Butuh peralatan kantor untuk buka usaha? Apa saja sih kelengkapan yang diperlukan untuk memulai bisnis baru? Selain tempat dan izin untuk mendirikan usaha, kita juga perlu menyiapkan aneka peralatan kantor untuk mendukung operasional harian.
Walaupun sebagian besar dunia usaha sudah serba digital tapi ada beberapa peralatan yang tetap kita butuhkan untuk kelancaran usaha. Karena dengan adanya fasilitas pendukung serta kelengkapan office equipment akan membawa dampak positif. Sehingga tercipta produktivitas dan efisiensi kinerja.
Peralatan Kantor Untuk Buka Usaha
Untuk menghindari pemborosan saat membangun usaha maka perlu membeli peralatan yang paling penting terlebih dahulu. Berikut ini 5 peralatan kantor yang diperlukan :
Koneksi Internet
Koneksi internet merupakan peralatan yang paling penting. Terutama jika bisnis atau jenis usaha kita sangat tergantung dengan akses informasi. Biasanya kita membutuhkan kabel ethernet, router, and switch atau modem untuk menghubungkan jaringan.
Telepon atau alat komunikasi
Sudah menjadi hal umum, untuk kelancaran komunikasi kita wajib memiliki alat komunikasi. Telepon atau handphone masih menjadi pilihan yang bisa diandalkan. Ada berbagai pilihan alat komunikasi di pasaran yang bisa kita pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan.
Komputer atau Laptop
Komputer atau laptop merupakan item yang masih sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan harian. Biasanya digunakan untuk pengolahan dokumen, komunikasi hingga akses informasi.
Printer
Walaupun saat ini sudah serba digital, namun ada beberapa berkas yang butuh penampakan secara fisik dokumen. Oleh karena itulah printer masih menjadi peralatan kantor yang wajib tersedia.
Scanner
Idealnya sih kita bisa mencari printer yang multifungsi. Maksudnya, nggak hanya sebagai mesin untuk mencetak, tapi juga memiliki fitur scan dan faks. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran untuk peralatan
Koneksi Internet
Peralatan yang satu ini terutama penting jika bisnis Anda sangat bergantung pada akses informasi. Untuk kebutuhan ini, kabel Ethernet, router, and switch wajib tersedia dan digunakan, terutama jika Anda akan membangun jaringan besar yang dapat mendukung aktivitas karyawan dalam jumlah besar. Sedangkan modem dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan Anda dengan dunia luar, yang juga dibutuhkan untuk menyediakan sambungan Internet di kantor.
Printer
Walaupun dengan kemajuan teknologi dan adanya internet mempermudah pengiriman informasi tanpa harus menggunakan kertas lagi, nyatanya orang-orang masih merasa lebih nyaman menggunakan bentuk fisik dokumen atau informasi tersebut. karena itulah printer jadi peralatan kantor yang juga wajib tersedia.
Scanner
Idealnya, pilihlah printer multifungsi yang bukan hanya bisa mencetak, tapi juga memiliki fitur scan dan faks. Oiya, scanner merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk menggandakan berkas. Sehingga kita bisa memiliki cadangan berkas dalam versi digitalnya.
Proyektor
Peralatan yang satu ini kita butuhkan ketika melakukan presentasi internal maupun dengan pihak luar.
Tentunya, masih ada berbagai peralatan kantor yang juga sebenarnya tak kalah pentingnya. Namun, keenam produk diatas sudah terbilang cukup untuk menunjang bisnis kita. Kalian bisa mendapatkan peralatan kantor untuk buka usaha melalui Solusi Arya Prima.
CV. Solusi Arya Prima (Premmiere.co.id) adalah perusahaan penyedia barang dan jasa elektronik untuk segmen pemerintah dan swasta. Memiliki kantor pusat di Semarang dan juga mempunyai kantor cabang di seluruh Indonesia.
Kak Niken ambil contoh dua produk yang perlu banget ada di kantor kita nih. Ada HP ProBook 430 G8 NoteBook PC dan HP ScanJet Pro 3000 S4 Sheet-feed Scanner.
HP ProBook 430 G8 NoteBook PC
Desain baru dari HP kali ini lebih ringkas. PC Laptop HP ProBook 430 bisa memberikan kinerja komersial, keamanan, dan daya tahan yang mumpuni bagi para profesional di perusahaan. Dengan harga sekitar 19 jutaan, kita bisa mendapatkan notebook dengan spesifikasi, diantaranya seperti yang ada pada ilustrasi berikut ini:

HP ScanJet Pro 3000 S4 Sheet-feed Scanner
Sudah tahu kan ya kalau kebutuhan scan berkualitas dan cepat untuk perkembangan bisnis memang nggak bisa ditawar lagi. maka kita membutuh scanner andalan seperti yang ditawarkan HP ScanJet Pro 3000 s4 Sheet-feed Scanner. Alat ini bisa mempercepat semua pekerjaan scan dokumen sekaligus dalam jumlah besar dan bolak-balik secara otomatis.
Untuk spesifikasinya bisa dilihat pada ilustrasi berikut ini :

Itu dia dua rekomendasi peralatan kantor untuk buka usaha yang bisa dipilih. Informasi selengkapnya bisa cek langsung di https://premmiere.co.id/ sebagai penyedia katalog peralatan elektronik perkantoran dan peralatan pendukung bisnis lainnya.