Rayakan Hari Perempuan Indonesia, FWD Community Ladies Talk Dukung Inklusi Keuangan

Rayakan Hari Perempuan Indonesia, FWD Community Ladies Talk Dukung Inklusi KeuanganBicara mengenai pahlawan perempuan, 56 tahun lalu ada R.A. Kartini. Sejak saat itu, perempuan mulai mendapatkan lebih banyak kesempatan di bidang bisnis dan keuangan. Maka saat kita rayakan hari perempuan Indonesia pun bisa lebih hidup. 

Tidak ada batas bagi kita sebagai perempuan untuk mencapai apa yang kita bisa.” -Michelle Obama

Berbagai posisi strategis di pemerintahan maupun dunia bisnis juga diduduki oleh perempuan, mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Diajeng Lestari founder e-commerce HijUp, hingga Merry Riana, pengusaha dan motivator. 

Meningkatnya peran perempuan dalam pengelolaan keuangan di masyarakat merupakan contoh emansipasi wanita yang bisa dilihat. Namun di lain pihak, tak dapat kita pungkiri bahwa masih ada perempuan yang mengalami kasus terjerat hutang piutang akibat minimnya literasi dan inklusi keuangan. 

Maka sangat penting untuk dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan guna mencegah masyarakat, terutama kaum perempuan, terjerat atau meminjam kepada rentenir.

women empower women
women empower women

Tantangan Edukasi Keuangan Bagi Perempuan

Seperti yang kita tahu bahwa perempuan merupakan penentu arah kesejahteraan ekonomi keluarga. Namun, nyatanya ada tiga tantangan dalam melakukan edukasi keuangan bagi perempuan.

  • Perempuan masih beranggapan bahwa mereka tahu cara mengelola keuangan dengan baik, padahal mereka hanya tahu cara mengelola keuangan dengan cara standar.
  • Sebagian besar program seputar keuangan adalah kegiatan yang berdiri sendiri. Padahal, perempuan membutuhkan lebih banyak program yang dilakukan secara berkelanjutan. 
  • Biasanya target program pelatihan yang dilakukan masih terbatas dalam frekuensi dan cakupan yang kecil.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 26 juta penduduk Indonesia yang hidup dalam kemiskinan. Jika dilihat dari kategori gender, tingkat kemiskinan perempuan relatif lebih tinggi hampir di semua tingkatan umur. 

Apakah perempuan akan terus terkungkung? Tentu tidak! Disitulah perlu semangat bebaskan langkah, berani! Kelola keuangan dengan lakukan beberapa tips finansial salah satunya dengan bergabung di FWD Community Ladies Talk. 

Pentingnya Literasi dan Inklusi Keuangan bagi Perempuan 

Bagaimana cara kita rayakan hari perempuan Indonesia? Dengan rendahnya partisipasi perempuan dalam ketenagakerjaan merupakan sebab dari situasi kurang menguntungkan bagi kaum perempuan. 

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019 (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) indeks literasi keuangan perempuan masih lebih rendah dari laki-laki, yaitu 36,13 persen.

Padahal peningkatan inklusi keuangan pada perempuan akan turut membantu pertumbuhan ekonomi nasional. Karena inklusi keuangan merupakan bentuk pendalaman layanan keuangan kepada masyarakat. 

Biasanya dilakukan dengan cara memanfaatkan produk dan jasa keuangan formal. Misalnya tentang sarana menyimpan uang yang aman, transfer, menabung, pinjaman, dan asuransi.

Tips Finansial FDW Insurance
Tips Finansial FDW Insurance

Maka penting sekali kita bisa bekerjasama dalam mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak. Misalnya dengan meningkatkan peran perempuan di dunia kerja, dalam keluarga dan sebagai penopang ekonomi keluarga. 

Sehingga perempuan tidak lagi berkutat hanya sebagai pengatur keuangan keluarga, namun bisa memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Agar terwujud semangat bebaskan langkah, berani! 

FWD Insurance Rayakan Hari Perempuan Indonesia

Maka PT FWD Insurance Indonesia (“FWD Insurance”), sebagai pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, beberapa waktu lalu mengadakan Women’s Gathering melalui zoom meeting untuk merayakan keberagaman dan inklusivitas peran perempuan di Indonesia. 

Turut hadir dalam acara tersebut para perempuan hebat yang ada dibalik FWD Insurance, yaitu: Maika Randini sebagai Chief Marketing Officer, Maria Magdalena Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan, Indrayana Agustsaputra Chief Bancassurance Officer, serta Carol Mary Quertier sebagai Chief of Operations Officer. 

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret, #FWDInsurance ingin mengajak semua perempuan bangga terhadap keunikan dan keistimewaan mereka masing-masing. 

Karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi apalagi saat pandemi seperti ini. Maka penting untuk para perempuan memiliki kesadaran memahami literasi finansial dimulai saat ini juga.

Tantangan Karir Perempuan Indonesia

Sejak mulai pandemi pada 2020 lalu, terjadi banyak sekali perubahan. Menyebabkan semakin banyak tantangan yang hadir bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi para perempuan karir di Indonesia. 

Mereka dihadapkan dengan tantangan untuk dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan di rumah yang kemudian membuat mereka menjadi lebih kuat dan resilient terhadap tantangan-tantangan yang ada. 

Bagi Maria Magdalena, disitulah tantangannya, “Bagaimana kita bisa menyeimbangkan waktu sebagai ibu rumah tangga dan sebagai wanita karir. Berproses dan adaptasi dengan keadaan baru.”

Karena untuk menjadi perempuan yang berdaya, kata kuncinya adalah “pilihan”.

FWD Community Ladies Talk
FWD Community Ladies Talk

“Bagaimana kita memposisikan diri sebagai good leader di kantor dan good mom di rumah,” Indrayana Agustsaputra.

Bagaimana dengan FWD Insurance? Menurut Maria, kesempatan berkarir yang diberikan antara laki-laki dan perempuan itu sama. Maria juga mengungkapkan rasa syukurnya pada perusahaan ini karena mereka memberikan tempat bagi para perempuan. 

Intinya, sepanjang perempuan bisa memberikan kontribusi terbaiknya bagi perusahaan. Karena memang kaum perempuan juga jadi hal penting dan utama di perusahaan mereka. 

Bebaskan Langkah, Berani!

Sebagai perempuan, kita juga memiliki kesempatan untuk maju terutama rayakan hari perempuan Indonesia. Arti seorang perempuan adalah mengeluarkan ekspresi jati diri sebagai makhluk Tuhan dengan segala keunikannya.

Maka FWD sebagai perusahaan asuransi yang berbeda, membawa pendekatan baru untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. FWD hadir di industri dengan mendobrak stigma lama dan meyakini bahwa asuransi adalah sumber kekuatan. 

Salah satu gebrakan yang dibuat oleh FWD yaitu melalui kampanye Everyday Heroes. FWD fokus untuk mengajak nasabah untuk terus berani menuju versi merayakan kehidupan mereka dan yakin bahwa jika terjadi sesuatu, FWD Insurance tetap hadir untuk mendukung mereka.

Pas banget nih dengan tema Hari Perempuan Internasional tahun 2021. FWD Insurance, ingin agar setiap orang berani menghadapi perubahan dan tantangan sekaligus dapat merayakan hidup (celebrate living) serta dapat mengambil kendali penuh atas hidup kaum perempuan – atau dalam bahasa mereka, Bebaskan Langkah, Berani!

Penting bagi para perempuan untuk jangan pernah takut dan selalu menantang diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Jangan mudah terbawa pada stigma atau persepsi yang ada. Tunjukan bahwa kita bisa. Don’t limiting belief.

“Spirit untuk berani. Meraih sukses dan berkarya. Agar mampu bebaskan langkah berani.” 

Rayakan Hari Perempuan Indonesia
Rayakan Hari Perempuan Indonesia

FWD Community Ladies Talk 

Rayakan hari perempuan Indonesia, FWD Insurance meresmikan program #FWDCommunity Ladies Talk dengan tema Women Empower Women sebagai wadah para perempuan untuk memberdayakan dan mendukung satu sama lain agar dapat ‘terus maju’ di tengah masa-masa sulit saat ini. 

Program ini mengajak perempuan di Indonesia untuk berkembang bersama melalui serangkaian workshop dan coaching menarik terkait dengan literasi finansial, kesehatan mental, karir dan wirausaha, dan berbagai topik lainnya.

Itulah yang melatar belakangi hadirnya Ladies Talk, Women Empower Women. Komunitas yang digagas untuk bisa saling sharing, diskusi, saling mendukung dan memberdayakan serta memberikan spirit kepada perempuan lain. 

Bagaimana cara join FWD Community Ladies Talk tersebut? Dengan cara mengunduh FWD Max dan daftar ke FWD Community. Kita akan langsung dapat point FWD Max senilai Rp 75.000. Informasi selengkapnya bisa cek di instagramnya @fwd_id.

Yuk saling support, karena setiap orang sedang berjuang dengan masalahnya sendiri. Yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita bersikap baik dengan orang lain dan mampu memahami inklusi keuangan untuk memberdayakan diri. 

#FWDInsurance
#RayakanHariPerempuanIndonesia
#FWDCommunityLadiesTalk
#Bebaskan Langkah, berani!

31 thoughts on “Rayakan Hari Perempuan Indonesia, FWD Community Ladies Talk Dukung Inklusi Keuangan”

  1. Yap, kita harus mengapresiasi meningkatnya peran perempuan dalam pengelolaan keuangan di masyarakat merupakan contoh emansipasi wanita yang bisa dilihat.
    Namun fakta yg menohok masih ada perempuan yang mengalami kasus terjerat hutang piutang akibat minimnya literasi dan inklusi keuangan.

    Maka edukasi untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan ini PENTING BANGET!
    Semoga bisa mencegah masyarakat, terutama kaum perempuan, terjerat rentenir, ya.

    Reply
  2. Menurutku juga perempuan harus lebih tahu dan melek tentang literasi keuangan mba. Apalagi perempuan juga bertindak sebagai “menteri ekonomi” di keluarga hehe. Ibu yang berpendidikan akan mengahsilkan anak-anak yang juga melek tentang pendidikan 🙂

    Reply
  3. forum atau community seperti ini memang dibutuhkan bagi para wanita sebagai wadah memenuhi aspirasi, kreatifitas atau sekedar ngobrol untuk saling menguatkan

    Reply
    • Senangnya ada wadah seperti ini kita bisa nambah ilmu dan wawasan ya…
      Kalau informasi dan silaturahmi sih udah pasti lah ya…

      Reply
  4. Betul Mbak, perempuan ini rentan banget ngeluarin duit untuk hal yg gak perlu. *tunjuk diri sendiri
    Jadi, penting bagi kaum kita untuk melek tentang pengaturan & perencanaan finansial.

    Reply
  5. Saat pandemi memang perempuan ditantang untuk jauh lebih multitasking ya. Anak PJJ, wfh, belum urusan demestik lainnya. Salut dengan FWD yang memberikan kesempatan penuh pada kaum wanita Indonesia

    Reply
  6. Ya, saya maklum sih kalau perempuan harus belajar banyak mengenai keuangan. Secara perempuanlah yang nantinya berperan penting dalam keuangan keluarga.

    Reply
  7. Nah ini yang paling dibutuhkan, woman support woman dengan banyak cara. Seperti misalnya yang dilakukan FWD ini. Keren banget!

    Reply
  8. Perempuan kudu cerdas atur keuangan, baik ketika masih single apalagi saat sudah berumah tangga. Keren inisiasi FWD untuk perempuan Indonesia

    Reply
  9. Women empower women. Sepakat banget deh! Soal literasi dan inklusi keuangan memang perlu digalakkan lagi dan lebih, khususnya untuk perempuan agar makin banyak
    yang melek dan terberdayakan

    Reply
  10. Hal-hal positif kayak gini perlu digalakkan lagi. Masih banyak tantangan bagi perempuan Indonesia terutama di bidang karir saat ini. Semoga ke depannya, pemberdayaan perempuan Indonesia makin baik lagi.

    Reply
  11. Ada juga nih kak, anggapan bahwa perempuan kadang suka kalap kalo belanja ya kan..
    Suka loss antara kebutuhan dan keinginan
    Beli barang kadang gak ditimbang antara kebutuhan dan keinginan. Makanya penting bagi perempuan untuk melek literasi keuangan

    Reply
  12. Setuju, bahwa tantangan karir dan keluarga bagi para wanita adalah lebih berat. Apalagi kita masih kental dengan budaya patriarki yang seringkali tidak mendudukkan wanita setara dengan pria. Untungnya, saat ini aku melihat bahwa para wanita, misalnya blogger di sekitarku, sudah mulai banyak yang memiliki komunitas untuk bersatu …

    Reply
  13. Dalam keluarga, biasanya perempuan yang akan bertindak sebagai manajer keuangan. Maka literasi keuangan penting adanya

    Perempuan memang perlu berani dan siap untuk belajar banyak dalam bidang apapun deh Kak, nggak terbatas di bidang keuangan saja.

    Reply
  14. Aku baru tahu nih klo Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret. Tapi aku setuju banget klo Perempuan harus cerdas finansial. Yuk yuk saling dukung!

    Reply
  15. ini beneran woman support woman, dengan kesetaraan gender yang selalu digaungkan, kesempatan wanita untuk berkarya dan berbuat disegala aspek sama besar dengan pria. selama berani maju dan menunjukkan diri pasti akan bersinar

    Reply
  16. Aku suka nih quote nya, kak
    “Karena untuk menjadi perempuan yang berdaya, kata kuncinya adalah “pilihan”.

    Dan benar saja, sebagai perempuan harus punya pilihan. Sekalipun sibuk di dapur, tetap harus mampu jadi leader rumah tangga mendampingi suami

    Reply
  17. Bener banget, kadang yang mengghalangi langkah saya sebagai perempuan untuk berkembang adalah judgement-judgement dari diri sendiri yang membuat batasan, terima kasih artikelnya membuat lebih semangat sebagai perempuan untuk berdaya

    Reply
  18. Kak niken aku baca artikel kakak ini kog berasa banget banyak nasehat yang nampol sekaligus bikin semangat nih, trims ya kak

    Reply
  19. ah iya lho
    kunci keuangan keluarga itu di perempuan, meskipun bekerja atau tidak bekerja sendiri tetap saja yg atur keuangan keluarga itu perempuan ya mbak
    makanya wajib banget bagi perempuan untuk melek literasi keuangan

    Reply
  20. Sebagai perempuan, pengetahuan saya mengenai literasi keuangan masih dangkal dan mesti terus belajar untuk ketahanan keluarga, makasih infonya, kak

    Reply
  21. Ternyata masih banyak juga ya perempuan yang belum melek sama literasi keuangan. Ditambah semakin banyak dan mudahnya meminjam uang di pinjol yang gak terdaftar di ojk. Duuhh

    Reply
  22. Wah asik banget ya kalau bisa tergabung dalam FWD comunity ladies talk, bisa dapat pengalaman dari saling sharing, dan mensupport para permpuan untuk bisa terus maju dan mandiri.

    Reply
  23. Saya setuju banget nih dengan 3 poin tantangan edukasi keuangan bagi perempuan yang disebutkan di atas. Semoga dengan sering diadakannya acara yang bertema literasi keuangan para perempuan semakin tercerahkan dan lebih berdaya lagi.

    Reply
  24. Bagus banget edukasi nya,

    saya malah punya saudara jauh yang takut ke bank lho
    Sebagai pemilik UMKM uangnya disimpan di bawah bantal

    Reply
  25. aku suka acara2 kek gini, tapi ada kalanya program sejenis terjebak pada gerakan feminisme yg bablas. bingung deh jadinya, hehe

    Reply
  26. Banyak wanita terutama ibu rumah tangga justru yang belum paham keuangan, padahal ibu rumah tangga itu menteri keuangan dalam keluarga. Maka harus banyak disounding edukasi keuangan memang

    Reply
  27. Jadi ingat kemarin habis nonton sopir truk trailer besar banget tapi dia wanita paruh baya. Luar biasa banget, aku cowok aja bayanginnya udah serem hehe. Jadi betul kata Michelle Obama, memang sekarang peran yang diemban oleh para perempuan sangat beragam, bahkan mengisi pos-pos yang dahulu hanya didominasi oleh kaum lelaki dan dikesankan tabu salah satunya sopir kendaraan besar. Bagus juga ini acaranya, Kak, dengan mengangkat tema everyday heroes, perempuan jadi semangat untuk berbuat baik untuk diri sendiri juga orang lain dengan kemampuan yang mereka miliki, termasuk pengelolaan keuangan yang sangat krusial bagi keluarga. Apalagi selama pandemi banyak perempuan yang mengambil alih kendali ekonomi keluarga lewat usaha kecil mereka, maka manajemen finansial wajib dikuasai.

    Reply

Leave a Comment