Perencanaan Keuangan Jangka Panjang Bagi Kaum Millenial

Perencanaan keuangan jangka panjang sebaiknya mulai dilakukan oleh kaum millenial. Hal ini merupakan proses untuk mengelola keuangan Anda untuk meraih kesejahteraan finansial. Memiliki perencanaan keuangan untuk jangka panjang mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh.

Masih berpikir mengatur keuangan lebih banyak dilakukan oleh yang sudah berkeluarga saja? Padahal dengan mengatur rencana keuangan dengan matang akan membuat kehidupan finansial Anda menjadi lebih jelas dan terarah. Ya kan… alih-alih hanya dihabiskan untuk foya-foya atau gaya hidup di masa muda lebih baik kaum millennial mempersiapkan investasi sejak saat ini.

Salah satunya asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Dengan memiliki perencanaan keuangan terlebih lagi secara jangka panjang, tentu akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan Anda. Bila Anda belum tahu secara jelas apa saja manfaat dan bagaimana cara mengatur rencana keuangan jangka panjang, simaklah penjelasan berikut dengan saksama.

Manfaat Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dan tips mengatur rencana keuangan jangka panjang yang dapat Anda terapkan.

1. Mempunyai Biaya Simpanan yang Lebih

Mengatur keuangan secara terstruktur dapat membantu Anda menjadi lebih hemat. Bila Anda cukup hemat dalam menggunakan harta yang Anda miliki, tentu Anda dapat menabung yang dapat berguna sebagai modal masa depan.

2. Untuk Mengatur Pengeluaran

Memiliki rencana keuangan yang jelas hingga jangka panjang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan uang Anda sehari-hari.

3. Untuk Menyiapkan Dana Darurat

Salah satu manfaat perencanaan keuangan jangka panjang adalah untuk menyiapkan dana darurat apabila Anda mengalami adanya krisis finansial, atau adanya kejadian-kejadian tidak terduga yang Anda alami.

4. Untuk Mempersiapkan Dana Pernikahan

Menyelenggarakan pernikahan tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, tergantung pada seberapa besar acara yang Anda adakan. Maka, Anda perlu mengatur keuangan sejak muda.

5. Untuk Mempersiapkan Biaya Kebutuhan Anak

Perencanaan keuangan dapat berguna untuk memperkirakan dana yang akan Anda gunakan saat memiliki anak nanti, seperti biaya kehamilan hingga pendidikan anak.

Tips Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

1. Buatlah Planning yang Jelas

Membuat planning atau scenario plan mengenai kegiatan finansial apa saja yang akan Anda lakukan di masa mendatang dapat dikatakan sebagai langkah yang paling awal saat Anda hendak memulai untuk mengatur rencana keuangan jangka panjang Anda.

Baca juga : Strategi Mengatur Keuangan di Tahun Baru, Atasi Masalah Finansial!

2. Tentukan Target yang Ingin Anda Capai

Dengan menentukan target yang jelas dan realistis, Anda tentu akan lebih terpacu untuk dapat mengatur keuangan Anda dengan lebih maksimal.

3. Menyusun Anggaran

Menyusun anggaran dapat Anda mulai dengan menentukan skala prioritas anggaran terlebih dahulu. Perkirakanlah hal-hal yang menurut Anda patut untuk diprioritaskan, kemudian, susunlah anggaran berdasarkan skala prioritas yang telah Anda buat.

Termasuk membeli produk asuransi perlindungan. Seperti halnya asuransi kesehatan, maka Anda akan mendapat perlindungan untuk penanganan kesehatan. Jika memilih asuransi jiwa maka perusahaan asuransi akan menanggung resiko bila nasabah meninggal dunia.

Baca juga : Perencanaan Keuangan Jangka Panjang dengan FWD Treasury Armor Link 

FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Hospital Care Protection. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX.

Penasaran dengan produk-produk di FWD Insurance? Bisa cek aja langsung ke website www.fwd.co.id.

4. Selalu Menyiapkan Dana Darurat

Sesuai dengan salah satu manfaat perencanaan keuangan yang matang, menyiapkan dana darurat dapat digunakan untuk keperluan mendadak selama enam bulan ke depan, seperti adanya hal-hal serta kejadian yang tidak terduga. Maka, tidak ada salahnya untuk menyisihkan 5-10% dari penghasilan per bulan Anda.

Baca juga : Mengatur Keuangan dengan Metode Amplop

5. Hindari Pengeluaran Dana yang Berlebihan

Pengeluaran biaya secara berlebihan bahkan pada hal-hal kurang diprioritaskan tentu harus Anda hindari. Anda perlu mengatur pengeluaran sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini agar dapat mengatur perencanaan keuangan jangka panjang dengan lebih baik dan optimal.

Itulah beberapa manfaat dan tips yang dapat kaum Millenial terapkan saat akan mengatur perencanaan keuangan jangka panjang. Perlu diperhatikan bahwa dengan memiliki rencana keuangan secara terstruktur, Anda akan dapat lebih disiplin dalam mengatur kehidupan finansial Anda.

Baca juga : FWD Hospital Care Protection, Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi

Leave a Comment