Nutrisi Anak yang Bisa Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Selain dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, tumbuh kembang anak juga ditentukan oleh nutrisi yang diperoleh anak dalam setiap harinya. Ada beberapa nutrisi anak yang tidak boleh terlewatkan dalam setiap menu harian si kecil. Apa saja? Anda bisa mengetahuinya dalam penjelasan dibawah ini.

Nutrisi Anak yang Wajib Ada dalam Setiap Menu Harian Si Kecil 

Untuk mendukung pertumbuhan si kecil, Anda sebagai orangtua harus memastikan bahwa setiap kebutuhan nutrisi anak bisa tercukupi dalam setiap harinya. Beberapa nutrisi tersebut meliputi:

1.Vitamin      

Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Terutama nutrisi yang berasal dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, dan juga Vitamin E. Dimana vitamin A berguna untuk kesehatan mata serta melindungi tubuh anak dari infeksi. Anda bisa memberikan vitamin A pada anak melalui sumber makanan berupa buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Contohnya wortel.

Sedangkan vitamin C berguna untuk kesehatan gigi dan gusi, serta membantu proses penyembuhan akibat luka. Vitamin C ini bisa diperoleh dari buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, jambu biji, pisang, melon dan juga nanas.

Sedangkan vitamin D seperti yang diketahui sangat berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Vitamin D bisa diperoleh dari susu, telur hingga tahu dan juga tempe. Terakhir yaitu vitamin E. Dimana Vitamin E ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, perbaikan DNA, membantu menangkal radikal bebas, serta berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh anak. Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin E yaitu biji-bijian serta alpukat.

2. Zat Besi

Selain vitamin, zat besi merupakan nutrisi anak lainnya yang tidak boleh terlewatkan dalam setiap menu harian si kecil. Seperti diketahui, zat besi berguna untuk membantu proses produksi hemoglobin dan juga mioglobin.

Dimana hemoglobin merupakan pigmen yang berperan dalam mengalirkan oksigen dalam darah. Sementara mioglobin berperan sebagai penyimpan oksigen dalam otot. Keduanya sangat penting untuk menghindarkan anak dari gejala anemia (kekuarangan darah). Anda bisa memberikan anak Anda makanan berupa daging-dagingan, kuning telur serta segala jenis ikan, untuk memenuhi zat besi anak Anda.

Nutrisi pada anak
Pict by Nestle Health Science

3. Magnesium

Magnesium berguna untuk kekebalan tubuh si kecil, menstabilkan irama jantung, serta mengontrol keseimbangan tubuh. Magnesium dihasilkan dari sumber makanan seperti ikan, sayuran, tahu, alpukat dan pisang.

4. Kalsium

Sama halnya dengan vitamin D, kalsium juga yang bermanfaat bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Bukan hanya itu saja, kalsium juga berperan penting dalam membantu proses pembekuan darah, serta membantu otot dan saraf agar tetap sehat. Kalsium bisa diperoleh dari susu, keju serta ikan.

5. Nutrisi Anak Lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa nutrisi lainnya yang perlu Anda berikan pada anak Anda. Terutama jika anak ikut puasa Ramadhan. Diantaranya asam lemak esensial, zinc dan juga kalium. Jika asam lemak esensial berguna untuk membantu peredaran darah, mengatur sistem saraf serta membantu dalam pembentukan sel tubuh, dan juga otak anak.

Sedangkan zinc atau seng berguna dalam proses pencernaan serta metabolisme tubuh. Terakhir adalah kalium. Dimana fungsi utama dari kalium yaitu menstabilkan irama jantung, menjaga tekanan darah, hingga menyeimbangkan persediaan air dalam tubuh.

Anda dapat memberikan anak Anda lemak esensial yang dihasilkan dari ikan tuna, telur, dan kacang-kacangan. Sedangkan zinc (seng) bisa diperoleh dari tomat, bayam dan brokoli. Berbeda halnya dengan kalium yang bisa diperoleh dari pisang dan juga susu.

Itu dia beberapa nutrisi anak yang bisa Anda berikan pada si kecil dalam setiap harinya. Dengan pemilihan makanan yang bernutrisi, serta beberapa stimulasi yang tepat, akan membantu proses tumbuh kembang pada anak-anak Anda. Yuk berikan akses pendidikan dan nutrisi terbaik untuk anak kita.

Leave a Comment