Perbedaan IP Camera CCTV dan Analog Camera. Mana yang Cocok Untuk Anda?

Pasti Anda tidak asing lagi dengan namanya kamera pengintai. Kegunaannya yang sangat membantu dalam segi keamanan dan pengawasan, membuatnya semakin populer. Kepopuleran kamera pengawas ini dibedakan menjadi dua jenis kamera yaitu IP Camera CCTV dan Analog Camera.

Penggunaan dua kamera tersebut sebenarnya sama yaitu dengan cara merekam video pada suatu lokasi tertentu kemudian ditransferkan ke perangkat berikutnya sehingga bisa ditampilkan di monitor yang tersedia. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya.

Kamera CCTV Analog

Sesuai dengan namanya, kamera ini mengandalkan sinyal analog untuk mengirimkan video dari satu kamera pengintai atau lebih ke perangkat penerima. Pengiriman data dilakukan dengan menggunakan kabel. Kabel yang digunakan yaitu kabel coaxial yang dihubungkan ke Digital Video Recorder (DVR). Di DVR, selanjutnya diubah menjadi video yang tadinya sinyal analog ke sinyal digital, data akan dipadatkan. Kemudian data disimpan di dalam hard drive.

Resolusi yang diberikan CCTV analog bervariasi dan untuk saat ini resolusi rata-rata berada di 2MP sehingga pengalaman dalam mendapatkan hasil gambar tidak terlalu memuaskan, namun cukup untuk menampilkan objek. Namun, jangan Anda berharap untuk detail video akan jernih karena gambar yang dihasilkan cenderung buram dibandingkan.

Anda jangan mengharapkan pula kemampuan digital zoom pada CCTV analog. Untuk kemampuan seperti ini, Anda harus mempertimbangakan kebutuhan Anda pada objek atau ruangan yang ingin Anda pantau sebelum memasang kamera pengintai. Hal ini dikarenakan akan sangat sulit bagi Anda nantinya bila ingin melihat detail objek atau untuk proses identifikasi melalui video.

Dalam pembiayaan, harga pembelian unit CCTV analog umumnya lebih murah dibandingkan IP Camera CCTV. Hal ini dikarenakan DVR masih menggunakan sinyal analog dan bandwidth yang digunakan umumnya juga lebih rendah. Namun, perlu Anda pahami, sudut pandang pada CCTV Analog pada umumnya cukup terbatas, sehingga akan sedikit sulit untuk mengawasi ruangan atau area yang lebih luas. Jika Anda tetap menggunakan CCTV analog, Anda bisa menempatkan CCTV lebih dari satu. Perlu dipertimbangkan pula penempatan dari kamera pengintainya agar tidak memakan banyak kabel.

IP Camera CCTV

IP Camera CCTV memiliki arti Internet Protocol Camera atau biasa disebut kamera jaringan atau Smart Camera. Seperti namanya, kamera ini menerapkan konsep pintar dengan menggunakan teknologi yang sekarang berkembang.

Cara kerja dari IP CCTV Camera sendiri adalah gambar yang diambil dengan teknologi CCTV, langsung dikirimkan dengan menggunakan koneksi jaringan lokal maupun internet dalam bentuk sinyal digital atau data. Besarnya ukuran data disesuaikan sebelumnya dengan protokol jaringan. Sederhananya, ini adalah alat perekam yang digunakan untuk kegiatan mengakses video dan merekam video.

Kamera ini didesain dengan resolusi yang cukup tinggi. Kemampuan kamera ini dalam menciptakan gambar yang lebih detail tak perlu diragukan karena IP CCTV Camera telah dikantongi bersama dengan resolusi yang sangat tinggi hingga 8K. Resolusi ini juga bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan saja.

Dalam hal sensor, umumnya lebih fungsional. Sensor yang paling rendah adalah setara pada penggunaan kamera CCTV analog. Namun, sangat disarankan bagi Anda bila menemukan yang menggunakan sensor interlaced, lebih baik Anda tidak usah membeli kamera tersebut. Hal ini dikarenakan kamera pengintai dengan sensor tersebut biasanya digunakan pada CCTV Analog konvensional yang menghasilkan sedikit sekali perbedaan dengan kamera analog pada umumnya.

Untuk IP Camera CCTV, lebih baik Anda memilih menggunakan sensor progressive. Anda juga bisa melakukan pengecekan pada sensor yang tertera pada keterangan yang tersedia, Anda juga bisa pro-aktif bertanya pada penjual mengenai sensor ini. Jika tidak ada, Anda bisa melakukan pencarian spesifikasi IP Camera CCTV di forum-forum internet.

"<yoastmark

Baca juga : Seperti Apa Standar Baru Sistem Keamanan Gedung di Era New Normal?

Perbedaan IP Camera CCTV dan CCTV Analog Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini Perbedaan IP Camera CCTV dan CCTV Analog

  • Dua kamera ini akan memberikan tingkat fleksibilitas yang berbeda pula. Kamera CCTV analog bisa diakses bila ada remote akses dengan menggunakan DVR yang telah dihubungkan dengan kamera. Sedangkan IP CCTV Camera sudah dikembangkan dan didesain dengan memanfaatkan jaringan local atau internet tanpa membutuhkan perangkat tambahan.
  • Kualitas gambar. Dengan kemampuan yang sudah dijelaskan sebelumnya, sudah sangat jelas IP CCTV Camera akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam dibandingkan CCTV analog. Di kebanyakan IP Camera CCTV telah disematkan pula kemampuan merekam gambar dalam kondisi kurang cahaya atau gelap.
  • Analisa Video. Video yang terekam dapat dianalisa oleh pengguna dengan menggunakan sistem zoom in and zoom out pada IP CCTV Camera. Memang, CCTV analog juga bisa dimanfaatkan sistem ini, namun kemungkinan besar gambarnya akan menjadi tidak jelas dan buram. Dengan sensor yang telah ditanamkan pada IP CCTV Camera, tentunya akan menghasilkan notifikasi berupa suara atau peringatan pada hal-hal yang mengaktifkan sensor.

IP Camera CCTV dan CCTV Hikvision Solusi Keamanan Anda

Pemilihan pada IP CCTV Camera dan analog camera yang Anda butuhkan akan menjadi solusi untuk keamanan lingkungan. Oleh karena itu jangan salah dalam memilih kamera pengintai hanya karena harga dan keunggulan yang tidak signifikan. Anda perlu melakukan review pada produk yang Anda mau kelak.

Namun, jangan khawatir, bila Anda masih bingung dengan IP Camera CCTV atau kamera pengintai seperti apa yang Anda butuhkan. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai produk-produk CCTV dari Hikvision dan dapatkan kamera pengintai versi terbaik Anda.

Baca juga :

Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM, Apa Saja?

BARDI Smart Home Indonesia Bikin Rumah Jadi Pintar

 

2 thoughts on “Perbedaan IP Camera CCTV dan Analog Camera. Mana yang Cocok Untuk Anda?”

Leave a Comment