Perencanaan Keuangan Jangka Panjang dengan FWD Treasury Armor Link 

Perencanaan keuangan merupakan proses mengelola keuangan kita untuk meraih kesejahteraan finansial. Memiliki perencanaan keuangan jangka panjang yang matang akan membuat kehidupan finansial kita menjadi lebih jelas dan terarah. 

Kesalahan dalam merencanakan keuangan bisa berdampak kurang baik kita dan keluarga. Jadi ingat kejadian bulan lalu ketika suami keluar dari toilet lalu bilang, “Bun, tadi pas Aku menggosok gigi, eh keluar darah cukup banyak.” Deg!

“Jangan-jangan sikat giginya kena ke dinding mulut?” begitu kataku. “Aku nggak ngerasa ngenain sih. Makanya kaget pas kejadian tadi.” Sejak saat itu Kak Niken jadi sering membayangkan kalau tiba-tiba suami sebagai kepala keluarga sakit atau meninggal. 

Tentu keluarga tercinta bisa mengalami berbagai hal terutama jika tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.  Maka saat itu terbitlah untuk memiliki perlindungan diri jangka panjang. Agar dapat memberikan perlindungan untuk bantu meningkatkan kesejahteraan finansial. 

Dengan memiliki perencanaan keuangan terlebih lagi secara jangka panjang, tentu akan membuat kita menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Lalu bagaimana cara mengatur rencana keuangan jangka panjang? Simaklah penjelasan berikut. 

Manfaat dan Tips Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Bagaimana perencanaan keuangan yang benar? Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dan tips mengatur rencana keuangan jangka panjang yang dapat kita terapkan.

Apa Manfaat di Susunnya Perencanaan Keuangan Jangka Panjang?

  • Mempunyai Biaya Simpanan yang Lebih

Mengatur keuangan secara terstruktur dapat membantu kita menjadi lebih hemat. Bila cukup hemat dalam menggunakan harta yang dimiliki, tentu kita dapat menabung yang dapat berguna sebagai modal masa depan.

  • Untuk Mengatur Pengeluaran

Memiliki rencana keuangan yang jelas hingga jangka panjang dapat membantu kita dalam mengoptimalkan penggunaan uang sehari-hari.

  • Untuk Menyiapkan Dana Darurat

Salah satu manfaat merencanakan keuangan jangka panjang adalah untuk menyiapkan dana darurat apabila kita mengalami adanya krisis finansial, atau adanya kejadian-kejadian tidak terduga yang alami.

  • Untuk Mempersiapkan Dana Hajatan

Menyelenggarakan pernikahan, pengajian, dan lainnya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, tergantung pada seberapa besar acara yang diadakan. 

  • Untuk Mempersiapkan Biaya Kebutuhan Anak

Perencanaan keuangan dapat berguna untuk memperkirakan dana yang akan kita gunakan untuk anak,  mulai dari biaya kehamilan hingga pendidikan anak. 

Perencanaan Keuangan Jangka Panjang
Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Tips Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

  • Buatlah Planning yang Jelas 

Membuat planning atau scenario plan mengenai kegiatan finansial apa saja yang akan kita lakukan di masa mendatang. Bisa dikatakan sebagai langkah yang paling awal saat kita hendak memulai untuk mengatur rencana keuangan jangka panjang.

  • Tentukan Target yang Ingin diCapai

Dengan menentukan target yang jelas dan realistis, kita tentu akan lebih terpacu untuk dapat mengatur keuangan dengan lebih maksimal.

  • Menyusun Anggaran

Menyusun anggaran dapat dimulai dengan menentukan skala prioritas anggaran terlebih dahulu. Perkirakanlah hal-hal yang menurut kita patut untuk diprioritaskan, kemudian, susunlah anggaran berdasarkan skala prioritas yang telah dibuat.

  • Selalu Menyiapkan Dana Darurat

Sesuai dengan salah satu manfaat perencanaan keuangan yang matang, menyiapkan dana darurat dapat digunakan untuk keperluan mendadak selama enam bulan ke depan. Seperti adanya hal-hal serta kejadian yang tidak terduga. Maka, tidak ada salahnya untuk menyisihkan 5-10% dari penghasilan per bulan kita.

  • Hindari Pengeluaran Dana yang Berlebihan

Pengeluaran biaya secara berlebihan bahkan pada hal-hal kurang diprioritaskan tentu harus dihindari. Kita perlu mengatur pengeluaran sesuai dengan kebutuhan saat ini agar dapat mengatur rencana keuangan dengan lebih baik dan optimal.

  • Proteksi sekaligus Investasi

Melek investasi untuk memperoleh perlindungan dari kejadian yang tak terduga di masa depan dan mendapatkan manfaat investasi untuk menambah aset kita sangat penting. Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa juga merupakan hal yang diperlukan.  

Itulah beberapa manfaat dan tips yang bisa kita terapkan saat akan mengatur rencana keuangan jangka panjang. Perlu diperhatikan bahwa dengan memiliki rencana keuangan secara terstruktur, maka diharapkan bisa lebih disiplin dalam mengatur kehidupan finansial.

Karena hal tersebut juga untuk tujuan memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan finansial. Hal diatas sejalan dengan FWD Insurance yang menggandeng Bank Commonwealth untuk meluncurkan FWD Treasury Armor Link. 

Launching FWD Unit Link
Launching FWD Unit Link

FWD Treasury Armor Link

PT FWD Insurance Indonesia meluncurkan produk perlindungan jiwa terbarunya, FWD Treasury Armor Link. Dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance dengan Bank Commonwealth. 

Tujuannya untuk memberikan perlindungan seumur hidup sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan finansial melalui investasi. Hal tersebut demi memenuhi tujuan jangka panjang kita. 

FWD Treasury Armor Link merupakan produk asuransi jiwa unit-link yang bisa kita beli melalui kantor cabang Bank Commonwealth yang ada di seluruh Indonesia. Produk ini mampu memberikan perlindungan diri jangka panjang. Plan yang ditawarkan ternyata memberikan perlindungan bagi kita hingga 100 tahun lho. 

Menariknya, perencanaan keuangan jangka panjang seperti ini bisa diwariskan ke keluarga kita secara penuh jika meninggal dunia. Nggak hanya itu saja, karena disaat yang sama juga bisa membangun kesejahteraan finansial melalui hasil investasi dari premi yang diinvestasikan. 

Kita bisa mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu : Manfaat Bonus Loyalitas (Loyalty Bonus Benefits) dan Manfaat Bonus Investasi (Investment Bonus Benefits) yang bisa membantu kita mencapai tujuan investasi. 

Senada dengan yang diungkapkan oleh Direktur, Chief of Operation, Product Proposition & Syariah, Ade Bungsu, “Kami harapkan melalui FWD Treasury Armor Link ini kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi untuk diri sendiri dan orang-orang tercinta akan meningkat.”

“Sehingga semakin banyak orang yang bisa menjalani hidup dengan bebaskan langkah berani.” tambahnya saat acara peluncuran FWD Treasury Armor Link pada Oktober 2021 lalu. 

FWD Treasury Armor Link
FWD Treasury Armor Link

Keunggulan FWD Treasury Armor Link

Berikut ini beberapa keunggulan FWD Treasury Armor Link, yaitu : 

  • Komprehensif. Masa Asuransi hingga usia 100 tahun, tersedia berbagai pilihan jenis investasi dengan hasil optimal, dan ada berbagai pilihan asuransi tambahan yang bisa melengkapi perlindunganmu. 
  • Kompetitif. Alokasi investasi sejak tahun pertama, punya kesempatan untuk mendapatkan manfaat Bonus Loyalitas pada tahun ke-5 dan ke-10, untuk menjaga keuangan kita agar tetap aman dan sesuai rencana. Terdapat kesempatan mendapatkan manfaat Bonus Investasi pada ulang tahun Polis dimulai dari akhir tahun Polis ke-3. 
  • Fleksibel. Bebas melakukan penarikan atau penambahan dana setiap saat, bebas biaya Pengalihan Dana Investasi untuk transaksi online serta bisa menikmati fasilitas e-Services dalam satu genggaman. 

Pada masa sekarang ini, melakukan perencanaan keuangan jangka panjang untuk mendapatkan manfaat yang optimal sangat diperlukan. Agar kedepannya kesejahteraan finansial kita semakin meningkat. 

Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website FWD Insurance dan memiliki peluang lebih besar. 

 

18 thoughts on “Perencanaan Keuangan Jangka Panjang dengan FWD Treasury Armor Link ”

  1. Halo kak Niken, bener banget nih bahwa perencanaan keuangan jangka panjang mesti diperhatikan banget, kalau saya yang paling penting mulai dari menyisihkan tabungan buat pendidikan anak ke depan.

    Eh baru tahu ada FWD insurance nih, coba nanti baca-baca lebih lanjut, tfs kak

    Reply
  2. Betul sekali ya bahwa untuk menyiapkan perencanaan keuangan yang jelas, harus jelas pula tujuan finansial yang ingin diraih. Karena kalau tidak ada target, uangnya bisa meleset kemana-mana 😀

    Reply
  3. Makin awal memulai perencanaan keuangan yang baik, makin terarah juga ya dalam mencapai tujuannya. Makanya event yang mendukung literasi keuangan ini bisa membantu buat yang masih clueless, biar lebih melek investasi.

    Reply
  4. Bonusnya cukup menggiurkan.
    Meski saya belum paham benar akan bonus Loyalitas (Loyalty Bonus Benefits) dan manfaat bonus Investasi (Investment Bonus Benefits)
    Jadi penasaran nih pastinya…

    Reply
  5. Memang harus ada kesadaran untuk melakukan perencanaan keuangan sedini mungkin ya, untuk menghindari hal financial yang tak terduga

    Reply
  6. Yesss, menyadari bahwa kehidupan dengan semua jalan cerita yang tak jarang diluar kemampuan prediksi kita, memang semestinya concern tersendiri untuk membuat Perencanaan Keuangan Keluarga dengan mengalokasikan sebagian penghasilan pada instrumen Asuransi.

    Semoga kita bisa memiliki kemerdekaan dan kesejahteraan finansial, Alhamdulillah jika bisa diwariskan ke anak-cucu, aamiin

    Reply
  7. Informatif banget nih, jadi menyadarkan aku akan perencanaan keuangan. Tadinya ga kepikiran loh punya anggaran atau semacamnya, hanya taunya tuh nabung aja ga tau buat apaan. Sekarang harus lebih bisa mengatur keuangan.

    Reply
  8. Oh ini bancassurance yaaa mba, gak worry lah Commonwealth bank terpercaya yang memang terbiasa menghandle investasi reksadana juga, dulu pernah punya soalnya aku tuh, yang penting pahami klausulnya dan cari tahu finansial goalsnya kita masing-masing

    Reply
  9. Ini nih yang harus banget IBu melek, info tentang finacial gini. Jadi amit-amit kalau terjadi sesuatu yang diluar rencana, ada dana cadangan kedepannya.

    Reply
  10. woow, bisa sampai 100 tahun ya bahkan bisa jadi warisan pula ya.
    oke nih, secara sebagai kepala keluarga memang butuh tuh perlindungan buat dirinya dan tentu juga buat keluarganya jika ada hal-hal yang terjadi di luar kuasa kita ya.

    Reply
  11. Bener banget nih, perencanaan keuangan yang jelas ternyata penting ya, aku baru tersadar setelah berkeluarga, hihi.. harusnya hal begini udh bisa mulai dilakukan pas pertama punya penghasilan sendiri nih, biar makin terarah 🙂

    Reply
  12. Dana darurat dan asuransi memang penting untuk dimiliki karena manusia tdk tahu apa yg akan terjadi pada masa yang akan datang. Pemilihan asuransi juga harus sesuai kebutuhan ya.

    Reply
  13. Melek investasi untuk memperoleh perlindungan dari kejadian yang tak terduga di masa depan dan mendapatkan manfaat investasi untuk menambah aset kita sangat penting. Dan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah dua hal yang penting

    Reply

Leave a Comment