Lifestyle Parenting and Traveling

Picturepedia, Ensiklopedia Visual Terbaik Yang Manjakan Mata

Ensiklopedia Visual Anak
Ensiklopedia Visual Anak

“Mak, mau ikutan PO Picturepedia di Book Depository dengan harga miring nggak?” tanya salah seorang teman melalui chat whatsapp. Wow…. Tawaran menarik. Nggak perlu berpikir lama, langsung setuju untuk ikut pesanan pembelian buku tersebut.

Picturepedia, merupakan ensiklopedia visual terbaik yang jadi incaran para ibu muda saat itu. Tahun 2016 ketika Big Bad Wolf (BBW), salah satu bursa buku impor terbesar hadir di BSD, Tangerang disitulah Kak Niken mulai “melek” tentang betapa menariknya buku impor.

Ensiklopedia Visual Terbaik
Membaca Ensiklopedia Visual Terbaik

 

Namun Picturepedia, an encyclopedia on every page yang diterbitkan oleh DK ini nggak pernah ada di BBW (kecuali seri lainnya dari DK). Hanya ada di toko buku seperti Kinokuniya dan ecommerce amazon atau sejenisnya. Harga yang ditawarkan juga cukup menguras kantong tapi nggak sampai jual sawah kok. ^.^

Sebulan kemudian pesanan buku ensiklopedia untuk anak ini akhirnya sampai juga. Berhasil dapat buku impor harga miring itu kebanggan tersendiri ^.^. Cuma bayar Rp 175.000 dari harga normal biasanya di atas Rp 350.000.  Bahkan di Book Depository dijual dengan harga diatas 600 ribu. Wuih mantul kan.

Heboh deh saat itu dunia emak-emak yang doyan ngajak anaknya belajar sambil bermain. Karena sebagian besar ngincer buku pintar yang sangat memanjakan mata ini.

Kenapa Sih Ngincer Ensiklopedia Picturepedia DK?

Menurut wikipedia, Ensiklopedia adalah karya referensi atau ringkasan yang menyediakan rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu. Ensiklopedia terbagi dalam artikel atau entri yang sering disusun secara alfabetis atau kategori tematik.

Picturepedia ini diterbitkan oleh DK. DK, sebelumnya dikenal sebagai Dorling Kindersley, merupakan perusahaan penerbitan multinasional Inggris yang mengkhususkan diri pada buku referensi bergambar untuk orang dewasa dan anak-anak dalam 63 bahasa.

Lho, jadi ensiklopedia ini ditulis dalam bahasa Inggris? Iya. Kalau anak usia dini memangnya bisa membaca? Bisa (baca gambar) ^.^ Kak Niken beli buku ini ketika kakak Kal usia 3 tahun dan sangat kepakai banget sampai sekarang usianya menjelang 8 tahun dan mulai bisa membaca.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 2015, Picturepedia telah diubah menjadi edisi yang lebih mendebarkan yang akan membawa kita pada pengembaraan visual. Melalui Picturepedia ini kita bisa stimulasi kecerdasan visual-spasial anak dengan lebih menarik dan mengajarkan anak berpikir kritis.

Picturepedia
Picturepedia

Asah Kecerdasan Visual-Spasial dengan Ensiklopedia

Kecerdasan visual-spasial merupakan satu diantara tujuh kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Ternyata jenis kecerdasan ini bisa dibilang langka atau tidak banyak orang yang memilikinya.

Apa saja keistimewaan dari kecerdasan visual-spasial? Terletak pada kemampuan kita untuk berpikir, memahami dan menerjemahkan pikiran atau imajinasi ke dalam bentuk visual.

Kecerdasan ini biasanya melibatkan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran dan hubungan antara elemen-elemen tersebut. Nah, dalam ensiklopedia visual Picturepedia, anak diajak untuk melihat suatu objek dari berbagai sudut pandang.

Yang kami suka dari buku ini karena digambarkan sesuai dengan aslinya alias real, bukan gambar kartun. Karena ini yang dibutuhkan anak usia dini, paham konkret dulu baru abstrak. Cek aja tentang beberapa metode pendidikan masa kini tentang konsep tersebut. Tsahh…

Dari situlah mereka akan mampu merekam apa yang dilihat dan dibayangkannya setelah membaca buku ensiklopedia anak kemudian menuangkannya dalam bentuk gambar yang detail.

Buku Ensiklopedia Anak
Buku Ensiklopedia Anak

Picturepedia, Ensiklopedia Visual Terbaik

Setuju nggak kalau Picturepedia dikatakan sebagai ensiklopedia visual terbaik? Bagi Kak Niken dan anak-anak, ini seperti membuka sumber ilmu pengetahuan yang ada di muka bumi ini dalam genggaman tangan.

Kalau kita lihat bagian dalamnya, buku brilian ini dipenuhi dengan foto-foto menakjubkan, informasi yang mencekam, dan diagram penjelasan yang memungkinkan penemuan-penemuan menakjubkan.

Tahukah kita bahwa lebih dari setengah berat tubuh manusia adalah air dan ikan koi dapat hidup lebih dari 200 tahun? Atau bagaimana jika ada lebih dari 20.000 pulau di Samudra Pasifik, atau bahwa Turki makan paling banyak roti, dengan setiap orang menghabiskan 104,6 kg (230,5 lb) per tahun?

Makin penasaran? Berikut ini daftar isi secara garis besarnya:

  • Science and Technology

Mulai dari Big Bang, ilmu fisika dan kimia, keajaiban alam, tubuh manusia, bahkan kendaraan yang ada di lingkungan perkotaan. Menarik nih ketika kami membaca judul motorbikes, di halaman 58-59.

Dijelaskan bahwa alat transportasi yang populer selama hampir 100 tahun, yaitu sepeda motor. Kendaraan ini dapat bergerak lebih cepat daripada kendaraan jalan raya lainnya. Dari membaca buku ini, kita bisa ajak anak untuk melakukan beberapa percoban sains sederhana.

  • Nature

Pengetahuan alam yang ada di bumi ini selalu jadi hal menarik bagi anak-anak. Diawali dengan pembahasan tree of life, seperti apa makhluk hidup pertama yang muncul di bumi.

Pohon kehidupan ini menunjukkan betapa semua dimulai dari awal yang sederhana seperti fosil, tumbuhan, berbagai jenis hewan hingga habitatnya. Kemudian menuntun kita pada perkembangan keragaman yang sangat menakjubkan bagi kehidupan sekarang ini.

  • Geography

Bumi, air, bebatuan, iklim hingga benua dan yang menyertainya ternyata sangat luas sekali. Anak-anak juga bisa diajak untuk mengetahui tentang lingkungan hidup di bumi kita yang semakin rusak.

Polusi, penggundulan hutan, dan pembakaran bahan bakar fosil yang semua itu mengubah lingkungan kita. Sehingga menyulitkan banyak spesies tumbuhan dan hewan untuk bertahan hidup. Apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya? Bisa cek di halaman 176-177.

  • Culture

Bicara soal budaya tentu nggak akan ada habisnya. Kak Niken pernah ajak anak-anak ke Taman Mini Indonesia Indah, ternyata mereka sangat excited sekali.

Mengetahui tentang bendera masing-masing negara, hari perayaan, kesenian, musik, bangunan, makanan bahkan gaya berbusana tentang pakaian yang kita kenakkan dan bagaimana cara memakainya, tentu jadi pelajaran menarik bagi anak-anak.

  • Sports and Hobbies

Suka dengan dunia olahraga? Cari tahu jenis dan ragamnya di ensiklopedia visual terbaik ini. Sebut saja sepak bola, tennis, atletik, olahraga musiman, combat sports, membuat tali simpul bahkan magic games.

Nah ini, menarik banget saat kami praktek membuat simpul. Karena keterampilan ini sangat menyenangkan dan berguna dalam banyak situasi. Misalnya panjat dinding, berlayar dan lainnya yang terkait dengan keselamatan.

  • History

Siapakah manusia pertama yang ada di bumi? Apa dan bagaimana bangsa mesir, amerika, renaisans berkembang dan seperti apa mitosnya? Ada cerita apa di balik perang dunia 1 dan 2?

Video Picturepedia, Ensiklopedia Visual yang Memanjakan Mata

Buku ini mengajak kita untuk mengeksplorasi ide dan memupuk rasa ingin tahu tentang dunia tempat tinggal kita. Anak-anak kak Niken hampir setiap hari membaca (gambar) dari ensiklopedia ini.

Namun disarankan lebih berhati-hati jika digunakan oleh anak dibawah usia 5 tahun karena lembaran halaman dari kertas art paper ini bisa saja sobek kalau ditarik anak-anak.

Maklum biasanya mereka sangat ekspresif dan banyak bertanya sambil bolak-balik lembaran kertasnya. Tanpa sadar, bisa sobek. Haha ini sih pengalaman pribadi yang bikin mamak jadi tantrum.

Bisa beli dimana? Cari aja di ecommerce pasti ada deh. Cari yang asli ya. Cetakan terbaru biasanya ada tulisan Smithsonian di bagian hard cover-nya.

Nggak rugi deh kalau punya Picturepedia DK ini karena sangat lengkap dengan total 360 halaman full colour yang memanjakan mata. Apalagi informasinya bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Kita akan menemukan pengetahuan ahli, berjam-jam kesenangan, dan inspirasi tanpa akhir di halaman ensiklopedia visual terbaik ini. Selamat membaca bersama anak!

Responses (18)

  1. Anak-anak cenderung mau membaca kalau bukunya bergambar ya kak. Aku suka sihbuku-buku gini. Jadi bisa meningkatkan kemampuan literasi anak.

  2. Saya sering bursa BBW ini, tapi belum pernah sekalipun ke sana, padahal lokasinya nggak jauh amat dari rumah.

    Meski harga bukunya relatif mahal, tapi kalo kualitasnya bagus dan banyak manfaatnya, kenapa nggak, iyeee kan?!

    Dulu masih inget ada jenis buku rangkuman lengkap, namanya RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap). Waktu itu populer banget, tapi sekarang entah ke mana tuh buku.

    So, buku picturepedia ini worth it banget, apalagi isinya berbobot dan full color. Pasti akan memanjakan mata si pembaca.

  3. Dulu zaman kecil suka banget sama buku-buku ensiklopedi begini. Ada buku namanya Bunga Rampai yang isinya lengkappp banget tentang Indonesia dan berbagai keajaiban dunia. Apalagi buku Picturepedia terbitan luar ini ya Mbak, pastinya serba lengkap dan detail banget isinya.

  4. Ini memang buku keren, Mbak. Walau sekarang info bisa didapat di media online dna internet, tetap beda dengan membaca dan mengetahui dari buku.
    Dan Mbak NIken beruntung dapat harga cihuy seperti itu. Dan buku seperti ini, akan terus dipakai oleh anak-anak. Bahkan bisa ke adik-adiknya, sampai nanti ke anak-anaknya selanjutnya.

  5. Waaah seru banget picturepedia ini. Dalamnya warna warni memanjakan mata. Meski belum bisa baca anak-anak suka ya lihat gambarnya. Mayan banget ya kak Niken pas dapat harga diskon

  6. Waaah seru banget picturepedia ini. Dalamnya warna warni memanjakan mata. Meski belum bisa baca anak-anak suka ya lihat gambarnya. Mayan banget ya kak Niken pas dapat harga diskon cuma 175 ribu.

  7. Pengen punyaaaa…. Keren ulasannya Kak Niken. Picturepedia ini pasti bikin anakku yg SD bakal seneng kalau punya. Apalgi visual science, budaya, semuanya nampak real bgt. Saya aja sebagai orang dewasa pengen baca. Biar lebih inget lagi dan malah mungkin sangat banyak hal baru yg belum saya ketahui. Asyik kalau bisa baca bersama anak.

  8. Punya buku ensiklopedi seperti ini manfaatnya jangka panjang ya. Jadinya nggak masalah gitu misalnya harganya lumayan mahal karena sebanding dengan manfaatnya

  9. Tebel bangeeed Picturepedianya. Enak ya dilihatnyabanyak gambar, apalagi yang namanya ensiklopedia mah isinya abadi deh. Worthed untuk dimiliki keluarga

  10. Bagus nih bukunya buat anak2. Aku kemarin big bad wolf gak berani datang takut khilaf. Haha.. Pas patjar merah datang aja dompetku jeboool. Anak lanang pada borong kabeh sak bapake pisan tapi tetep ae yg paling akeh emake haha

  11. Mantul banget sih harganya bisa jauh banget potongannya kak. Berasa kayak menang undian nih ya.. dapet buku keren yakni picturepedia dengan harga yang murceee.

  12. Wah menarik nih, pasti anak-anak suka dan terus menambah pengetahuan nya, apalagi didesain dan dikemas yang mudah diterima anak-anak yaa

  13. wah kece buku ensiklopedianya
    ukurannya besar ya mbak, jadi gambar gambarnya pasti lebih jelas ya
    btw bisikin harganya dong mbak, anakku suka baca ensiklopedi soalnya

  14. Kalau buku anak-anak begini ada gambarnya, seneng nih. Jadi anak-anak semakin menarik untuk membacanya. Siap-siap nih saya beli buku picturepedia buku anak ini. Untuk melatih anak biar gemar membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *