Modal Kamera Smartphone Dapat Laptop Baru. Ini Dia Caranya!

Percaya nggak sih hanya denganmodal kamera smartphone dapat laptop? Lima belas tahun silam, handphone dengan kamera mungkin masih menjadi barang yang sangat mewah. Tak ayal bila pemiliknya hampir selalu mendapat label orang kaya karena memiliki barang ini. Namun lihatlah sekarang, hampir semua orang memilikinya.

Handphone dengan kamera bukan lagi barang mewah. Bahkan, bersedia diakui atau tidak, era sekarang ini jarang sekali ada orang yang tidak memiliki handphone dengan kamera.

Fotografi dengan Modal Kamera Smartphone

Fitur kamera ini membuat kita bisa mengabadikan momen sesuai keinginan kita. Mengabadikan foto diri sekarang tidak sulit dan tidak harus menggunakan jasa fotografer profesional. Memang kalau dibandingkan, tentu hasilnya sangat berbeda.

Akan tetapi, buat sebagian orang, yang penting ada dirinya dalam foto tersebut. Tak hanya foto diri. Para pemilik smartphone sekarang juga tidak jarang yang memiliki hobi foto. Meski hanya bermodal kamera pada smartphone, toh nyatanya hasil foto mereka juga bisa dibilang bersaing dengan hasil foto menggunakan kamera profesional.

Kebanyakan pecinta fotografi dengan kamera smartphone memamerkan hasil foto mereka di media sosial. Terkadang untuk dimajukan sebagai materi lomba fotografi juga tidak bisa – tidak jarang yang berpikir tidak akan menang karena saingan mereka fotografer profesional yang bermodal kamera DSLR.

Namun, bukan berarti hasil foto smartphone tidak bagus dan tidak bisa bersaing. How to look good in front your camera? Lomba foto itu yang penting kan hasil fotonya, bukan alat yang dipakai. Kalau kamu merasa ingin ikut lomba foto tetapi belum ada “nyali” bersaing dengan para profesional, ada baiknya kamu mulai ikut kompetisi seperti lomba KaryaKarsa hasil kerja sama dengan Indomie.

Kompetisi KaryaKarsa x Indomie

Saat ini, platform patreon KaryaKarsa x Indomie sedang menyelenggarakan kompetisi dalam rangka 50 Tahun Indomie. Kompetisi ini mengundang para kreator Indonesia untuk berpartisipasi sesuai dengan keahlian kreasi masing-masing.

Para penulis, ilustrator, desain grafis, dan fotografer dari masing-masing kalangan usia boleh mengikuti perlombaan dengan tagar #CeritadanRasaIndomie ini. Ini dia modal kamera smartphone bisa dapat hadiah keren. Apalagi temanya tentu tidak lepas dari kenangan dan memori bersama Indomie – sebagaimana Indomie selalu hadir dalam setiap momen kehidupan masyarakat Indonesia.

Hadiah Puluhan Juta Rupiah

“Apa saja hadiahnya?” Perlu diketahui kalau kompetisi ini cukup besar dan bergengsi. Itu karena hadiah yang ditawarkan tidak main-main. Setidaknya kamu bisa memperebutkan hadiah uang tunai total Rp50 juta untuk 50 pemenang.

Selain itu, tiga karya terbaik juga akan mendapatkan hadiah utama yang tidak main-main: iPad Air, MacBook Pro M1, dan iPhone 13! Tidak hanya itu, karya-karya yang masuk nantinya akan dihimpun menjadi satu dan dicetak menjadi sebuah buku. Yah, setidaknya ada dokumentasi yang bisa kamu banggakan sebagai portofolio. Hehe.

Ketentuan Kompetisi

Kalau kamu tertarik, simak baik-baik ketentuan dan alur kompetisi ini ya. Yang pertama tentunya kamu harus memiliki akun di platform ini. Karena yang menyelenggarakan lomba KaryaKarsa, masa iya kamu nggak punya akunnya? Daftar akun sebagai kreator di KaryaKarsa.

Diperhatikan ya, daftar sebagai kreator dan bukannya fans atau pendukung. Kalau kamu salah mendaftar akun, nanti kamu tidak bisa mengunggah karya yang mau dilombakan. Yes, pengunggahan karya nantinya akan melalui platform ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau kamu sudah memiliki akun kreator di KaryaKarsa, kamu bisa mengunggah karya yang ingin kamu ajukan lomba. Mekanisme file yang diunggah tentunya memiliki ketentuannya masing-masing.

Namun yang pasti jangan lupa mencantumkan #CeritadanRasa untuk judul karya yang mau kamu ajukan, ya! Oh iya, ketika kamu mengunggah karya ini, jangan set harga untuk karya yang mau kamu lombakan. Kalau kamu set harga, publik tidak bisa melihat hasil karyamu.

Hal ini menjadi penting karena nantinya karyamu pun harus di-publish di media sosial yang kamu miliki dan menyebutkan akun @.karyakarsa_id serta @.indomie. Nantinya tag maupun mention ini akan membantu karyamu untuk di-repost sehingga lebih banyak mendapatkan exposure maupun like. Dengan demikian, kesempatan untuk memenangkan hadiah menjadi lebih tinggi.

Modal kamera smartphone
Modal kamera smartphone (pict by karyakarsa)

Waktu Pelaksanaan Lomba

Untuk timeline waktu pelaksanaan, saat ini lomba KaryaKarsa sedang memasuki masa pengumpulan karya. Lebih tepatnya dibuka sejak tanggal 30 Mei hingga 31 Juli 2022. Meskipun terkesan masih lama, ada baiknya kamu tidak menunda-nunda untuk membuat dan mengumpulkan karyamu.

Semakin dini kamu mengunggah karya, semakin lama waktumu untuk lebih fokus pada promosi di media sosial sehingga mendapatkan like yang banyak. Like ini nanti yang akan menentukan karyamu apakah masuk sebagai jajaran juara favorit, setidaknya ke dalam 46 karya terbaik.

Ada satu trik nih untuk melihat sejauh mana “perkembangan” dan “potensi” kemenangan karyamu. Dalam periode pengumpulan karya di lomba KaryaKarsa ini, konten karya yang diprediksi memiliki kesempatan untuk menang dalam perlombaan akan ditampilkan dalam sebuah landing page.

Usahakan untuk bisa membuat karyamu masuk dalam tampilan landing page tersebut. Setelah itu, kamu bisa berikhtiar dengan meminta dukungan dari teman-teman dan keluarga.

Ajang perlombaan ini memfasilitasi siapapun yang memiliki minat maupun kemampuan di bidang grafis, khususnya fotografi. Tidak ada ketentuan yang mensyaratkan pengambilan gambar harus dengan kamera profesional. Dengan smartphone seharga 2 jutaan juga bisa kok.

Dengan modal kamera smartphone dan kemampuan, kamu bisa memenangkan hadiah uang tunai bahkan gadget yang dijanjikan. Tidak perlu minder dengan saingan, yang penting adalah kamu mencoba dulu untuk mengikuti perlombaan ini. Ikuti aturannya, kumpulkan sesuai tanggal, dan berharaplah yang terbaik!

Leave a Comment