Ini Dia 5 Platform E-learning Terbaik di Indonesia

Ada yang menarik dengan hadirnya pandemi Covid-19. Yaitu munculnya platform e-learning terbaik di Indonesia, baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa. Apabila dilihat dari segi efektivitas memang benar platform E-learning tidak bisa menyaingi pembelajaran tatap muka. 

Walau demikian e-learning dinilai lebih efisien karena hemat biaya, hemat waktu dan hemat tenaga. Karena pemahaman dari siswa bergantung pada e-learning dan guru mereka. Hingga kini, kedua anak Kak Niken juga terdaftar menjadi peserta didik di beberapa aplikasi yang ada. 

E-learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan secara digital dengan memanfaatkan jaringan internet serta web server sebagai infrastruktur utama. Sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan ada koneksi serta akses menuju website e-learning.

Platform e-learning tentunya sangat mendukung untuk pembelajaran jarak jauh yang bisa menjadi salah satu pilihan. Dari sekian banyak platform e-learning di Indonesia, Kak Niken mau kasih info 5 platform e-learning yang bisa Anda coba. 

Apa Saja Platform E-learning Terbaik di Indonesia?

  • QuBisa

QuBisa merupakan platform belajar online yang memiliki fokus untuk mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda. Sehingga mereka mampu menajdi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). 

E-learning QuBisa juga memiliki kursus online secara gratis dan ada sistem poin Liga PoinQu. Metode belajarnya pun dikemas dengan sangat kreatif dalam bentuk kursus online, webinar, dan microlearning

QuBisa dapat diakses via website atau aplikasi di smartphone. Platform ini sangat membantu dalam mempermudah akses untuk belajar dan menemukan jalur sesuai minat dan bakat mereka. Dengan begini, kita bisa lebih siap bersaing di berbagai industri.

Memiliki tagline “AKU BISA, KAMU BISA”, QuBisa bertujuan untuk menyediakan wadah online course yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Cocok sebagai tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen. 

  • Sekolah.mu

Sekolah.mu merupakan aplikasi yang menjadi sekolah atau tempat belajar online pertama di Indonesia. Menggunakan sistem blended learning, sebagai solusi atas kebutuhan pendidikan yang lebih fleksibel dan personal. Sekolah.mu menyediakan berbagai materi pembelajaran yang telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan yang terpercaya. Materi pembelajaran ini bisa diakses melalui situs resmi maupun aplikasi. 

Sekolah.mu juga menyediakan berbagai kelas belajar online yang bisa diakses gratis mulai dari  jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pengguna bisa memilih program sesuai kebutuhannya masing-masing dan menikmati berbagai fitur di dalamnya seperti Tanyamu, Ujianmu, Kelasmu, dan Karirmu. 

Dalam situs Sekolah.mu, siswa juga mendapatkan berbagai materi pembelajaran dengan format live streaming, online learning maupun recording yang dipandu guru dari berbagai sekolah. Metode belajarnya asyik lho, semoga anak-anak happy terus dan suatu saat bisa masuk universitas terbaik

Belajar online dengan platform e-learning
Belajar online dengan platform e-learning
  • Zenius

Pada 2004, PT Zona Edukasi Nusantara atau lebih dikenal dengan Zenius berdiri sebagai bimbel offline yang menyediakan konten pembelajaran atau materi dalam bentuk CD dan DVD. Kini Zenius telah menjadi bimbingan belajar online yang cukup populer. Memiliki lebih dari 11 juta pengunjung dan bisa diunduh lewat Play Store dan App Store secara gratis. 

Aplikasi pembelajaran ini didirikan oleh Sabda PS dan Medy Suharta pada tahun 2007. Zenius menghadirkan beberapa fitur penunjang pembelajaran mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Fitur yang menjadi andalan pada aplikasi ini adalah simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Aplikasi Zenius bisa diunduh melalui App Store dan Play Store.

  • Moodle

Platform e-learning selanjutnya adalah moodle, yang merupakan layanan LMS dan telah diluncurkan sejak tahun 2002. Platform open source yang satu ini menjadi salah satu ciri khas sehingga memungkinkan para pengguna untuk melakukan kustomisasi tampilan sesuai dengan keinginan.

Tak hanya sampai disitu saja karena fiturnya juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Layanan LMS yang satu ini dapat dibilang cukup canggih walau dalam mengoperasikan tak semudah kedua layanan sebelumnya.

Sebagai pengguna Anda harus memahami dasarnya terlebih dahulu, Namun apabila anda ingin instan maka anda dapat menggunakan jasa developer. Platform yang satu ini cocok bagi para pengembang layanan pembelajaran karena dinilai sangat rumit digunakan.

  •  Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangguru sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang memiliki fokus layanan pada bidang pendidikan. Platform e-learning di Indonesia ini sudah dipercaya untuk bermitra dengan 32 dari 34 pemerintah provinsi, 326 pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. 

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan berbasis teknologi yang meliputi layanan video pembelajaran, platform ujian online, kelas virtual, les privat, serta konten pembelajaran lain yang bisa diakses melalui web maupun aplikasi Ruangguru.

Anak-anak yang kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bisa mendaftar Ruangbelajar by Ruangguru. mereka bisa belajar secara mandiri dengan puluhan ribu video belajar animasi serta terdapat latihan soal. Nggak perlu diragukan lagi kualitas Ruangguru untuk menunjang keberhasilan anak-anak dalam belajar. Online learning ini bisa diakses melalui Windows dan Mac atau menggunakan aplikasi Ruangguru. 

Dari ke-5 platform e-learning terbaik diatas, Kak Niken bisa bilang kalau QuBisa termasuk yang cocok digunakan oleh generasi Millenial dan Gen Z. Terutama jika Anda seorang fresh graduate yang akan dan sedang memasuki dunia kerja. Karena QuBisa memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi diri. Banyak anak-anak muda mencari QuBisa sebagai tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen. 

Tinggal unduh aja Aplikasi QuBisa untuk Android atau Aplikasi QuBisa untuk iOS di smartphone Anda. Ikuti langkah untuk pendaftarannya, setelah selesai langsung bisa digunakan untuk belajar. 

Menurut Kak Niken, platform QuBisa ini informatif dan menawarkan banyak sekali kemudahan. Karena juga sudah bermitra dengan pemerintah untuk menghadirkan kelas pelatihan prakerja

Terdapat dua jenis kelas, yaitu : 

  • Kelas KSM (Keterampilan Sukses Milenial), mencakup kelas kemampuan dasar, kepemimpinan, hingga keseimbangan diri.
  • Kelas KDM (Keterampilan Digital Milenial), mencakup kelas analisis data digital, publikasi konten digital, dan produktivitas digital. 
Kelas pelatihan prakerja di QuBisa
Kelas pelatihan prakerja di QuBisa

Kolaborasi Pembelajaran Virtual dengan Memanfaatkan LMS 

Jadi, gimana sih caranya supaya proses pembelajaran secara virtual di QuBisa menjadi lebih maksimal? Salah satunya dengan memanfaatkan LMS (Learning Management System) atau yang biasa disebut LMS Corporate QuBisa. 

Learning Management System adalah istilah umum dalam sistem komputer yang dikembangkan secara khusus untuk mengelola pembelajaran secara online atau virtual. Mulai dari mendistribusikan materi hingga terjadinya kolaborasi antara siswa dan guru.

Kolaborasi pembelajaran virtual dengan LMS Corporate Qubisa akan memberikan banyak keuntungan dalam pembelajaran. Apalagi dalam penyajian konten lebih banyak dengan simulasi interaktif. 

Kelas Pelatihan Prakerja

Setelah mengasah skill melalui program yang bisa dipilih pada platform QuBisa, kini saatnya untuk mengembangkan potensi kerja. Melalui Program Kartu Prakerja, kita bisa mengembangkan kompetensi diri jika akan terjun dalam dunia kerja sesungguhnya. 

Aplikasi siap kerja dari QuBisa juga menyediakan kelas pelatihan prakerja yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Yuk segera tingkatkan kompetensi dirimu di dunia kerja!

Itu dia 5 platform e-learning terbaik di Indonesia yang bisa dipilih sesuai jenjang usia dan kebutuhan. Selamat mengembangkan diri dan berprestasi!

25 thoughts on “Ini Dia 5 Platform E-learning Terbaik di Indonesia”

  1. Anakku udah coba yang Zenius dan ruangguru, kalau Qubisa belum pernah coba.
    Kolaborasi pembelajaran virtual dengan memanfaatkan LMS ini banyak keuntungannya, ya. Ada kelas pelatihan prakerja juga yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Menarik sekali!

    Reply
  2. Keuntungan e-learning ini, siapapun bisa mengakses bahan dan materi ajar dgn mudah.
    ga perlu tinggal di kota2 besar ya mba.
    bisa ketemu pemateri yg smart dan memberikan banyak wawasan.

    Reply
  3. Dari semua yang kak Niken review, aku udah nyobain Qubisa dama Zenius. Kalau QuBisa emang platform yang ngebantu siap kerja buat para fresh graduate. Kalo Zenius, aku nyoba bareng anak-anak karena ada ZenCorenya.

    Reply
  4. Pandemi datang di saat teknologi sudah canggih ya, jadi masyarakat gak bosan di rmah aja tetap bisa mengasah keterampilan lewat paltform e-learning salah satunya QuBisa yang menyediakan banyak kelas termasuk untuk pelatihan prakerja

    Reply
  5. Seneng banget deh, saat ini semakin banyak platform e-learning yang bikin kita bisa jadi upgrade ilmu via online walo hanya di rumah aja. Yang penting mau niat belajar dan ada kuota secukupnya, pasti bisa yaaah. Udah gak ada alesan lagi untuk bermalas-malasan deh

    Reply
  6. Baru nyobain qubisa aja siy, seneng banyak konten pelatihan free disana. Artikel juga bagus² kadang suka baca di webnya

    Reply
  7. Iya mba. Pandemi bikin kita ga slalu bisa belajar tatap muka ya. Tapi untung sekarang banyak media belajar online yang walaupun ga bisa menggantikan pelajaran tatap muka tetapi membantu sekali ya untuk mengurangi penularan si Covid ini.

    Ngomong ngomong tentang Qubisa ini ada banyak ya manfaatnya termasuk ada pelatihan prakerja juga ya

    Reply
  8. QuBisa, plaform ini sudah digunakan adikku yang baru lulus sekolah dan belum dapat pekerjaan. Dia bergabung di QuBisa dan ambil kelas pelatihan kerja. Puji Tuhan sekarang dia sudah dapat pekerjaan. Memang posisi kerja sekarang tidak cukup ilmu tetapi skillpun dibutuhkan ya

    Reply
  9. Banyak pilihan platform e-learning di Indonesia tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi terkait kelas pelatihan prakerja. Jadi banyak ada kesempatan untuk mengembangkan diri dan berprestasi pasti!

    Reply
  10. Aplikasi Qubisa sih yang menurut saya paling terbaik karna memang banyak banget keunggulan yang dimiliki aplikasi ini.

    Reply
  11. Dari beberapa platform diatas aku baru tau Sekolah.mu sama Moddle lho. Sekarang belajar bisa dimana aja, salah satunya pakai platform E learning. Praktis banget

    Reply
  12. Makasih maak ringkasannya jadi bisa membandingkan mana yang sesuai.
    Efek pandemi akirnya banyak bermuculan e learning ya…Bagus sih cukup belajar dari rumah tapi efektif tidak ya bergantung yg menjalaninya ya.

    Reply
  13. Saat ini masih ada pelatihan prakerja ngga sih mba? Aku udah ngga ngikuti, padahal kalau bisa dapet lumayan ya. berguna karena platform belajar sudah lengkap.

    Reply
  14. Dengan kemudahan makin variatif platfirm e learn ini bikin bisa belajar dari rumah saja ya. Saya udah nyoba juga buat anak Ruangguru dan Sekolah.Mu mba

    Reply
  15. Sisi positif dari pandemi lahirnya beragam e-learning yang ternyata sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, bahkan oleh para pencari kerja yang baru lulus kuliah. 5 platform yang disebutkan di atas, sering kubaca infonya di blog temen2, termasuk Qubisa, ini salah satu platform e-learning terbaik yang banyak digunakan orang2.

    Reply
  16. Kalau aku sering pakai si Sekolahmu ini, karena banyak program yang pas untuk anakku. Dan selain itu anaknya memang senang yang visualnya oke dan juga metode belajarnya mudah.

    Reply
  17. Wah wah, banyak juga ya ternyata platform untuk belajar online. Aku selama ini cuma tahu beberapa. Masing-masing punya kelebihan masing-masing. Kepengen nyobain deh buat anaku. Mana ya yg paling pas?!

    Reply
  18. Pelatihan prakerja ini sangat bermanfaat sekali dan ternyata ada banyak platform yang bisa diandalkan. Karena selama ini, aku baru coba Qubisa dan Ruangbelajar by Ruangguru.
    Mencoba banyak hal baru dan belajar banyak hal ini akan sangat bermanfaat sekali.

    Reply
  19. Ada banyak banget ya ternyata. Dari lima platform di atas, saya tahunya tuh QuBisa, Zenius, dan Ruangguru. Tahu aja, belum pernah coba. Eh yang Ruangguru udah pernah ding, cobain untuk anak saya pas awal-awal sekolah online.

    Reply
  20. Seneng banget makin banyak paltform yang support untuk e-learning ya.. Jadi kalau mau dapet tambahan pelajaran selain di sekolah tinggal oilih nih…

    Reply
  21. iya mbak aku juga pernah mengikuti kelas di Qubisa. Alhamdulillah bermanfaat sekali ya karena banyak pilihannya. ada kelas berbayar juga ada yang gratis. keren lah pokoknya mah

    Reply
  22. Platform pembelajaran daring ini sekarang jadi andalan ya walau pandemi sudah lebih menurun tetap jadi pilihan untuk belajar karena lebih praktis dan terjangkau biayanya

    Reply
  23. Menarik banget Mom, platform QuBisa ini. Aku udah pakai salah satu platformnya juga tapi baru tau kalau ada kerjasama. Semoga platform QuBisa bisa terus bertransformasi.

    Reply

Leave a Comment