa dilakukan dengan bahan alami ekstrak kulit manggis yang dipasarkan di apotek, atau memblender langsung kulit manggis serta langsung minumnya.

5. Bekatul

Obat kolesterol alami amat mustajab selanjutnya adalah bekatul. Bekatul adalah sisa proses penggilingan padi yang kedua. Waktu giling, kulit padi dapat terpisah dari kulitnya. Nyatanya bekatul ini dapat turunkan takaran kolesterol pada badan lho!

Bekatul didapati memiliki kandungan tokotrienol yang bertindak halangi kerja enzim yang bisa menumpuk takaran kolesterol dalam badan. Bekatul ini pula adalah sumber serat pangan yang cukup bagus buat membuat lancar proses pencernaan.

Lalu bagaimanakah trik mengkonsumsi bekatul? Trik konsumsi bekatul ada dua trik. Pertama anda cukup mengukus bekatul waktu 30 menit, biarkan hingga kering lalu makan. Trik yang ke-2 ialah secara memproduksi bekatul secara sangrai”. Sangrai bekatul tidak ada minyak waktu 10-20 menit, lalu konsumsi.

Nah itu sejumlah obat kolesterol alami yang bisa Kak Niken sampaikan,. Mudah-mudahan bermanfaat bagi dunia kesehatan juga dalam menjaga imunitas tubuh kita. Salam sehat selalu untuk kita semua!

22 thoughts on “Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami”

  1. Wah, bermanfaat banget nih artikelnya. Aku slh satu yg masih umur segini tp kadar kolesterol udah tinggi. Sering gak bergejala, tp kl pas tinggi jd gampang pusing gt. Akhirnya konsumsi obat jg tp gak yg tiap hari gt, cm pas bergejala aja. Skrg lg ngerutinin olahraga biar bantu nurunin kadar kolesterol.

    Reply
  2. Aku baru tau kalau jus anggur bisa juga. Btw bekatul emang banyak banget ya manfaatnya. Aku pernah nyoba tapi gak cocok kayanya selalu mual gitu kalau minum bekatul.

    Reply
  3. makasi bangett mba infonya, suami ku lagi kena kolesterol saat ini mengonsumsi rebus timun dan labu kecil sama nanas mba, belum minum obat dulu. aku mau coba kulit manggis sama jeruk nipis ah.

    Reply
  4. mbaa makasi bangett mba infonya, suami ku lagi kena kolesterol saat ini mengonsumsi rebus timun dan labu kecil sama nanas mba, belum minum obat dulu. aku mau coba kulit manggis sama jeruk nipis ah…

    Reply
  5. Inget banget dulu sempet tinggi kada kolesterol aku. Makan udang sedikit langsung pening kepala, leher kencang. Duh kalo diinget rasanya gak enak banget. Sejak itu mulai olahraga, active lifestyle, dan makan yg lebih baik, alhamdulillah sudah lebih baik..

    Reply
  6. Makasih infonya, Kak… Bahkan meski sudah konsumsi obat sekalipun, pola makan yang baik dengan bahan tertentu yang terbukti keampuhannya tetap diperlukan ya agar kadar kolesterol lebih stabil.

    Reply
  7. Jadi almarhum alasan mbakNijen pindah ke Malang yah :’)

    Btw tips minum air jeniper aku Terapkan sejak setahun terakhir, tapi kadang aku ganti lemon. Belum bisa vegan jadi ikhtiar ya gitu dulu hehe

    Reply
  8. Kulit manggis emang banyak khasiatnya ya kak. Termasuk bisa mengurangi kolestrol. Air jeruk nipis juga baik untuk kolestrol dan detoksifikasi tubuh.

    Reply

Leave a Comment