Permainan Mencari Benda Tersembunyi untuk Mengasah Otak Anak

Meskipun di masa pandemi ini, setiap aktivitas yang menimbulkan kerumunan dibatasi. Baik itu dengan kegiatan bekerja, belajar dan yang lainnya. Namun hal ini tidak lantas menjadikan anak Anda tidak bisa lagi bermain.

Karena walaupun di dalam rumah saja, anak Anda masih bisa bermain. Salah satunya dengan mencoba permainan mencari benda tersembunyi yang bisa mengasah otak anak Anda. Mendongeng, baca buku, atau permainan saat ini bisa dimainkan secara online maupun offline.

Kak Niken pernah mengajak duoK untuk bermain games cari barang tersembunyi dirumah. Namun kini, sesuai dengan perkembangan dunia digital maka permainan mencari benda ini juga bisa dilakukan secara online.

Ada banyak permainan dengan jenis ini yang bisa menjadi pilihan bagi anak Anda. Selain mengasah otak anak Anda, permainan ini juga membutuhkan ketelitian, dan juga disiplin waktu.

Permainan Mencari Benda Tersembunyi yang Cocok Dilakukan Selama Pandemi

Meskipun sebagain besar orangtua khawatir untuk memberikan hp android pada anak-anak mereka, karena takut anak-anak tidak bisa terlepas dari gadget. Namun tak bisa dipungkiri, gadget juga memiliki peran yang cukup penting, dalam pendidikan dan perkembangan mereka.

Contohnya, dengan sistem belajar daring, mau tak mau anak diharuskan untuk berhadapan dengan gadget. Belum lagi, untuk mengatasi kebosanan, beberapa permainan online bisa dijadikan pilihan.

Hanya saja, untuk permainan ini, ada baiknya Anda bisa memilih jenis permainan yang bisa mengasah otak anak-anak Anda.

permainan mencari benda tersembunyi
permainan mencari benda tersembunyi

Jenis Permainan Mencari Benda Tersembunyi

Beberapa jenis permainan mencari benda-benda tersembunyi berikut ini. Diantaranya :

1. Criminal Case

Siapa sih yang tidak mengenal permainan online yang satu ini? Anda sebagai orangtua juga pastinya pernah memainkan permainan ini, bukan? Nah, jika dulu Anda yang memainkan game ini, maka kini tak ada salahnya jika anak Anda juga yang memainkannya.

Tenang saja, permainan ini cukup aman untuk anak usia Sekolah Dasar keatas (namun ada baiknya tetap dengan pendampingan ya). Criminal Case sendiri merupakan salah satu permainan detektif. Dimana dalam permainan ini, pemain akan dihadapkan pada beberapa kasus pembunuhan.

Pemain yang berperan sebagai detektif akan mendapat tugas untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Caranya tentu saja, dengan mengumpulkan barang bukti, yang mana pemain diharuskan untuk mencari benda-benda yang tersembunyi.

Sangat menarik, bukan? Namun tidak hanya itu saja, sebagai detektif, Anda juga diharuskan untuk mencari kaitan/hubungan dari beberapa benda yang ditemukan, dengan beberapa orang yang dicurigai. Hingga akhirnya ditemukan pelaku yang sebenarnya.

2. The Secret Society                                                       

Bisa dibilang permainan online mencari benda tersembunyi yang satu ini bukan hanya bisa dimainkan oleh anak-anak saja, namun juga oleh orang dewasa. Mengapa bisa disebut demikian? Karena permainan ini tidak hanya mengharuskan pemain untuk menemukan obyek-obyek yang tersembunyi saja. Namun lebih dari itu.

Karena ini merupakan permainan dengan misi rahasia, untuk menemukan orang yang hilang, maka pemain juga diminta untuk melakukan interogasi terhadap orang-orang yang diyakini terlibat dalam kasus tersebut.

Diceritakan, ada seorang petinggi organisasi yang tiba-tiba menghilang secara misterius, yang bernama Uncle Richard. Tugas pemain dalam permaian ini tentu saja, untuk menemukan Uncle Richard tersebut.

Karena permainan ini menawarkan 66 tempat yang bisa dieksplor serta ada sekitar 4900 quest yang bisa diselesaikan. Maka jangan heran, jika banyak pemain yang terkadang menjadi lupa waktu, dalam memainkan permainan online yang satu ini.

3. Hidden Object

Permainan online mencari barang tersembunyi yang pertama yaitu Hidden Object. Sesuai namanya, dalam permainan ini, pemain akan diberikan misi untuk menemukan sejumlah barang-barang yang tersembunyi.

Namun sebelum hal itu dilakukan, pemain akan diperlihatkan sebuah gambar, dengan beberapa benda didalamnya. Tugas pemain tentunya dengan mengingat benda-benda tersebut. Baru setelah beberapa lama, Anda maupun anak Anda, yang berperan sebagai pemain, akan diberikan gambar yang sama, namun dengan sebagian benda-benda yang tidak ada pada tempatnya.

Dengan limit waktu yang telah diberikan, pemain diharuskan untuk menemukan beberapa benda yang hilang tersebut. Meskipun terlihat sederhana, namun permainan ini membutuhkan daya ingat, ketelitian serta kecepatan.

Ada beberapa level yang harus dilalui pemain. Diantaranya level easy, medium dan juga level hard. Jika di awal permainan, mungkin akan terlihat mudah, namun jangan salah, di level-level berikutnya, anak Anda diharuskan untjuk mencari puluhan hingga ratusan benda yang hilang.

Salah satu rekomendasi game online untuk anak yaitu Solitaire.org. Nah, permainan mencari benda-benda atau objek tersembunyi ini ada juga di dalam web browser Solitaire.org ini.

Permainan online mencari benda tersembunyi
Permainan online mencari benda tersembunyi

Hidden Object by Solitaire.org

Permainan mencari benda-benda atau objek tersembunyi ini ada juga di dalam web browser Solitaire.org. Game yag ada di sini semuanya gratis dan tanpa perlu di unduh.

Eits…. Di dalam browser tersebut nggak hanya ada satu jenis permainan saja lho, tapi ada beberapa koleksi permainan online yang menyenangkan.

Kak Niken pilih game yang bisa dimainakn oleh anak-anak dan cukup aman. Maka pilihan kami jatuh pada  permainan Solitaire Hidden Kitchen. Jadi, di dalam game ini kita diajak untuk mencari peralatan kuliner. Ada beberapa level berdasarkan dapur komersial, dapur hunian, dan ruang tamu.

Banyak objek yang ternyata sulit untuk dilihat kecuali Anda memperbesar skala objeknya. Dengan cara mengetuk dua kali pada gambar atau bagian layar untuk memperbesar atau memperkecil.

Menariknya permainan mencari benda pada Solitaire.org ini dilengkapi dengan petunjuk yang detail. Seperti: kontrol music, kontrol suara, menjeda permainan, dan juga bisa ditampilkan dalam mode layar penuh.

Seperti permainan pada umumnya, tentu ada limit waktu untuk menyelesaikan misi di setiap levelnya. Dimulai dari batas waktu 5 menit di level pertama hingga kahirnya semakin meningtak level namun waktu yang diperlukan semakin singkat.

Menarik bukan? Menurut Kak Niken permainan Hidden Kitchen dari Solitaire.org ini cocok jika dimainkan untuk anak usia 5 tahun keatas. Karena mudah dan juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya pikir dan fokusnya.

Dari ke-3 permainan online tersebut, kiranya hal ini bisa mematahkan mitos yang ada jika permainan di gadget itu akan menimbulkan dampak yang buruk. Karena dengan permainan mencari benda tersembunyi ini, justru akan mengasah otak anak Anda, dan membuat anak bisa melatih daya ingat mereka dengan baik.

Bahkan di masa pandemi seperti saat ini, membaca buku atau memainkan beragam permainan yang bisa mengatasi kebosanan tentunya bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi jika permainan tersebut bisa melatih kemampuan daya ingat dan mengasah otak anak. 

15 thoughts on “Permainan Mencari Benda Tersembunyi untuk Mengasah Otak Anak”

  1. paling nggak asing dengan nama solitaire, selebihnya belum pernah cobain main
    bisa juga nih dicoba, aku kalau lagi sumpek kerjaan suka buka game online 😀

    Reply
  2. Aku ga terlalu suka game, tapi kayaknya boleh dicoba nih bukan cuma buat anak2 aja. Kadang orang dewasa juga butuh game2 model begini haha

    Reply
  3. Wah kalo game-game begini yang demen suami saya. Gamers banget dia. Haha. Anak saya karena masih cilik belum dikasi mainan dari gadget..

    Reply
  4. Wajib coba ini, lumayan bisa buat kegiatan anak biar dia gak bosen main yang itu itu aja selama pandemi. Thanks rekomendasinya Kak Niken

    Reply
  5. Waaab ada game favoritku criminal case, selain mengasah kejelian mata, game nya juga mengasah intuisi kejadian yg terjadi. Keren banget

    Reply
  6. Aku suka nih mainan cari2an begini tapi seringnya kalah haha karena kurang teliti, udah gitu kan pake durasi jadi hrs cpt, nah ini yg bikin kalah

    Reply

Leave a Comment