Bikin Bangga, Ini 5 Prestasi Mahasiswa Universitas Gunadarma di Bidang Catur

Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia. Kampus ini sukses mencetak mahasiswa yang berprestasi baik dalam akademik maupun non-akademik. Banyak mahasiswa Gunadarma yang sukses menorehkan berbagai prestasi membanggakan, salah satunya adalah di bidang catur.

Mahasiswa Universitas Gunadarma seringkali meraih juara di ajang perlombaan catur baik tingkat nasional maupun internasional. Dari sekian banyak prestasi yang berhasil diraih, berikut ini adalah salah satu prestasi mahasiswa Gunadarma di ajang catur yang sangat membanggakan:

prestasi mahasiswa gunadarma di catur
PIct by seninam NU

Prestasi Mahasiswa Gunadarma di Bidang Catur

1.Turnamen Catur Mongolia Open

Di ajang catur internasional, mahasiswa Universitas Gunadarma sukses mengukir prestasi dalam Turnamen Catur Mongolia Open ke-2. Kompetisi tersebut diselenggarakan di Central Palace of Culture of Mongolia Trade Union, Ulaanbaatar, Mongolia, pada 17-26 Juni 2017 lalu.

Dalam turnamen catur bergengsi ini, Lutfi Ali, seorang mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma berhasil menjuarai Turnamen Catur Mongolia Open ke-2. Peringkat kedua juga diraih oleh perwakilan Gunadarma yakni Susanto Megaranto, mahasiswa dari jurusan Manajemen.

2.Kompetisi Tingkat Internasional

Tim Catur Mahasiswa Universitas Gunadarma A berhasil menempati peringkat terbaik Pertama Asia dalam kegiatan Kompetisi Tingkat Internasional secara daring pada 6 – 7 Februari 2021.

Kemudian Tim Catur Mahasiswa Putri Universitas Gunadarma yang tergabung dalam Tim Gunadarma B berhasil meraih Peringkat Terbaik Asia Keempat dalam event Kasparov Chess Foundation University Cup Online yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Februari 2021.

Untuk kategori perorangan pecatur mahasiswa Universitas Gunadarma menempati Peringkat terbaik kedua dan Ketiga masing-masing atas nama Arif Abdul Hafiz dengan mengumpulkan 8 point dan Gerald Priguna dengan mengumpulkan 7,5 Point. Sedangkan Pecatur Putri Universitas Gunadarma Aay Aisyah Anisa menempati peringkat terbaik kedua dengan mengumpulkan 7,5 point.

Secara keseluruhan Tim Catur Universitas Gunadarma A menempati peringkat ke-5 jauh di atas Tim kuat mahasiswa dari negara lain seperti Rusia, Ukraina, Armenia, dan Croatia dari 125 Tim Catur Mahasiswa yang berpartisipasi dalam event Kasparov Chess Foundation University Cup Online.

Baca Juga 7 Prestasi Gunadarma yang Membanggakan

3.ASIAN University Chess Championship

Pada akhir tahun 2020, Tim Catur Putri Mahasiswa Universitas Gunadarma ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam ajang ASIAN University Chess Championship. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh National University Sport Federation of Iran di bawah naungan ASIAN University Sport Federation yang bekerjasama sama dengan Asian Chess Foundation.

Kompetisi ASIAN University Chess Championship diselenggarakan secara daring yang dibagi menjadi Kategori Putra dan Putri. Ajang ini diikuti oleh 11 Negara dan lebih dari 40 pemain dalam kategori perorangan dan beregu putra putri.

Dalam kompetisi Asian University Chess Championship Online 2020 tersebut, Tim Catur Putri Mahasiswa Universitas Gunadarma sukses menyabet 2 (dua) medali perak untuk Indonesia. Selain itu, Tim Catur Putra Mahasiswa Universitas Gunadarma juga berhasil meraih Medali Emas pada kategori beregu dan Medali Perak pada kategori perorangan.

4.Online Chess Tournament Rektor Cup Unsyiah

Agung Wicaksono, pecatur dari Universitas Gunadarma sukses menjadi juara dalam event Online Chess Tournament Rektor Cup Unsyiah XI 2020 Tingkat Nasional. Kompetisi ini dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Unsyiah pada 28 November 2020 di Server Lichess.org. Banda Aceh.

Agung berhasil meraih nilai atau points 9 tie break 62,5 di kategori catur kilat 5+0. Melalui hasil ini, Agung dipastikan menjadi juara setelah di babak terakhir (babak ke-11) menang atas rivalnya Aditya Ganta Saputra, pecatur dari UIN Raden Fatah, dalam permainan akhir exchange (queen and rook).

Tim catur mahasiswa Gunadarma
Pict by Bidang Kemahasiswaan Gundar

5.Brilliant National Chess Championship (BISHOP)

Universitas Gunadarma mengirimkan dua tim (Tim A dan Tim B) pada kegiatan Brilliant National Chess Championship (BISHOP) 2019. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang didukung pula oleh PKN STAN Chess Club.

Acara tersebut diselenggarakan pada 28 April 2019 bertempat di Gedung G PKN STAN dan diikuti oleh 13 Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang terbagi dalam 27 Tim. Dalam ajang tersebut, mahasiswa Universitas Gunadarma berhasil menjadi Juara 2 dan mengalahkan beberapa tim dari perguruan lain.

Selain itu, tentunya masih banyak prestasi mahasiswa Universitas Gunadarma baik prestasi dalam catur maupun prestasi dalam bidang lainnya. Bagi kamu yang ingin belajar catur atau bahkan memiliki mimpi menjadi atlet catur, mungkin Universitas Gunadarma bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Universitas Gunadarma menyediakan beberapa fakultas dengan banyak program studi. Kamu bisa memilih jurusan kuliah sesuai yang kamu mau. Kemudian kamu juga bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di kampus. Universitas Gunadarma menyediakan berbagai unit kegiatan mahasiswa, salah satunya adalah unit catur.

Ayo wujudkan cita-cita dan mimpi kamu bersama Universitas Gunadarma, kampus swasta terbaik yang terjamin fasilitas dan kualitasnya!

Leave a Comment