Ini loh, pentingnya website untuk UKM di masa pandemi

Pentingnya website untuk UKM – Beberapa pertanyaan para pelaku UKM dua tahun terakhir adalah apakah ada cara membuat website secara gratis. Pertanyaan ini bukan tidak ada asal muasalnya, apalagi di masa pandemi ini.

Sejak 2020 kegiatan ekonomi di secara global mengalami perubahan yang signifikan. Semua dipaksa go digital, online terhubung melalui internet. Kampanye #dirumah aja menjadi akselerasi bisnis, siapa yang bisa beradaptasi hidup sedangkan yang tidak mati dilindas perubahan.

Alasan UKM Wajib Go Digital

Pos System untuk UMKM
Ilustrasi : Pos System untuk UMKM

Ada beberapa alasan kenapa UKM wajib go digital, anda bisa mengetahui beberapa alasannya di bawah ini :

Relatif Lebih Ramah Modal

Anda bisa menjalankan bisnis anda hanya dengan bermodalkan internet dan ponsel. Bahkan untuk bisnis tertentu anda tidak perlu untuk memiliki tempat usaha.

Secara SDM juga jauh lebih hemat karena tidak harus memiliki beberapa pegawai yang bertugas untuk melayani customer, menjaga toko dan menerima orderan.Semua bisa di handle hanya dengan gadget, baik fungsi sebagai operator, supervisor dan manager.

Saat bisnis anda sudah berhasil full digital, maka penggunaan aplikasi dengan berbagai macam fitur yang memudahkan sudah pasti akan sangat berguna. Beberapa aplikasi dan provider sudah menyediakan fitur pencatatan transaksi jual beli, stock opname, billing otomatis, pengiriman, pembayaran digital, sampai akses permodalan. 

Semua bisa dijalankan hanya dengan satu aplikasi yang tentu menghemat pengeluaran operasional.

Jangkauan Pemasaran Terukur

Dengan online maka jangkauan pemasaran bukan lagi kota, kabupaten atau provinsi namun internasional. Saat anda menggunakan social media, pemasaran anda bisa menjangkau pembeli dari Malaysia, Amerika dan Eropa. 

Selama fokus dengan konten kreatif yang bisa menjangkau audiens lebih banyak, maka pemasaran online tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Apalagi anda bisa mengatur sendiri besarnya biaya yang ingin dikeluarkan sebagai budget marketing sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Atau jika anda hanya ingin berfokus dengan area tertentu, contoh bisnis kuliner. Anda bisa mengatur target market yang memang secara kebiasaan berada di sekitar lokasi usaha anda. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak membengkak dan terbuang sia-sia

Memperoleh Data Konsumen Lebih Mudah

Alasan lain kenapa bisnis harus go digital adalah kemudahan Anda untuk mendapatkan review dan feedback. Adapun alasan kenapa bisnis harus go digital adalah data konsumen. 

Tentu data konsumen adalah informasi berharga yang dibutuhkan oleh usaha untuk tetap bisa berkembang. Anda bisa mendapatkan insight untuk membuka cabang, menambah produk baru dan melakukan evaluasi akan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Membangun Engagement Dengan Pelanggan

Kondisi saat ini membuat konsumen memiliki pola yang berbeda. Semua mengharapkan segalanya serba cepat dan mudah. Komplain segera di respon oleh seller, kita bisa memberikan feedback di kolom komentar dan memberikan rating sesuai dengan kualitas layanan seller. 

Meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas

Sudah pasti, jika bisnis anda go digital maka persaingan memuaskan persepsi konsumen. Dengan social media, platform jualan online bahkan website sendiri maka produk atau jasa anda sudah memiliki kredibilitas tersendiri di mata konsumen. 

Cara berbelanja di website Felancy
Ilustrasi : Cara berbelanja di website Felancy

Pentingnya Website untuk UKM

dilansir dari jurnal.id, Website adalah media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Sederhananya website adalah brosur online kita yang bisa bekerja 24 jam selama 7 hari setahun penuh. Dari sisi biaya website sederhana itu seharga 3000 rupiah per hari. Lumayan murah untuk biaya promosi UKM

Selain jadi media promosi, website juga bisa menjadi media edukasi calon buyer. Kita bisa menambahkan beberapa artikel yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita jual. Serta dengan website kita bisa mempublish pencapaian usaha yang kita bangun. 

Biasanya UKM yang belum memiliki pemahaman kuat tentang bisnis digital akan tidak maksimal mengoptimasi website nya padahal ada beberapa tips untuk mengoptimasi website kita agar dapat digunakan secara efektif dan efisien. 

Adapun beberapa tips untuk mengoptimasi website

  • SEO (search engine optimization) 

Apa yang dimaksud dengan SEO? Search engine optimization atau SEO adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengoptimalisasi mesin pencari. Ada banyak sekali tips SEO yang bisa diterapkan agar konten yang Anda unggah ke internet bisa ditemukan oleh orang yang membutuhkannya.

Dengan seo kita bisa memberikan solusi yang diinginkan oleh calon buyer, sehingga kemungkinan terjadi nya konversi semakin tinggi.

  • FB Ads atau IG Ads

Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fanpage yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. (wikipedia)

Namun disini yang kita iklankan adalah website kita, sehingga banyak traffic yang masuk kedalam landing page sehingga bisa menjadi leads dan buyer setelah masuk ke website yang kita miliki

  • Ecommerce

Website Ecommerce ini adalah kita membuat sebuah website dengan puluhan, ratusan produk yang kita perdagangkan. Sehingga audiens akan menemukan one stop solution. Contoh paling sederhana adalah Ace Hardware memiliki website ecommerce sendiri untuk menjual produk-produknya.

Kesimpulan

Jadi sudah mendapatkan insight akan pentingnya website untuk UKM? Jangan khawatir, saat ini banyak sekali bertebaran tutorial cara membuat website secara gratis.  Jadi pasti untuk go digital bukan lagi sebuah hambatan.

Berikan pendapat anda di kolom komentar ya…

*ingin kerjasama usaha kamu kami review di media online yang kredibel silahkan email ke nickn30@gmail.com

Leave a Comment