Lifestyle Parenting and Traveling

Sedang Cari Tahu Perbedaan Spooring dan Balancing? Info Valid

Perbedaan Spooring dan Balancing
Perbedaan Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing merupakan salah satu perawatan mobil yang sudah tak asing lagi bagi Anda pemilik mobil. Baik spooring maupun balancing merupakan perawatan untuk menjaga bagian bawah mobil yaitu kaki-kaki agar tetap terjaga. Dengan perawatan ini mobil akan terhindar dari keausan ban tidak merata, berdengung, gejala limbung, getaran saat berjalan atau mobil cenderung membelok meski posisi setir sedang lurus bisa dialami.

Meskipun sangat umum, tapi masih ada saja orang yang masih menyangka spooring dan balancing itu sudah sepaket dalam satu rangkaian perawatan. Padahal keduanya tidak sama. Simak artikel ini untuk mengetahui perbedaan spooring dan balancing agar Anda tidak keliru dalam melakukan perawatan. 

Spooring

Perawatan ini sering dilakukan oleh pemilik kendaraan roda empat ketika mengalami kendala seperti setir kemudi terasa berat, setir yang sulit kembali ke posisi semula saat dipakai berputar, hingga setir sulit dikendalikan dan sering bergerak sendiri. 

Perawatan spooring akan menyesuaikan kedudukan roda-roda mobil agar kembali pada setelan pabrik seperti semula. Biasanya akan ada tiga komponen yang disetel ulang saat Anda melakukan spooring, yaitu camber, sudut caster, dan juga toe. Dengan melakukan spooring kaki-kaki mobil Anda akan jadi lebih stabil dan simetris.

Fungsi spooring: 

  • Membuat setir kemudi jadi ringan
  • Mengembalikan gaya putar pada setir setelah berbelok
  • Membuat setir jadi lebih mudah dikendalikan dan tidak bergerak sendiri
  • Menghindarkan bagian ball-joint dan roda dari keausan

Balancing

Seperti namanya, balancing berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan roda. Balancing idealnya dilakukan ketika Anda sedang ganti ban atau velg. Perawatan ini dilakukan dengan menambahkan beban pada salah satu roda yang lebih ringan dari yang lain, tujuannya tentu agar keseluruhan kaki-kaki bisa seimbang beratnya antara kanan-kiri maupun depan-belakang. Dengan melakukan balancing, mobil akan jadi lebih stabil dan mudah dikendalikan. Agar kondisinya tetap terjaga, jarak ideal perawatan ini sebaiknya dilakukan setelah Anda menempuh jarak 20.000 km sekali.

Fungsi balancing:

  • Menyeimbangkan seluruh ban
  • Perawatan ban agar seimbang pada titik pusat roda

Baik spooring maupun balancing, keduanya sangat penting dilakukan agar kaki-kaki mobil tetap sehat. Mengingat kaki-kaki mobil merupakan bagian yang selalu bersinggungan langsung dengan medan jalanan setiap harinya. Lakukan perawatan spooring dan balancing hanya di tempat terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki. Kunjungi segera https://www.suzuki.co.id/services/automobile untuk menjadwalkan perawatan spooring dan balancing mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *