PATJAR BOEKOE CILIK GERILYA KE PATJAR MERAH

Patjar Merah hadir di kota Malang. Ternyata memang sudah dinanti oleh para pecinta literasi. Patjar Boekoe, sebutan bagi pengunjung, tampak asyik berdiksusi santai. Disinilah ajang mereka saling bertemu dan berdiskusi santai.
Entah apa yang anak-anak kecil (patjar boekoe cilik) itu bicarakan, yang pasti ada buku dalam genggaman. Pemandangan ini tampak diantara jutaan buku yang digelar pada acara Festival Kecil Literasi dan Pasar Buku Keliling, Patjar Merah.
Patjar Merah Malang
Patjar Merah di Kota Malang
Kunjungan ke Patjar Merah
Patjar Boekoe Cilik
Diselenggarakan pada 27 Juli – 4 agustus 2019. Bertempat di ex. Bioskop Kelud. Jl. Kelud No.9, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116.
Nama Patjar Merah itu sendiri diambil dari judul Roman karya Matu Mona alias Hasbullah Parindurie yang mengisahkan tentang petualangan tokoh legendaris Tan Malaka di belantara dunia.
Menceritakan tentang seorang pemuda yang berpindah-pindah tempat dan keliling dunia untuk membantu negara-negara yang terjajah agar bisa terbebaskan. Dia percaya bahwa yang bisa membebaskan belenggu penjajahan hanyalah literasi.
Patjar Merah Cilik
Mengamati Buku
Kondisi Patjar Merah
Buku di Patjar Merah
Beberapa kategori buku yang disediakan meliputi fiksi, nonfiksi, penunjang pelajaran, bacaan anak dan orang tua, kuliner, hingga pengetahuan popular.
Selain mendatangkan para penulis, festival pasar buku Patjar Merah adalah event literasi menjadi ajang pertemuan pembaca buku, penerbit, distributor, toko buku, dan para kreator konten di media sosial.
Ada beberapa bagian acara yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Contohnya Belajar Bahasa Isyarat Dasar dan Tuli Mendongeng. Patjarmin pun dengan senang hati membantu para Patjar Boekoe Cilik berkeliling mencari buku yang diinginkan.
Patjar Merah Buku tersusun
Susunan Buku
Gerilya di Patjar Merah
Patjar boekoe Gerilya
Dibuka sejak pagi hingga malam, selain Lokakarya patjar, Obrolan patjar, Panggung patjar, akan ada juga malam puisi. Mau bernostalgia? Layar tancap pun siap digelar. Harapannya event ini menjadi salah satu agenda penting bagi dunia perbukuan tentunya akan bisa berkeliling Indonesia.

23 thoughts on “PATJAR BOEKOE CILIK GERILYA KE PATJAR MERAH”

  1. Aku baca laporan pandangan mata dari teman-teman di sana aja berasa seru, apalagi yang datang langsung, ya. Selain acara menarik juga bisa belanja buku murah, pula. Ini event tahunankah, Mba?

    Reply
  2. Acara seperti ini tuh kudunya wajib selalu ada tiap bulan di semua kota, ehe!

    Duh kayanya demand banget ya? Tapi emang bener sih, literasi itu perannya besar sekali untuk mengentaskan ketidaktahuan akan dunia yang luas ini.

    Akhirnya bisa jadi salah satu jujukan kalau liburan, ga melulu ke tempat wisata.

    Reply
  3. Aku datang ke Patjar Merah yang di Malang. Acaranya seru! Banyak narasumber yang oke dan topik pembahasan hingga pop up class yang bermanfaat. Tapi sayang, koleksi buku yang dijual kebanyakan buku-buku lama.. huhuhu

    Reply
  4. Kayaknya acaranya seru yaaa.. Buku itu cinta pertamaku. Keinget dulu waktu kuliah sama sahabatku kita nyolong2 baca novel di jam pelajaran kuliah, dan selalu excited tiap ada novel favorit kami baru terbit.. Ahhh miss that moment..

    Reply
  5. Suka banget melihat tumpukan buku seperti ini. Apalagi yang mau dipilih adalah buku2 untuk anak. Pasti deh saya yang paling antusias memilihkan buku untuk anak… biasanya kalau ada bazar murah selalu jadi langganan

    Reply
  6. Event seperti ini menurutkan harus sering sering dijalankan deh.. ngga hanya kota kota besar, kota kota keci juga butuh informasi buku buku yang bagus ya mbak.. semoga tujuan mulianya berkah ya.. masyarakat jadi melek literasi… apalagi buku sebagai sumber ilmu

    Reply
  7. aku selalu berbinar setiap ada event literasi kayak gini mba. Patcar merah kebetulan aku belum pernah membacanya nih mba, kayaknya perlu aku baca deh, karena lagi butuh asupan sastra nih otak aku hihi

    Reply
  8. Wow salut dengan acaranya. Namanya juga unik dan mengandung sejarah. Bermakna sekali ini acara. Saya harap semoga acara sejenis bisa digelar di daerah lain. Cianjur nih salah satunya
    Hehehe
    Amin

    Reply
  9. Awal baca juDulnya agak tergagap. Eh ternyata ada derekan buku2. Seru nih acaranya. Tapi kok udah kelewat lama ya. Aku nggak tau nih tentang kabarnya, kalau tahu pasti langsubg meluncur ke Malang

    Reply

Leave a Comment