7 Prestasi Gunadarma yang Membanggakan

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, banyak prestasi Gunadarma yang membanggakan. Kampus ini sukses mencetak mahasiswa yang unggul dalam prestasi, baik di bidang akademik maupun di luar akademik. Dari tahun ke tahun, Universitas Gunadarma terus menciptakan lulusan yang berkualitas.

Universitas Gunadarma memiliki banyak mahasiswa berprestasi dan seringkali menorehkan juara dalam ajang tertentu. Tak jarang, mahasiswa Gunadarma membawa kemenangan dan mengharumkan nama universitas. Nah, berikut ini adalah beberapa prestasi yang sudah diraih oleh mahasiswa Universitas Gunadarma:

Prestasi gundarma
Kampus Gunadarma (pict by IDN times)

1. Juara Rancang Satelit Internasional

Mahasiswa Universitas Gunadarma pernah menjuarai kompetisi rancang satelit bertaraf internasional, CanSat International Competition 2016. Kompetisi ini dilaksanakan oleh Asia-Pacific Space Cooperation Organization (APSCO) bekerjasama dengan Information Technology, Post and Telecommunication Mongolia (ITPTA Mongolia).

Dalam ajang ini, mahasiswa Universitas Gunadarma yang tergabung dalam tim Garuda berhasil meraih juara 2. Kompetisi tersebut diselenggarakan pada tanggal 21 – 22 September 2016 di Mongolia. Tentu ini menjadi prestasi Gunadarma yang membanggakan, bukan hanya untuk kampusnya saja tetapi juga untuk Indonesia.

2. Juara Olimpiade Ekonomi

Pada Maret 2017, mahasiswa Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma sukses menyabet beberapa prestasi yang membanggakan, salah satunya adalah menjadi juara 2 di ajang Olimpiade Ekonomi Islam dan Juara 2 di ajang D’batlle of Islamic Economic Temu Ilmiah Regional Jabodetabek 2017.

Selain itu, mahasiswa Universitas Gunadarma juga meraih juara 2 dalam D’batlle of Islamic Economic Islamic Economic Days 2017. Berbagai prestasi tersebut diraih sepanjang bulan maret 2017 lalu.

3. Juara di Kompetisi Olahraga

Selain akademik, mahasiswa Gunadarma juga berprestasi di bidang non-akademik. Tim Futsal dan Basket Psikologi Universitas Gunadarma berhasil meraih juara pada Kompetisi Pyscholympic 2019 tingkat nasional.

Dalam ajang ini, Tim Futsal Putra mahasiswa Psikologi Universitas Gunadarma berhasil meraih juara 1. Sementara itu, Tim Basket Putra mahasiswa Psikologi Universitas Gunadarma berhasil mendapatkan juara 2. Di cabang Bulu Tangkis, mahasiswa Gunadarma berhasil menjadi juara umum dalam ajang Turnamen Badminton IBN Cup 2016.

Kemudian dalam cabang Voli, Tim Voli Putra Universitas Gunadarma meraih juara 3 dan Tim Voli Putri Universitas Gunadarma berhasil meraih juara 2 dalam kegiatan PNJ Volleyball Cup 2019. Lomba olahraga ini merupakan kejuaraan atau turnamen Voli antar Universitas se-JABODETABEK.

4. Juara Kontes Catur

Dalam beberapa tahun terakhir ini, mahasiswa Gunadarma beberapa kali mendapatkan juara dalam kontes catur baik nasional maupun internasional. Di ajang catur internasional, Universitas Gunadarma sukses menjuarai Turnamen Catur Mongolia Open ke-2 di Mongolia yang diselenggarakan pada 17-26 Juni 2017.

Di tahun 2020 lalu, tim catur mahasiswa Gunadarma juga berhasil menyumbang medali perak dalam Asian University Chess Championship Online. Kontes catur ini diselenggarakan secara virtual oleh National University Sports Federation of Iran di bawah naungan Asian University Sports Federation yang bekerjasama dengan Asian Chess Foundation.

5. Juara Olimpiade Sains Indonesia

Kemahasiswaan Gunadarma berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu dalam olimpiade Sains yang diselenggarakan oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) Tingkat Mahasiswa dan Guru Se-Indonesia pada 20 Desember 2020. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 21 Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

Di ajang POSI 2020, mahasiswa Gunadarma meraih medali emas dalam bidang Komputer, medali perunggu dalam bidang Matematika, serta medali perak dan medali perunggu dalam bidang Bahasa Inggris.

6. Juara Lomba Desain Poster

Prestasi Gunadarma lainnya yaitu dalam rangka Hari BPR-BPRS Nasional pada 21 Mei 2020 lalu, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) menyelenggarakan kompetisi Lomba Penulisan Opini BPR-BPRS, Lomba Poster BPR-BPRS, dan Lomba TikTok. Kegiatan lomba diikuti oleh banyak peserta dari seluruh Indonesia dan berlangsung selama 5-24 Mei 2020.

Di kontes yang satu ini, mahasiswa Gunadarma mengikuti lomba poster BPR-BPRS Nasional dan berhasil keluar sebagai juara pertama dalam kontes tingkat nasional tersebut. Di tahun yang sama, mahasiswa Gunadarma juga berhasil mendapatkan juara dalam lomba desain poster di kontes lain.

Mahasiswa Gunadarma meraih juara 3 dalam lomba desain poster pada FIKFAIR 2020. FIKFAIR adalah kegiatan tahunan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini berisi kompetisi dalam bidang akademik maupun non-akademik pada lingkup mahasiswa yang diadakan oleh panitia FIK FAIR UPN Veteran Jakarta.

prestasi Gunadarma
Kampus Gunadarma

7. Juara Karya Ilmiah

Banyak mahasiswa Gunadarma yang cerdas dan kreatif, ini terbukti melalui kontribusinya dalam lomba karya ilmiah. Tim SEF Universitas Gunadarma berhasil meraih juara 3 dalam kontes IQTISHODUNA 2019.

IQTISHODUNA adalah sebuah rangkaian acara yang muncul atas dasar keinginan yang begitu besar dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (HIMA EKIS FEB UNAIR) untuk berkontribusi dalam perkembangan Ekonomi Islam yang semakin pesat.

Beberapa prestasi Universitas Gunadarma tersebut menjadi bukti bahwa Gunadarma adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Menurutmu, apalagi prestasi Gunadarma lainnya? Share di kolom komentar yuk.

Leave a Comment