Pengalaman Ngeblog dan Memilih Web Hosting 

Kenapa sih Saya ngeblog?  iya ya kenapa ya.  awal mulanya minta dibantu bikin blog oleh suami.  karena suami dulu  pernah punya beberapa blog dan bergabung di komunitas blogging. Dimasa blogging masih baru, belum semenarik saat ini. Saat blogging masih di sebut tren sesa(a)t. 

Blog Bisa Bikin Banyak Teman

Sempat diceritakan kalau dulu suami  ikut acara Kompasiana.  acaranya di JACC sekitar sekitar tahun 2009-2010. Saat itu event blogging disponsori oleh Kompas dan IBSyariah. Masih awal-awalnya muncul tren perbankan syariah. 

Kata suami,  ngeblog itu bisa bikin banyak teman di seluruh dunia.  Terbukti. Suami punya beberapa teman blogger di luar negeri, ada yang berlokasi di Malaysia dan Hongkong. Saya pun baru tahu kalau ada beberapa blogger yang TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Intinya mereka berbagi kisah selama perantauan di negeri orang. 

Hosting Terbaik
Ngeblog Hosting Terbaik

Penghasilan dari ngeBlog

Di awal mengenal dunia blog dan memilih web hosting terbaik,  tidak pernah terpikir bahwa ini akan menjadi penghasilan. Pundi-pundi rupiah bisa dikumpulkan dari tulisan di blog kita. Receh untuk orang lain, namun di masa pandemi saat ini sungguh sangat berharga. 

Harus diakui bahwa  pengalaman  saya  di dunia blog masih sangat sedikit. Beberapa kali untuk persoalan yang berhubungan dengan hal teknis saya terpaksa meminta bantuan suami menyelesaikannya. Seperti memilih nama domain, memilih hosting, optimasi kecepatan blog dan terkadang suami juga membantu teknik penulisan di blog saya.

Membeli Domain yang Murah

Tidak disangka awal bulan kemarin adalah ulang tahun blog saya yang kedua…yeay. Dan saat ini saya memiliki beberapa blog lain…hihihi. Awalnya hanya memiliki blog gratis melalui platform blogger.com. 

Perlahan namun pasti saya bertanya (memaksa) ke  suami untuk membeli domain TLD sebagai redirect platform blogger yang saya gunakan. Suami sih nggak percaya kalau ada orang yang baru mulai ngeblog seminggu-dua minggu sudah minta untuk di pasangkan domain TLD. 

Karena bagi suami ngeblog itu melelahkan, dan kadang kita tidak mendapat apresiasi dari orang lain. Akhirnya karena alasan hemat (pelit) akhirnya domain kakniken.web.id menjadi pilihan. Jujur sih kata suami “Aku nggak percaya kalau kamu bisa nulis rutin”. 

Pembelajaran dari Blogging

Di awal pembelajaran kata-kata suami ada benarnya. Karena bentuk tulisan pun lebih bersifat curhat akan pengalaman yang dilalui sehari-hari. Belum paham apa itu SEO (search engine optimization), bagaimana meningkatkan trafik pembaca, apa itu hosting dan bagaimana memilih web hosting.  Banyak lagi pengetahuan dasar yang tidak saya miliki.

Memilih Web Hosting
Memilih Web Hosting

 

Mempelajari WordPress Hosting Berbayar

Seiring berjalan waktu perlahan-lahan saya memahami bahwa harus mempelajari tentang SEO. Dan saya sangat beruntung bisa belajar SEO yang hampir tanpa biaya. Dengan bergabung di beberapa komunitas blogger. 

Rejeki anak shalihah, ada salah satu mastah yang berkenan berbagi ilmu dan pengalaman tentang SEO. 

Belajar SEO (basic) itu cukuplah mudah karena sudah banyak orang yang memahami. Tinggal bagaimana kita bisa aplikasikan keilmuan kita untuk optimasi blog kita maupun search engine. Akhirnya saya pun mulai mempelajari tentang si hunian untuk wordpress hosting berbayar. 

Masih belum berani untuk melakukan semua secara mandiri, saya membayar web developer untuk membantu mensetting blog saya. Hanya dari satu blog ini kakniken.web.id dan giat belajar saya mulai mencoba mengaplikasikan ilmu-ilmu yang saya dapatkan. 

Perlahan namun pasti pundi-pundi rupiah mulai berdatangan, awalnya hanya Rp100.000. Namun dengan kesabaran dan pantang menyerah fee pembayaran mulai meningkat. Hingga saat ini saya pernah mendapatkan fee pembayaran senilai Rp 700.000  untuk satu tulisan. Alhamdulillah….

Dukungan Suami Pun Mulai Datang

Dari awalnya yang pak suami kurang berkenan mengajari. Hingga saat ini suami malah lebih sering memberikan tips dan trik blogging yang pernah dipelajarinya dulu. Memang suami sempat agak pesimis, karena ilmu blogging sudah berubah dengan pesat selama 12 tahun terakhir.

Eh sekarang malah lebih luas wawasan pak suami tentang dunia digital marketing.  

Hosting murah
Ngeblog jadi mudah dengan memilih hosting terbaik

Memilih Web Hosting untuk Beberapa Blog

Akhirnya setelah banyak diskusi kita sepakat untuk membuat beberapa blog lagi untuk mendukung optimasi. Karena sudah punya dasar ilmunya kita langsung cari referensi jasa hosting dan domain yang capable untuk bundapedia.com, kulinermalang.com, dan lainnya. 

Setelah riset, tanya sana, tanya sini kita dapat rekomendasi untuk memilih web hosting murah dan terbaik dari DomaiNesia. 

DomaiNesia berdiri sejak 2009 yang terus berkembang. DomaiNesia selalu menghadirkan pelayanan yang baik agar pelanggan menjadi senang. Maka kualitas layanan DomaiNesia juga tak kalah menariknya dengan penyedia web hosting yang lainnya.

Nah, harga yang ditawarkan pun bisa adu dengan penyedia web hosting lain. Nggak heran kalau banyak pelanggan yang memberi testimoni atau review DomaiNesia yang positif.

Kelebihan Menggunakan DomaiNesia adalah rata-rata Uptime yang cukup stabil. Serta memiliki layanan support yang baik. Saat dilakukan test load impact, Domainesia berhasil menyelesaikan tes Load Impact dengan rata-rata waktu respon server yang rendah (118,76 ms).

Yang OK adalah paket ‘Extra’ atau Paket Termurah DomaiNesia mendapatkan resources hosting yang sangat cukup untuk membangun website baru. 

Dengan harga renewal nya flat mengikuti siklus pembayaran. Artinya, tidak ada kenaikan harga ketika renewal. Tentunya sangat OK banget. 

Ada paket gratis migrasi hosting dan gratis domain, namun minimal pembelian Paket Super. Dengan panduan masalah customer serta dokumentasi yang cukup lengkap sepertinya sudah cocok banget kalau ku pilih hosting di DomaiNesia. 

 

 

 

17 thoughts on “Pengalaman Ngeblog dan Memilih Web Hosting ”

  1. Memang sebenarnya diawal akan mendapat kendala ya mba, mengingat kita belum mengetahui ilmu di dunia blog ini seperti apa dan bagaimana.
    SEO,TLD,DA dan istilah lainnya pasti belum paham maksud atau artinya itu apa,tapi ya perlahan tapi pasti ya. Asal kita tekun, insya Allah pundi pundi uang akan berdatangan lewat tulisan kita.

    Reply
  2. Saya juga pakai Domainesia untuk salah satu blog saya, Mbak. Alhamdulillah semua okeee, jarang error. Blog satunya juga kayanya tahun ini mau saya pindahin ke Domainesia karena udah sering 503 huhuhu.

    Reply
  3. Wah enak sekali ya kalau bergabung dengan banyak komunitas yang satu passion, bisa dapat banyak manfaat, salah satunya mendapatkan teman yang banyak.

    Ngeblog itu nggak cuma nulis aja ya, lebih baik lagi kalau kita mengerti masalah teknis blog itu sendiri, kayak meningkatkan performa blog dan lain sebagainya. Beruntung nih Kak Niken punya suami yang paham soal teknis merawat blog.

    Nama DomaiNesia ini sudah cukup lama bercokol di dunia web dan hosting ya.

    Reply
  4. Memang sih memilih web hosting itu harus ekstra hati-hati. Sebenarnya saya nggak tahu bagaimana kita harus menentukan akan menggunakan web hosting yang mana? Nah, bisa jadi saya akan menerima masukan orang-orang, seperti apa yang ditulis kak niken ini. Domainesia bisa banget jadi bahan pertimbangan.

    Reply
  5. Aku rasakan sendiri memang ngeblog bikin punya banyak teman dan rezeki, Kak. Senang banget berkat blogging aku bisa kenal banyak teman di seluruh Nusantara. Kalau ke mana-mana bisa kopdar dan siapa tahu ditraktir haha. Apalagi sekarang kan blogging bisa menghasilkan pundi rezeki. Hambatan yang kuhadapi kadang itu sih, aku kan blognya cuma mapping domain, harusnya beli hosting sekalian biar bisa dioptimasi lewat berbagai plugin wordpress. Jadi mikir nih, intip dulu ah hosting di Domainesia. Thx!

    Reply
  6. Aku rasakan sendiri memang ngeblog bikin punya banyak teman dan rezeki, Kak. Senang banget berkat blogging aku bisa kenal banyak teman di seluruh Nusantara. Kalau ke mana-mana bisa kopdar dan siapa tahu ditraktir haha. Apalagi sekarang kan blogging bisa menghasilkan pundi rezeki. Hambatan yang kuhadapi kadang itu sih, aku kan blognya cuma mapping domain, harusnya beli hosting sekalian biar bisa dioptimasi lewat berbagai plugin wordpress. Jadi mikir nih, intip dulu ah hosting di Domainesia. Thx!

    Reply
  7. Iya, mbak. Bener banget
    Memang kerasa ya peningkatan fee yang kita terima as blogger kalau rutin dan konsisten mengembangkan diri

    Reply
  8. Awal ngeblog juga aku karena cari teman baru di dunia maya, maklum dulu di rumah anak masih kecil jadi cari kegiatan. Tapi lama-lama dengan ngeblog banyak hal didapatkan ya termasuk ilmu juga. Untuk urusan hosting juga harus pilih2 ya di DomaiNesia banyak yang rekomendasi nih

    Reply
  9. Asyik banget ya aktivitas ngeblognya didukung suami yg sama2 punya basic blogger. Bisa tanya2 dan dibantuin juga.

    Btw di Domainesia tuh renewal-nya gak naik yah harganya? Asyik tuh. Soalnya yg aku renewal domain suka naik harganya.

    Reply
  10. Bener banget Kak Niken… ngeblog itu mendatangkan banyak temen yahh saya juga seneng banget jadi punya banyak temen sesama suka nulis di blog, hehe. Penyedia hosting Domainesia, noted. Tfs Kak

    Reply
  11. Di baca dulu ya keunggulan nya atau ada promo menarik sy langsung otw website kalau gitu..

    Terimakasih kak info nys….

    Reply
  12. Baca ini jadi inget dulu waktu msh awal ngeblog cuma ngasal pilih hosting. Skrg emang harus gk bleh sembarang pilih hosting

    Reply
  13. DomaiNesia juga bikin saya senang dan rekomendasikan ke teman karena baca fasilitasnya juga lumayan. Saya bikin untuk blog baru juga.

    Reply
  14. Aku punya wordpress tapi belum dioprek, jadi pengalamannya belum banyak. Tapi tulisan ini bisa jadi pertimbangan

    Reply

Leave a Comment