Mengenal Perusahaan Konsultan HKI, Tempat Jasa Pendaftaran Merek

Bagi sebuah produk yang diperjualbelikan, merek adalah komponen yang penting dan merupakan bagian dari eksistensi produk itu sendiri. Merek dikenal sebagai identitas yang membedakan Anda dari para kompetitor. 

Untuk bisa membuat sebuah merek tidaklah mudah. Diperlukan kreatifitas tingkat tinggi dan pemahaman akan filosofi produk untuk bisa menciptakan merek yang bukan cuma menarik tapi juga bermakna.

Seperti yang kita pahami bahwa merek, logo, dan produk merupakan bentuk kekayaan intelektual yang perlu mendapatkan perlindungan dan pengakuan. Maka demi menjaga dan menghargai bisnis si pemilik merek, maka merek suatu produk haruslah didaftarkan dengan cara yang tepat. 

Mendaftarkan merek dagang secara resmi sama saja memberikan kekebalan dan imunitas pada produk dari berbagai ancaman. Namun sudahkah Anda mengetahui tempat yang tepat untuk mendaftarkan merek produk Anda?

Dimana jasa Pendaftaran Merek? Jika Anda bertanya ke mana merek dagang bisa didaftarkan? Jawabannya hanya satu, yaitu Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau yang biasa disingkat DJKI. DJKI adalah lembaga yang berada di bawah Kemenkumham.

Namun bagi Anda yang masih awam atau merasa repot untuk mengurus semuanya sendiri, tidak perlu khawatir. Karena sekarang, sudah banyak perusahaan konsultan yang menawarkan jasa pendaftaran merek dan jasa sejenis yang berkaitan dengan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) lainnya. Perusahaan ini biasa disebut sebagai Konsultan HKI.

Apa itu Konsultan HKI?

Konsultan HKI adalah sebuah organisasi bagi para profesional yang memiliki keahlian di bidang kekayaan intelektual. Perusahaan Konsultan HKI hadir untuk mempermudah masyarakat dalam segala hal yang berkaitan dengan HAKI.

Apakah Praktik ini Legal?

Praktik konsultan HKI adalah 100% legal. Keberadaan konsultan HKI sudah dipayungi hukum yaitu PP Nomor 2 tahun 2005 tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual.

Sejak awal, DJKI tidak pernah mengharuskan pemohon untuk melakukan permohonan sendiri. Jika tidak memungkinkan, pemohon dapat menunjuk wali kuasa untuk menjalani setiap proses pendaftaran merek.

Dalam hal pengurusan HAKI, konsultan HKI adalah wali yang sangat tepat karena terdiri dari orang-orang yang sudah paham dan berpengalaman. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa konsultan untuk mendaftarkan merek dagang Anda.

Jasa yang Ditawarkan Konsultan HKI

Sebagai organisasi yang mengurusi masalah HAKI, konsultan HKI memiliki range layanan jasa yang cukup luas. Umumnya, konsultan HKI melayani permintaan jasa berikut ini:

Pendaftaran Merek

Pengurusan merek di konsultan HKI juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan pemohon. Mulai dari analisa penelusuran merek, pendaftaran, dan permohonan perpanjang merek adalah contoh dari jasa yang berkaitan dengan merek.

Pendaftaran Paten

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta di bidang teknologi. Konsultan HKI juga banyak menangani seputar pengurusan paten mulai dari pra pendaftaran hingga pasca pendaftaran.

Perusahaan Konsultan HKI
Perusahaan Konsultan HKI (Pict by. Pendaftaran Merek Dagang)

Pendaftaran Desain Industri

Hak akan desain industri adalah kepemilikan atas suatu desain pada suatu produk tertentu yang dinilai unik dan tentunya hasil dari cipta dan karya sendiri. Adanya desain industri membuat nilai estetika dari produk menjadi bertambah.

Jasa yang ditawarkan kurang lebih sama bagi pemohon yang ingin mendaftarkan hak desain industrinya. Mulai dari pendaftaran, gambar desain industri, sertifikat desain industri, dan lainnya.

Pendaftaran Hak Cipta

Hak cipta merupakan hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta untuk memperbanyak, mengkonsumsi, dan menikmati karyanya. Biasanya hak cipta berkaitan dengan karya-karya seni dan sastra. Konsultan HKI biasa melayani pendaftaran hak cipta, perubahan nama atau alamat, hingga mendaftarkan isu pengalihan hak cipta.

Demikianlah ulasan seputar perusahaan konsultan HKI yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari cara untuk bisa mendaftarkan merek atau hak kekayaan intelektual lainnya. Selamat berbisnis dengan aman dan nyaman!

19 thoughts on “Mengenal Perusahaan Konsultan HKI, Tempat Jasa Pendaftaran Merek”

  1. wah ternyata jasa seperti ini tuh ngebantu banget ya apalagi buat yang awam jadi makin mudah dan jadi lebih cepat dong urusannya apalagi legal

    Reply
  2. Wah keren, saya baru tau ada jasa seperti ini. Memang penting banget ya buat mematenkan merk atau hak kekayaan intelektual lainnya. Soalnya terima nggak terima masih banyak aja oknum-oknum nackal yang suka asal comot karya orang lain tanpa ijin. Kalau sudah terdaftar kan lebih tenang dan aman..

    Reply
  3. Memang mba penting banget pendaftaran merk itu. Aku ada teman yang brand makanannya sudah terkenal, tapi ketika beberapa tahun setelahnya mau bikin paten ditolak karena sudah ada brand lain yang mematenkan nama brand yang namanya mirip. Akhirnya dia terpaksa ganti brand :'(

    Reply
  4. Pendaftaran hak cipta penting banget sih, dan untuk pengurusan merk bagi yang masih awam akan sangat terbantu dengan adanya Perusahaan Konsultan HKI ini, karena sudah terjamin aman, legal dan sudah ada payung hukumnya

    Reply
  5. Cukup memudahkan kita dalm menciptakan brand ya, jadi pengurusan hak paten bisa lebih mudah dgn menggunakan jasa HKI

    Reply
  6. Dalam prakteknnya, ngurus merek itu lumayan ribet. Kalau mau dipermudah memang bisa hire perusahaan konsultasi HKI ya

    Reply
  7. Penting banget ini hak cipta. Sebagai wujud perlindungan terhadap hasil karya intelektual seseorang. Untuk langkah-langkah pendaftarannya bagaimana Kakak?

    Reply
  8. ini misalkan kalau produk yg mau kifa buat sudah ada hak paten orang jadi gak bisa gitu ya mba,

    emang pemilihan brand produk itu susah susah gampang, jadi benar benar harus dipaten kan supaya enggak mudah dicopy orang

    Reply
  9. Kalau ada perusahaan konsultasi HKI begini enak ya mba, buat yang punya usaha pengen cari tahu informasi gitu jadi nggak keblondrok, tahu resiko dan tahu keunggulannya lebih dulu

    Reply

Leave a Comment