Perempuan Mandiri Secara Finansial Demi Kesehatan Mental Terjaga

Arti dari mandiri secara finansial yaitu ketika Anda sudah memiliki penghasilan sendiri dan mampu mencukupi kebutuhan Anda, serta tidak bergantung pada orang lain. Namun, mandiri dalam hal keuangan apakah hanya menjadi kewajiban kaum pria? Perempuan mandiri secara finansial pun tentu akan mendapat banyak dampak besar dan manfaat yang datang pada hidup mereka.

Banyak yang menganggap bahwa mandiri secara finansial hanya menjadi kewajiban bagi kaum pria saja. Namun, stigma tersebut tentu harus dimusnahkan karena kaum wanita pun tentunya perlu mandiri dalam hal keuangan. 

Karena dengan mandiri secara finansial bisa menjaga kesehatan mentalnya. Mengapa demikian? Simaklah penjelasan berikut mengenai manfaat menjadi perempuan yang mandiri secara finansial.

Manfaat menjadi Perempuan yang Mandiri secara Finansial

Seperti definisi mandiri secara finansial yang telah dijelaskan di atas, perempuan yang mandiri dalam hal keuangan tentunya akan merasakan besarnya dampak yang mereka dapat. Perempuan yang telah memiliki penghasilan sendiri dan dapat mencukupi kebutuhan mereka tanpa bergantung pada orang lain tentu akan memiliki kekuatan untuk mengatur hidup mereka sendiri.

Umumnya, definisi perempuan yang mandiri secara finansial di atas berlaku bagi mereka yang belum menikah. Pada perempuan yang telah menikah, mandiri secara finansial berarti menjadikan penghasilan mereka sebagai cadangan atau bantuan bagi suaminya apabila terjadi sesuatu yang mendesak dalam rumah tangga mereka.

Bagi perempuan yang belum berumah tangga, namun telah memiliki kemandirian secara finansial tentunya akan merasakan banyak manfaat yang telah mereka dapat. Apakah Anda ingin mengetahui manfaatnya lebih lanjut? Simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga : Rayakan Hari Perempuan Indonesia, FWD Community Ladies Talk Dukung Inklusi Keuangan

1.    Melangkah sesuai Rencana atau Keinginan

Anda dapat memiliki potensi yang cukup besar dalam mencapai target yang telah Anda rencanakan. Seperti melanjutkan pendidikan serta mengejar dan mendapatkan karir yang lebih tinggi sesuai keinginan Anda menggunakan kemampuan finansial yang Anda miliki.

2.    Menjadi Aspirasi atau Panutan bagi Orang Lain

Selain dapat menentukan langkah yang telah Anda tetapkan apabila Anda menjadi perempuan yang mandiri secara finansial, Anda pun dapat menjadi sosok yang menginspirasi bagi perempuan atau orang-orang lain di luar sana.

Baca juga : Strategi Mengatur Keuangan di Tahun Baru, Atasi Masalah Finansial!

Hal ini terjadi berkat kekuatan yang telah Anda miliki pada posisi tersebut. Adanya stabilitas dan kemampuan menjadi mandiri dalam hal keuangan tentunya bukan menjadi alasan yang mengejutkan apabila Anda dijadikan sebagai aspirasi bagi banyak orang.

Aspirasi tersebut dapat berupa adanya tanggung jawab yang lebih besar, menentukan hal-hal apa saja yang perlu diprioritaskan dalam mengeluarkan uang, serta mulai belajar dan memahami pentingnya manajemen keuangan.

Baca juga : Passion On Dengan ProteksiON dari FWD Insurance

3.    Menjadi Sosok yang dapat Diandalkan

Perempuan yang memiliki kemandirian dalam hal finansial dianggap sebagai sosok orang yang dapat diandalkan. Anda akan dinilai memiliki tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Tidak hanya diandalkan secara material, Anda dapat pula dimintai pendapat sesuai sudut pandang yang Anda miliki, serta diberi tanggung jawab untuk membuat keputusan.

4.    Menjadi Lebih Percaya Diri

Kepercayaan diri ini timbul karena kekuatan yang Anda miliki dalam hal finansial. Perasaan ini akan mendorong Anda untuk menjadi wanita yang lebih berani dalam mengambil keputusan dalam berbagai situasi, terlebih lagi dalam lingkup yang menyangkut keuangan.

Baca juga : Perencanaan Keuangan Jangka Panjang dengan FWD Treasury Armor Link 

Itulah penjelasan mengenai manfaat perempuan mandiri secara finansial. Hal ini tentunya menjadi salah satu aspek penting dalam hidup Anda apabila Anda mulai berproses untuk menjadi lebih mandiri secara finansial. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh memaksakan diri Anda untuk cepat mencapai posisi tersebut, serta nikmatilah proses yang Anda jalani. Karena mandiri secara finansial bisa ditandai dengan kesehatan mental yang terjaga, terutama di masa pandemi seperti ini. 

Maka salah satu cara menghindari resiko diri dan keuangan di masa depan yaitu dengan membeli produk asuransi dari FWD Insurance. Diantaranya asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. 

Dengan begitu Anda tak perlu khawatir untuk tetap bisa menjalani hidup karena sudah terlindung dari resiko kesehatan. Salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia yaitu FWD Insurance. 

Kini sudah tersedia FWD Hospital Care Protection. Mampu memberikan cakupan perlindungan secara menyeluruh baik itu rawat inap atau rawat jalan. Selain itu juga dilengkapi dengan manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. 

Manfaat lainnya juga memberikan tambahan lain yakni limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Informasi selengkapnya bisa cek di website resminya di www.fwd.co.id ya. 

Leave a Comment