Paket Internet Cepat Solusi Mencari Referensi Buku Anak 

Big Bad Wolf (BBW), datang lagi ke Indonesia! Saatnya mencari referensi buku anak secara online. Dengan memanfaatkan paket internet cepat IndiHome. 

Ah… masih terpatri dalam ingatan ketika Kak Niken hamil anak kedua tahun 2016. Saat itu usia kandungan sudah 9 bulan. Namun Kak Niken memang belum merasakan mules-mules. Due date lahiran juga masih sekitar sepuluh hari lagi. 

Entah kenapa, tiba-tiba keinginan untuk berburu buku-buku import secara langsung ke BBW sangat menggebu-gebu. Padahal, sebulan sebelumnya ketika ditawari oleh tante untuk ikutan berburu buku import, Kak Niken tidak tertarik.

Iseng-iseng buka media sosial dan browsing di internet untuk mencari referensi buku anak. Ternyata ada iklan BBW berseliweran. Bikin mupeng dong ^.^ Sudah mendapatkan referensi buku yang sesuai, maka lebih menyenangkan datang langsung ke lokasi.   

Akhirnya sekitar jam 3 pagi, nekat berangkat ke ICE Bumi Serpong Damai. Demi  memanjakan mata melihat buku-buku anak. Eits, nggak hanya melihat-lihat tapi kami kalap. Total belanja buku mencapai jutaan rupiah. Uwoww…..

Puas dan bahagia! Nggak hanya itu saja, selang satu hari ternyata Kak Niken mules-mules dan akhirnya melahirkan anak kedua. Alhamdulillah double bahagia. 

Seperti yang kita ketahui, buku merupakan sumber informasi dan pengetahuan. Meski di era digital, informasi mudah ditemukan melalui pemanfaatan internet, buku tetap menjadi pilihan untuk mendapatkan ilmu yang akurat.

Indonesia termasuk salah satu negara yang minat bacanya masih rendah dibandingkan dengan negara lain. Oleh sebab itu, ada baiknya membaca lebih dulu referensi buku melalui paket internet cepat IndiHome. 

Maka, diharapkan dapat memberikan sudut pandang manfaat membaca dan buku apa yang bisa menjadi pilihan. Membeli buku bisa dikatakan mudah namun bisa menjadi sulit jika kita akan membeli buku untuk anak-anak. 

Karena tidak mudah memberikan buku bacaan pada anak-anak. IndiHome kini dapat membantu kita memilih bacaan yang menyenangkan dengan memberikan layanan terbaik melalui internet dengan kecepatan ekstrim.

Referensi buku
Referensi buku

Bagaimana Tips dan Trik Membeli Buku Anak?

1.  Tentukan Buku yang Dibutuhkan atau Diinginkan

Tips yang pertama ialah kita perlu terlebih dahulu memahami bacaan apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Menentukannya dari awal akan memudahkan kita dalam memilih buku yang tepat. Cara ini juga bisa menghemat waktu. Karena kita akan fokus mencari buku yang sesuai usia dan karakter anak. 

Di sisi lain, tips ini dapat mencegah kita menjadi kalap saat membeli. Menentukan jenis dan jumlah buku yang dicari akan membuat kita tidak melirik buku lain. Karena kita tidak membutuhkannya. 

Jadi, sebelum membeli buku, buatlah daftar buku yang akan dibeli terlebih dahulu. Mulai dari judul, siapa pengarangnya, berapa banyak, dan jika perlu siapa penerbitnya.

Tips pertama ini membantu menentukan skala prioritas. Buku mana yang paling dibutuhkan atau diinginkan dan mana yang tidak. Jadi buatlah daftar buku berdasarkan kebutuhan atau keinginan anak dan orangtua.

2.  Baca Resensi Buku

Tips sebelum membeli buku selanjutnya adalah membaca resensi buku yang akan dibeli. Resensi dapat memberikan gambaran tentang isi buku, latar belakang penulis, kelebihan dan kekurangan buku.

Gunakan paket internet cepat IndiHome untuk membaca resensi buku yang ingin dibeli. Jadi kita bisa membandingkan satu buku dengan buku lainnya untuk mendapatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu, dengan tips ini kita bisa menentukan buku yang berkualitas.

3.  Pilih Toko Buku yang Tepat

Sebelum memilih toko buku, perlu diketahui bahwa ada berbagai jenis toko buku, yaitu toko buku konvensional, toko buku online, toko buku indie, dan toko buku besar. Dengan mengetahui perbedaannya maka kita bisa memilih yang sesuai.

Setiap jenis toko buku memiliki ciri khasnya masing-masing. Kita harus pintar-pintar memilih toko buku yang tepat. Jika bingung tidak ada salahnya mengumpulkan informasi terlebih dahulu.

4.  Mengenal Buku Asli atau Buku Bajakan

Tips yang terakhir ialah mengenal buku asli atau bajakan. Sangat penting untuk mengetahui apakah buku yang akan dibeli adalah buku asli atau bajakan. Tentu kita ingin membeli buku-buku asli, mengingat kita tahu bahwa buku bajakan hanya akan merugikan penulis yang sudah bekerja keras untuk menulisnya.

Untuk mendapatkan buku aslinya, kita bisa membelinya di toko buku resmi. Dan perhatikan juga harga yang ditawarkan, jika terlalu rendah sebaiknya hindari atau tanyakan saja langsung.

Sejak usia dini, anak-anak perlu terpapar dengan buku bacaan. Tujuannya agar tercipta generasi literasi membaca yang bijak. Melalui paket internet cepat IndiHome, anak-anak bisa membuka akses untuk mencari referensi buku yang sesuai. 

Di satu sisi, orangtua juga perlu lebih jeli terhadap maraknya buku anak yang beredar luas di masyarakat. Tak jarang buku anak berbalut cerita dewasa. Sehingga diperlukan dual control ketika memilih buku bacaan. 

Adapun jenis buku-buku yang bisa dipilih orangtua antara lain: board books, buku bergambar atau picture books, pop up books, sound books, activity books, lift the flap books, augmented reality books, dan lainnya.

Internet cepat IndiHome
Internet cepat IndiHome

Telkom Group Fokus Tumbuh Kembangkan Ekosistem Digital 

Orangtua tak perlu khawatir karena selalu ada inovasi untuk Indonesia dalam pemanfaatan internet. Karena ada tiga pilar utama Telkom Group, yaitu: digital platform, digital connectivity, dan digital services. 

Melalui layanan terbaiknya Telkom akan terus fokus untuk meningkatkan kapabilitasnya. Dalam menyediakan solusi layanan dari permasalahan di sektor industri. 

Salah satu yang patut di banggakan, Telkom Group menghadirkan perpustakaan digital. Sehingga mampu menuntaskan misi 1.000 Pustaka Digital. Semoga dengan adanya pustaka digital bisa menjadi solusi atasi tingkat minat baca masyarakat Indonesia. Khususnya dimulai sejak anak-anak. 

Bagi Kak NIken, nggak ada sesuatu yang instant. Hingga saat ini kedua anka kan Niken sudah menginjak usia sekolah, mereka suka sekali membaca buku. Kegiatan yang dilakukan sebelum tidur pun wajib membaca buku. 

Jika sedang bosan dan ingin sesuatu yang berbeda, Anak-anak akan memanfaatkan paket internet cepat IndiHome untuk mencari referensi buku melalui browser. Semoga suatu saat nanti mereka akan mampu berkarya.  

Leave a Comment